Cara Membuat Fidget Spinner

Cara Membuat Fidget Spinner Mudah dan Murah [Tutorial+Video]

Cara Membuat Fidget Spinner – Belakangan ini hampir di seluruh dunia ramai-rama membicarakan sebuah alat permainan yang tentunya sangat simpel dan mudah. Alat permainan itu fidget spinner, di Indonesia sendiri fidget spinner sangat ramai diperbincangkan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Kali ini, maudisini akan membahas secara tuntas mengenai fidget spinner ini mulai dari fungsi hingga berbagai macam cara membuat spinner.

Simak artikel ini dengan seksama.

Pengertian Fidget Spinner

Cara Membuat Fidget Spinner
kupaman.com

Fidget Spinner ini pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Tujuan dibuatnya spinner ini adalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti menggigit kuku atau hanya sebatas menghilangkan rasa bosan saat tidak ada pekerjaan.

Namun sayang, hak paten dari fidget spinner ini sudah habis, maka banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mematenkan permainan ini. Dari segi bahasa, fidget artinya gelisah dan spinner berarti pemutar, jadi artinya secara bahasa adalah alat pemutar yang dimainkan untuk mengurangi rasa bosan.

Di Amerika sendiri fidget spinner sudah sangat populer di kalangan remaja dan dewasa, bahkan menjadi mainan wajib yang dimiliki, tapi masih banyak orang yang belum mengetahui mengapa fidget spinner banyak dimainkan oleh orang.

Fidget spinner ini semakin harinya semakin berkembang dan populer, hingga saat ini sudah banyak sekali jenis dari fidget spinner ini. Mulai dari yang hanya terdiri dari 1 bearing untuk pemutarnnya dan 3 bearing untuk penyeimbangnya.

Bahkan sudah ada fidget spinner yang terbuat dari berbagai macam jenis seperti kayu, rantai dan plastik

Manfaat Fidget Spinner

Cara Membuat Fidget Spinner
kupaman.com

Rasa bosan atau dalam bahasa Inggrisnya fidgeting yang secara tidak sadar kita lakukan bukanlah sesuatu yang salah, namun jika tidak bisa mengontrol itulah yang menjadi masalahnya, terkadang rasa bosan yang berlebihan justru membuat kita menjadi tidak produktif

Baca Juga  Cara Mudah Belajar Bahasa Thailand Dasar Dijamin Langsung Bisa! [Tutorial]

Fidget spinner bisa menjadi solusi untuk mengontrol rasa bosan tadi, bahkan dengan memainkannya bisa memberikan manfaat yang tanpa kita duga sangat banyak sekali, berikut ini adalah manfaat dari fidget spinner.

1. Manfaat Secara Psikologis

Menurut Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, fidget spinner ini juga memiliki manfaat untuk orang-orang yang menderita gangguan psikologis seperti sulit fokus, cemas yang berlebihan, dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

2. Melatih Otak Kanan dan Kiri

Memainkan fidget spinner dapat melatih otak kanan dan kiri, gerakan memutar dari fidget spinner secara terarah dan teratur ini bisa meningkatkan kemampuan belajar.
Meningkatkan Fokus dan Mengurangi Stress

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hertfordshire menyatakan bahwa Hertfordshire dapat meningkatkan tes memori,menurunkan hormone stress dan juga menurunkan tingkat kortisol.

3. Melancarkan Aliran Darah

Salah seorang professor ternama yakni Jaume Padilla dari MU Nutrisi dan Latihan Departemen Fisiologi menyatakan bahwa gerakan fidget spinner sebanyak 250 ketukan per menit dapat membantu melancarkan peredaran darah.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian di New York menyebutkan bahwa fidget spinner dapat meningkat memori dan kreatifitas orang yang memainkannya. Contohnya saja adalah seseorang yang memainkan fidget spinner ini akan lebih mudah untuk informasi yang ditulis di kertas ketimbang dengan informasi yang di tulis di laptop.

5. Mengurangi Resiko untuk Pekerja yang Sering Duduk

Biasanya para pekerja kantoran ini lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer dan duduk hingga berjam-jam setiap harinya. Jika kamu termasuk orang dengan pekerjaan ini, maka fidget spinner sangat cocok kamu miliki.

Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahwa seorang perempuan yang melakukan fidgeting memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding dengan yang hanya duduk saja selama berjam-jam lamanya.

Komponen Penting Fidget Spinner

Salah satu yang membuat permainan fidget spinner ini sangat menyenangkan adalah kemampuan berputar dari fidget spinner. Semakin lama fidget spinner berputar maka akan semakin menyenangkan dalam memainkannya.

Apakah kamu mengetahui apa yang menjadi faktor utama mengapa fidget spinner bisa berputar dengan lama?

jawabannya adalah: BEARING FIDGET SPINNER

Bearing ini menjadi komponen yang sangat vital dalam fidget spinner, berkat bearing inilah fidget spinner dapat berputar karena bearing ini sebagai poros dari fidget spinner. Bearing juga disebut laher atau klaher yang berbentuk menyerupai cincin dengan ukuran akan tebal dengan bola-bola besi yang ada di dalamnya.

Baca Juga  Pengalaman Skripsi yang Tidak Akan Terlupakan Seumur Hidup

Bagi pecinta otomotif atau skateboard pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bearing ini. Selain kualitas, material dari bearing ini juga sangat mempengaruhi kemampuan dari fidget spinner ini untuk berputar.

Setiap bearing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Bearing Logam Atau Metal

Cara Membuat Fidget Spinner
kupaman.com

Jenis bearing yang paling umum ditemui. Disebut bearing logam karena selain cage atau ring-nya dari logam, bola-bola di dalamnya juga terbuat dari logam.

