20 Contoh Rumusan Masalah Skripsi, Makalah, Penelitiaan, Proposal [LENGKAP]

Contoh Rumusan Masalah – Kalian pasti sudah engga asing lagi dengan rumusan masalah kan? Ketika kalian menulis berkas laporan, skripsi, proposal dan draft tugas akhir pasti hal tersebut selalu berkaitan dengan contoh rumusan masalah.

Diantara kita pasti ada yang sudah paham betul mengenai pengertian serta fungsi dari rumusan masalah ini.

Tapi jangan khawatir buat kamu yang belum paham dengan detail dan jelas karen kali ini maudisini akan membahas tentang tentang pengertian, fungsi, ciri-ciri, beserta contoh rumusan masalah yang baik dan benar.

Dengan adanya artikel ini maka diharapkan ketika kamu selesai membaca dan mempelajarinya kamu akan semakin paham bagaimana cara membuat rumusan masalah yang tepat.

Apalagi untuk para pelajar, rumusan masalah ini sangat penting terlebih bagi para mahasiswa yang sering sering membuat laporan, tugas, skripsi, proposal dan draft tugas akhir.

Simak artikel dibawah ini dengan seksama ya…

Pengertian Rumusan Masalah

contoh rumusan masalah skripsi
unsplash.com

Rumusan masalah merupakan tahapan dari beberapa tahapan dalam membuat karya ilmiah penelitian, proposal, tugas, skripsi dan draft tugas akhir. Rumusan masalah mempunyai posisi yang sangat penting di dalam kegiatan sebuah penelitian.

Sampai pentingnya rumusan masalah ini pada sebuah penelitian, hingga menjadikan rumusan masalah ini adalah nyawa dari penelitian itu sendiri.

Rumusan masalah ini akan dijadikan sebuah dasar ketik kita melakukan sebuah penelitian, karena sebuah penelitian tanpa rumusan masalah itu percuma, karena peneliti tidak akan mengetahui kearah mana penelitian akan dibawa.

Rumusan masalah juga sering disebut dengan yang memiliki arti sebuah rumusan yang menanyakan suatu kejadian atau fenomena yang ada, baik itu kedudukannya mandiri, atau pun kejadian atau fenomena yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Pada biasanya rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan yang lengkap dan sangat rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi masalah.

Rumusan masalah yang baik dan benar berarti telah menjawab setengah pertanyaan dari suatu permasalahan.

Masalah yang sudah dirumuskan dengan baik tidak hanya dapat membantu memusatkan pikiran kita, melainkan juga dapat mengarahkan cara berpikir kita terhadap suatu masalah yang akan dipecahkan.

Rumusan masalah dalam sebuah skripsi, makalah, ataupun proposal merupakan hal yang paling mendasar. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah, kemudian akan dijawab dalam proses penelitian dan tertuang secara sistematis ke dalam sebuah laporan penelitian.

Semua yang dibahas dalam laporan penelitian, termasuk pembahasan mengenai kerangka teori, definisi, dan metodologi yang digunakan, semuanya mengarah pada perumusan masalah.

Semua poin-poin yang ada di dalam karya tulis baik itu metodologi, teori-teori, semua itu mengacu pada rumusan masalah yang kita buat. Oleh sebab itu, rumusan makalah merupakan fokus utama yang menentukan arah sebuah karya ilmiah.

Definisi Rumusan Masalah Menurut Para Ahli

pengertian rumusan masalah
pixabay.com
  1. Sugiyono
    Rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan yang dicari jawabannya dengan cara mengumpulkan data dalam bentuk berbagai rumusan masalah yang berdasarkan penelitian tingkat eksplanasi.
  2. Sutrisno Hadi
    Rumusan masalah adalah kejadian yang membentuk pertanyaan kenapa dan kenapa
  3. Pariata Westra
    Sebuah masalah yang telah terjadi jika seseorang berusaha dan mencpba tujuannya atau juga mecoba percobaan perdananya untuk mencapai tujuan hingga berhasil.
    Jenis Jenis Rumusan Masalah

Dalam praktiknya dalam penyusunan, kita harus mengatahui terlebih dahulu data serta latar belakang apa yang menjadi dasar kita dalam membuat proposal, makalah, dan skripsi. Hal ini tentunya akan mempermudah dalam pembuatan rumusan masalah.

Berikut ini adalah penjelasan rumusan masalah dalam penelitian terbagi menjadi 3 jenis, yakni;

1. Rumusan Masalah Deskriptif

Contoh Rumusan Masalah
unsplash.com

Rumusan masalah deskriptif merupakan suatu rumusan masalah yang berkenaan dengan pertanyaan terhadap keberadaan sebuah variabel atau lebih.

Jadi pada sebuah penelitian tidak membuat perbandingan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Penelitian semacam ini dinamakan dengan penelitian deskriptif.

Contoh rumusan masalah deskriptif

  • Bagaimana sikap dari masyarakat mengenai perguruan tinggi yang memiliki bandan hukum?
  • Seberapa tinggi tingkat kepuasaan dan juga aspirsi masyarakat pada pelayanan publik di ibu kota?
  • Seberapa baguskah kebijaka yang diterapakan di pemerintah?

2. Rumusan Masalah Komparatif

contoh rumusan masalah komparatif
unsplash.com

Rumusan masalah komparatif merupakan rumusan masalah penelitian yang membandingkan suatu variabel atau lebih dengan variabel yang lainnya.

Contoh rumusan masalah komparatif

  • Apakah ada perbedaannya tingkat produktifitas anatara pegawai negeri dengan pegawai swasta?
  • Adakah perbedaan kapabilitas dan kedisiplinan kerja antara pegawai di perusahaan nasional dan pegawai swasta nasional?
  • Apa ada bedanya antara ketahanan fisik orang kota dengan orang pedalaman?

3. Rumusan Masalah Asosiatif

Contoh Rumusan Masalah asosiatif
wixstatic.com

Rumusan masalah asosiatif merupakan sebuah rumusan masalah dalam penelitian yang bersifat menayangkan hubungan antara dua variabel atau bahkan lebih. Bisa dengan hubungan timbal balik, kausal, atau simetris.

Hubungan timbal balik

Hubungan timbal balik yakni hubungan yang memengaruhu satu dengan yang lainnya. Di sini tidak diketahui antara variabel bebas (independen)dan variabel terikat (dependen).

Contoh Rumusan Masalah Hubungan Timbal Balik

Hubungan antara memilik motivasi tinggi dan prestasi gemilang. Pada hal ini dapat dinyatakan bahwa motivasi dapat berpengaruh terhadap prestasi atau juga sebaliknya.

Baca Juga  10+ Jenis Pekerjaan dengan Angka Perselingkuhan Tertinggi

Hubungan kausal

Rumusan masalah kausal yakni mempunyai sifat sebab dan akibat. Dimana didalamnya ada variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Di sini variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.

Contoh rumusan masalah hubungan kausal

  • Apakah terdapat pengaruhnya antara sistem pendapatan dengan kinerja kerja?
  • Seberapa besarkah pengaruh tata ruang kota terhadap kebahagiaan penduduknya?
  • Adakah terdapat pengaruh antara pendidikan bimbingan belajar yang dilakukan oleh orang tua dengan prestasi belajar terhadap anak?

Hubugan simetris

Hubungan simetris yakni hubungan diantara dua variabel atau bisa lebih kebetulan nampak secara bersama.

Contoh rumusan masalah hubungan simetris

  • Adakah hubungannya antara banyak ulat di pohon dengan kehigienisan buah?
  • Apakah ada hubungannya antara jumlah pengangguran dengan tingkat pendapatan per kapita negara?

Fungsi Rumusan Masalah

fungsi rumusan masalah
startupremarkable.com

Pentingnya rumusan masalah dalam sebuah penelitian membuahnya menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh. Maka dari itu pastinya banyak sekali fungsi dari rumusan masalah ini.

Rumusan masalah memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Berikut penjelasannya :

  1. Rumusan masalah merupakan titik sentral dalam sebuah penelitian. Maksudnya adalah rumusan masalah sebagai pedoman dalam sebuah penelitian.
  2. Rumusan masalah mampu memberikan sebuah solusi. Rumusan masalah pada umumnya berbentuk sebuah pertanyaan yang mengulas sebuah permasalahan. Oleh karena itu, dapat dikatakan rumusan masalah adalah sebuah solusi yang belum terwujud. Bagaimana untuk mewujudkannya ? Dengan penelitian itu tadi.
  3. Rumusan masalah mampu membuka pikiran kita terhadap suatu permasalahan. Ketika tujuan dan arah dari suatu permasalah sudah jelas, maka kita tinggal berfokus pada solusi yang akan kita capai untuk masalah tersebut.
  4. Sebagai pendorong suatu kegiatan penelitian.