Keunggulan:

  • Harganya sangat murah.
  • Perawatan yang baik, bisa berputar lebih lancar dan lama.

Kelemahan:

  • Waktu fidget spinner berputar paling singkat dibanding bearing jenis lain.
  • Sangat mudah berkarat jika terkena udara, air dan kurang perawatan.

Bearing Hybrid

Cara Membuat Fidget Spinner
indiamart.com

Jenis bearing yang satu ini masih menggunakan bahan logam untuk cage atau ring-nya. Namun untuk bagian bola-bolanya, menggunakan bola-bola yang terbuat dari bahan keramik.

Keunggulan:

  • Kemampuan fidget spinner berputar lebih lancar dan lama dibanding bearing logam.
  • Tidak mudah terkena karat.

Kelemahan:

  • Harga lebih mahal dibanding bearing logam.

Bearing Full Keramik

Cara Membuat Fidget Spinner
aliexpress.com

Jenis bearing yang satu ini sudah tidak menggunakan bahan logam untuk cage atau ring-nya. Begitu juga untuk bagian bola-bolanya, menggunakan bola-bola yang terbuat dari bahan keramik.

Keunggulan:

  • Waktu fidget spinner berputar lebih lama dibanding bearing lainnya.
  • Tidak berkarat.
  • Terlihat lebih keren dan bagus

Kelemahan

  • Harga lebih mahal dibanding dua jenis bearing lainnya
  • Kebanyakan menganut model terbuka, sehingga mudah terkena kotoran atau debu.

Cara Memainkan Fidget Spinner

Sangat mudah untuk memainkan fidget spinner ini, kamu hanya perlu memegang bagian tengah dari fidget spinner ini dengan jari telunjuk dan ibu jari, lalu putar fidget spinner dengan menggunakan jari tengah. Maka fidget spinner akan berputar secara otomatis. Gampang Banget kan.

Cara Membuat Spinner

Sekarang ini, fidget spinner sangat mudah untuk didapatkan mulai dari toko online hingga di toko mainan sudah terdapat banyak sekali fidget spinner ini. Tapi apakah kamu tahu bahwa fidget spinner bisa dibuat di rumah sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Kardus

Cara membuat fidget spinner dari kardus ini terbilang sanga murah dan bahkan tidak membutuhkan modal sedikitpun, berikut ini adalah cara membuat fidget spinner dari kardus.

Baca Juga  Sholat Jumat - Niat, Tata Cara, Keutamaan, Hadist dan Bacaan [Lengkap]

Alat dan Bahan

Cara Membuat Fidget Spinner
redtedart.com
  • Tusuk Gigi
  • Lem Putih dan lem stick
  • Gunting
  • Jarum Pentul
  • Tusuk Gigi
  • Kardus Bekas
  • Koin

Cara Membuat

Cara Membuat Fidget Spinner
redtedart.com
  • Cetak template fidget spinner dengan menggunakan kertas HVS biasa
  • Pindahkan template tersebut pada karton sereal dan buat beberapa buah
  • Gunting seluruh cetakan pola fidget spinner pada karton bekas
  • Setelah melakukan pengguntingan, kamu bisa mendekorasinya dengan berbagai cara. Mengecatnya dengan menggunakan cat akrilik atau menempelinya dengan washitape juga bisa dilakukan
  • Tempelkan empat potongan pola yang sudah digunting dengan menggunakan lem stick, diamkan hingga mengering,
  • Carilah titik tengah dari pola fidget spinner. Setelah menemukannya, gunakan pola tersebut untuk membolongi bagian tengah permukaan karton dengan menggunakan jarum pentul.
  • Buat lubang dengan ukuran yang lebih besar dengan menggunakan gunting hingga tusuk gigi masuk ke dalamnya
  • Lalu, tempelkan dua buah koin pada kedua ujung permukaan fidget spinner dengan lem putih. Diamkan hingga mengering
  • Buatlah mekanisme putaran fidget dengan menggunakan sisa karton yang ada
  • Gunting karton dengan pola bulat sebanyak beberapa, lalu buat bolongan pada bagian tengahnya dengan jarum.
  • Setelah itu, masukkan tusuk gigi pada bolongan itu, lem pada bagian ujungnya dan biarkan mengering
  • Setelah mengering, masukkan tusuk gigi beserta karton berpola bulat tersebut ke karton pola fidget spinner berkoin yang telah mengering
  • Tutupi dengan satu permukaan pola bulat di bagian seberangnya lalu lem dan tunggu mongering.
  • Setelah mengering maka fidget spinner sudah bisa dimainkan.

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Bearing Bekas

Cara membuat fidget spinner dari bearing bekas ini sangat mudah dan simpel, tidak memakan waktu yang cuku lama, berikut ini alat dan bahan dalam mebuat fidget spinner dari bearing bekas

Alat dan Bahan

Cara Membuat Fidget Spinner
spinnermint.com
  • 4 Buah bearing bekas
  • Lem

Cara Membuat

Cara Membuat Fidget Spinner
ytimg.com
  • Pilihlah bearing yang akan dijadikan poros dalam pembuatan spinner.
  • Lem 3 bearing lainnya pada bearing yang dijadikan poros dari fidget spinner, tunggu hingga mongering.
  • Setelah kering, maka fidget spinner bisa digunakan. Mudah sekali bukan.

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Lampu LED

Cara Membuat Fidget Spinner Dari Tali Ties

BONUS – TRICK KEREN FIDGET SPINNER

***

Itulah beberapa cara membuat fidget spinner, tentunya sangat mudah serta tidak memerlukan modal banyak bukan. Kalian bisa membuat fidget spinner ini pada hari libur dengan teman dan keluarga. Selamat mencoba.

 

1 thought on “Cara Membuat Fidget Spinner Mudah dan Murah [Tutorial+Video]

Leave a Comment