Ciri Ciri Rumusan Masalah

ciri ciri rumusan masalah
pinimg.com

Tentunya kita menginginkan dalam membuat penelitian atau makalah ddengan sebaik mungkin dan sebagus mungking agar tujuan dari penelitian bisa tersampaikan dengan benar.

Berikut in adalah ciri-ciri Rumusan masalah yang baik dan benar:

  1. Rumusan masalah yang baik dan benar dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya.
  2. Rumusan masalah harus berisi kalimat yang jelas, padat, tidak bertele-tele.
  3. Dapat memberikan petunjuk serta sebagai pokok pembahasan dalam proses penelitian agar memungkinkan menampung data sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada sebuah rumusan masalah.
  4. Mampu mengarahkan pola pikirt pembaca terhadap suatu permasalahan.
  5. Masalah yang dipilih harus memiliki nilai penelitian.
  6. Masalah yang dipilih harus mempunyai fisibilitas.
  7. Masalah yang dipilih harus sesuai dengan kualifikasi peneliti.

Cara Membuat Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah makalah
wideawakeinwonderland.com

Agar rumusan masalah yang kamu buat bisa berkualitas serta bisa menggiring pola pikir permbaca maka diperlukan kriteria-kriteria supaya kebutuhan diatas bisa terpenuhi.

Apalagi dalam sebuah penelitian atau makalah, yang meninjau bukanlah orang sembarangan, melainkan guru atau professor yang sudah makan asam garam perihal penelitian.

Berikut ini adalah kriteria yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah rumusan masalah yang baik dan benar. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan.
  2. Rumusan masalah yang dirumuskan hendaknya jelas dan padat.
  3. Rumusan masalah berisi implikasi adanya data untuk mencari sebuah solusi dalam suatu permasalahan.
  4. Masalah harus menjadi dasar bagi judul dalam sebuah proses penelitian.

Tidak hanya memperhatikan kriteria diatas. Kamu juga harus memperhatikan bagaimana caranya membuat formulasi sebuah permasalahan yang baik.Bagaimana caranya ? Berikut adalah penjelasannya :

  1. Dengan menurunkan masalah dari teori yang sudah ada, seperti permasalahan pada penelitian eksperimental.
  2. Dari observasi langsung dilapangan, seperti yang sering dilakukan oleh para ahli sosiologi. Jika masalah sudah dapat diperoleh dilapangan, maka sebaiknya kamu juga harus menghubungkan masalah tersebut dengan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Karena ada kalanya penelitian tersebut bisa menghasilkan dalil-dalil dan dapat membentuk sebuah teori yang baru

Contoh Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah
videezy.com

Dibawah ini akan kami berikan beberapa contoh rumusan masalah skripsi, rumusan masalah penelitian, rumusan masalah makalah

Contoh Rumusan Masalah Skripsi

Contoh rumusan masalah skripini ini akan membaha  tentang pentingnya pencatatan laporan keuangan untuk Usaha Menengah Kecil Mandiri(UMKM).


Pendahulan

1.1 Latar Belakang Masalah

Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) yakni suatu bentuk unit usaha kecil mandiri yang dijalankan serta dikelola oleh perorangan. UMKM mempunyai peran yang cukup penting dalam membantu serta meningkatkan perekonomian warga di sekitar. Dengan adanya UMKM, tingkat pengagguran bisa dikurangi.

Namun ada tedapt juga permasalah yang cukup banyak ditemui oleh para pelaku UMKM ini. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan dan usahanya. Tidak mengherankan memang, karena kebanyakan para pelaku UMKM kurang paham tentang ilmu akuntasi dan ekonomi.

Padahal ilmu ini sangat penting untuk dipahami bagi para pelaku pengusaha. Dengan adanya laporan keuangan akan memungkinkan pelaku UMKM memperoleh data dan informasi yang tersusun secara rinci dan lengkap. Selain itu, dengan adanya laporan keuangan maka akan diketahui kondisi keuangannya, apakah sedang untung, rugi atau kritis.

Dengan adanya laporan keuangan juga akan memudahkan dalam pengambilan keputusan dalam mengembangkan usahnya. Dengan realita di atas, maka untuk penelitian ini akan diberi judul ” Analisis Penerapan Ilmu Akuntansi Pada Pelaku UMKM”.

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah ditulis, dapat diidentifikasikan bahwa masih banyak pelaku bisnis UMKM yang menganggap laporan keuangan adalah sesuatu yang sulit. Dan juga pemilik kurang begitu membutuhkan informasi ilmu pembukuan ini dikarenakan usaha yang dilakukan masih dalam skala kecil.

1.3. Rumusan Masalah

  1. Berikut ini beberapa rumusan masalah yang akan dikaji lebih lanjut.
  2. Bagaimana memberikan penyuluhan kepada pelaku UK tentang pentingnya laporan keuangan?
  3. Bagaimanakah pelaku UMKM bisa merancang dan menyusun laporan keuangannya dengan baik?

1.4. Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu UMKM membuat dan menyusun laporan keuangan yang baik dengan menerpakan ilmu Akuntansi.

1.5. Manfaat

Dalam skripsi ini terdapat 2 manfaat yang peneliti peroleh, yakni;

  • Memperkaya kajian Akuntansi tentang laporan keuangan yang baik yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM.
  • Membantu pelakuk UMKM dalam mengelola keuangan usahanya.

Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Dalam masalah ini saya akan mencontohkan penelitian tentang hasil dari budidaya udang vaname yang kurang produktif.


Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Udang Vaname merupakan salah satu solusi bagi seseorang yang ingin mencoba berwirausaha. Karena untuk memulainya tidak perlu persiapan khusus dan tidak terlalau rumit.Dalam peratan dan pemeliharaannya pun tergolong mudah. Selain itu harga di pasaran juga cukup tinggi dengan permintaan yang tinggi pula.

Baca Juga  101+ Gambar, Desain dan Model Rumah Minimalis yang Elegan dan Terbaru

Maka tidak mengherankan banyak sekali peternak-pertenak udang baru bermunculan. Hampir di daerah seluruh Indonesia dapa dijumpai budiaya Udang Vaname.

Kisah-kisah kesuksesan para peternak Udang Vaname juga sudah banyak kita dengar. Tentu berita ini membuat kita senang, apalagi dari banyak petani Udang Vaname sebagian besar tergolong pengusaha muda.

Namun seperti halnya bidang lain, kisah kesuksekan pasti akan diikuti juga dengan kisah kegagalan. Banyak peternak Udang Vaname pemula yang akhirnya berhenti karena hasil yang didapat tidak menguntungkan bahkan rugi. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa hasil yang mereka dapat kurang maksimal. Inilah yang akan menjaidi pokok bahasan dalam penelitian kali ini.

1.2. Identifikasi Masalah

  1. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat diidentifikasikan beberapa masalah berikut ini:
  2. Faktor-faktor apa saja yang menyebakan keberhasilan dalam budidaya Udang Vaname.
  3. Faktor-faktor apa saja yang bisa menyebabkan hasil panen udang vaname tidak maksimal bahkan merugi.

1.3. Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah yang perlu dikaji lebih dalam adalah:

  1. Bagaimana caranya budidaya Udang Vaname yang bisa menghasilkan?
  2. Bagaimana caranya meminimalisir kerugian ternak Udang Vaname?
  3. Apa saja yang harus dilakukan oleh peternak Udang Vaname pemula?

1.4 Tujuan

  1. Memberikan pembelajaran kepada peternak udang terutama pemula agar hasil panen yang didapat bisa untung besar.
  2. Memberikan cara bagaimana menjadi peternak Udang Vaname yang handal.

Contoh Rumusan Masalah Makalah

Di sini saya akan memberikan contoh rumusan masalah tentang pengaruh internet terhadap perilaku anak.

Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

Salah satu teknologi yang sangat cepat perkembangannya adalah internet. Teknologi ini bagaikan virus yang menyerang sendi-sendi kehidupan manusia. Teknologi ini juga telah merubah perilaku dan sifat dasar manusia.

Teknologi internet memungkinkan kita menjelajah dunia hanya dari depan komputer atau smartphone saja. Cukup ketikan perintah sesuai keinginan, maka akan langsung dibawa ke tempat tersebut.

Begitu pentingnya internet, manusia era sekarang seakan tidak bisa hidup tanpa adanya jaringan internet. Mereka diperbudak dengan teknologi dan lupa akan hakikat manusia yang sesungguhnya.

Sebagai sebuah teknologi, internet tentu memiliki dampak positif namun juga berdampak negatif. Semua tergantung siapa yang menggunakannya. Bagi orang dewasa mungkin akan lebih bijaksana dalam menggunakanya. Namun yang menjadi permasalahan adalah ketika internet digunakan oleh anak-anak.

1.2. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat diidentifikasikan beberapa masalah:

  1. Dampak postif dan negatif teknologi internet terhadap penggunanya.
  2. Dampak internet terhadap perilaku anak.
  3. Internet telah menjadi virus baru di dalam kehidupan masyarakat.

1.3. Rumusan Masalah

Dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam makalah ini, yaitu:

  1. Apa pengaruh internet terhadap kehidupan sosial masyarakat?
  2. Bagaimana menyikapi teknologi internet yang semakin tidak terbendung?
  3. Bagaiaman menggunkana internet untuk hal-hal yang positif?
  4. Bagaimana caranya mengajarkan kepada anak-anak untuk menggunakan internet dengan bijak?

1.4. Tujuan

  1. Memberikan pengetahuan tentang perkembangan teknologi internet.
  2. Mengajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana seharusnya internet digunakan.
  3. Memberikan wawasan kepada anak-anak tentang batasan-batasan penggunaan internet

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Pendidikan

Dalam hal ini, saya akan memberikan contoh dalam membuat rumusan masalah yang berkaitan dengan pendidikan karakter atau akhlak pada anak usia dini lengkap dengan latar belakangnya, berikut contoh rumusan masalah dan penjelasannya:


Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah

Dewasa ini, kita sering merasa prihatin dan marah dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Banyak masalah yang muncul dan membuat kita terhenyak kaget.

Berbagai masalah ini mulai dari rendahnya tingkat kejujuran pada masyarakat, tingginya tingkat kriminalitas, meningkatnya angka pidana bersebab kerusakan moral, baik itu remaja dan dewasa.

Bahkan, pada beberapa kota, gejala kerusakan akhlak dan moral ini sudah melampaui batas. Banyak terjadi hal yang dulu tidak pernah terpikirkan oleh kita sebagai masyarakat.

Pencurian merajalela, pornografi dan pergaulan bebas meluas, bahkan fenomena durhaka pada orangtua dan guru menjadi pemberitaan yang seolah-olah dianggap lumrah.

Berbagai permasalahan dan gejala yang muncul ini tentunya harus segera mendapat perhatian dan penanganan yang baik dan mendalam. Tentu diharapkan bagi pemerintah daerah dan jajarannya mempunyai program dalam penanggulangan kerusakan akhlak dan moral ini.

Dan kita sebagai masyarakat biasa khususnya orang tua, harus lebih memperhatikan lagi pendidikan akhlaknya. Salah satu cara yang bisa dimaksimalkan oleh setiap individu adalah menanamkan pendidikan tentang akhlak sedini mungkin pada anak.

Usia anak, sebagaimana kita ketahui, adalah usia yang sangat baik dalam menyerap pelajaran di sekitarnya, dalam bahasa ilmiah biasa disebut dengan Golden Age. Oleh karena itu, usia dini inilah yang nantinya akan menjadi pondasi para remaja dalam kehidupan sosialnya kelak.

Maka dari itu, Rasulullah SAW pernah mewanti-wanti pada para ibu bapak tentang penanaman akhlak ini, kurang lebih beliau bersabda seperti ini “Ajarilah anakmu tauhid dan akhlak.”

Pada kesempatan yang lain juga Rasulullah SAW bersabda “ Sesungguhnya aku diutus tidak lain dan tidak bukan melainkan untuk menyempurnakan akhlak.”

Jadi pada dasarnya apabila ingin membangun generasi yang baik akhlaknya harus dimulai dari sedari mereka kecil, sehingga penanaman itu telah menjadi karakter yang baik apabila mereka menginjak usia remaja.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latang belakang diatas, penulis dapat menentukan masalah yang sering terjadi pada anak yakni;

  1. Terhambat nya laju pembangunan masyarakat.
  2. Maraknya aksi kejahatan fisik maupun moral.
  3. Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya lingkungan yang baik.

1.3 Rumusan Masalah

Dari latar belakang dan identifikasi masalah diatas, rumusan masalah yang dapat kita ambil adalah sebagai berikut:

  1. Apa pengaruh pendidikan akhlak pada anak?
  2. Bagaimana metode dalam penanaman pendidikan akhlak pada anak usai dini?
  3. Seberapa penting pendidikan akhlak dalam membangun peradaban yang baik?
  4. Apa langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah dan orangtua khususnya dalam menanggulangi masalah kerusakan akhlak?
  5. Metode apakah yang paling baik untuk mendidik anak usia dini dalam hal penanaman akhlak?
  6. Apa akibat yang ditimbulkan apabila kerusakan akhlak ini tidak ditanggulangi secara tuntas dan cepat?
  7. Siapa yang paling bertanggungjawab atas kerusakan akhlak ini?

1.4 Tujuan Makalah

  1. Menanggulangi kerusakan akhlak dan moral pada masyarakat.
  2. Memperbaiki tatanan hidup masyarakat yang rusak.
  3. Mencegah sejak dini kerusakan moral anak bangsa.
  4. Menjaga kualitas pribadi anak bangsa yang akan menjadi penerus masa depan.
Baca Juga  Surga Kecil di Pedalaman Kabupaten Pangandaran

Contoh Rumusan Masalah Makalah Sejarah

Dalam hal ini, saya akan memberikan contoh dalam membuat rumusan masalah yang berkaitan sejarah lengkap dengan latar belakangnya, berikut contoh rumusan masalah dan penjelasannya:


Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Sejarah panjang bahasa Indonesia dari masa ke masa telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Dimulai dari makin banyaknya kosa kata dan tata bahasanya serta semakin meningkatnya jumlah pemakainya.

Hingga sekarang bahasa Indonesia tidak hanya dipakai oleh orang Indonesia saja, namun sudah dipelajari dan menjadi salah satu materi di banyak negara.

Oleh sebab itu, kita sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya sadar akan kenyataan ini dengan cara menghormati dan melestarikannya.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Berdasarkan latar belakang diatas, dapat disimpulkan perumusan masalah sebagai berikut:
  2. Bagaimana sejarah Bahas Indonesia dari masa ke masa hingga bisa Go Internasional seperti sekrang ini?
  3. Bagaimana kedudukan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari?
  4. Apa fungsi dari bahasa Indonesia?

Contoh Rumusan Masalah Skripsi Tentang Teknologi

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Bagaimanakah alur atau sistem dari pendaftaran MABA di Uniersitas yang sudah dilakukan selama ini?
  2. Apakah dengan dibuatnya sebuah sistem pendaftaran secara online bisa meningkatkan kinerja dan kemudahan bagi para MABA?

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apakah ada pengaruh dari implementasi kebijakan BPMP2T?
  2. Apakah ada pengaruhnya kompetensi oleh aparatur pada kinerja BPMP2T?
  3. Apakah terdapat pengaruh dari implementasi kebijakan di daerah dan kompetensi aaraturapabila bersama pada kierja BPMP2T?

Contoh Rumusan Masalah Makalah Tentang Software Bajakan

Berdasarkan dari pemaparan latar belakang di atas, penulis dengan ini merumuskan rumusan masalah yang penulis akan kaji.

  1. Apakah software bajakan itu?
  2. Seperti apakah ciri-ciri dari software bajakan?
  3. Bagaimanakah orang mendapatkan software bajakan?
  4. Latarbelakang apakah yang membuat orang memilih software bajakan?
  5. Berapa banyak orang yang memakai software bajakan?
  6. Software bajakan apa saja yang biasa dipakai orang Indonesia?
  7. Apa alasan sebagian orang yang tidak memakai software bajakan?

Contoh Rumusan Masalah Tentang Pernikahan Dini

Berdasarkan dari pemaparan latar belakang di atas, penulis dengan ini merumuskan rumusan masalah yang penulis akan kaji.

  1. Apa dampak postif dan negatif pernikahan dini ?
  2. Bagaimana perspektif hukum islam tentang pernikahan dini ?
  3. Kenapa peran pernikahan dini perlu dipertahankan ?
  4. Apa penyebab terjadinya pernikahan dini ?

Rumusan Masalah Tentang Kebakaran Hutan Di Riau

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa pengertian kebakaran hutan?
  2. Apa penyebab kebakaran hutan di Riau?
  3. Apa dampak yang bisa terjadi khususnya dalam bidang ekonomi dari kebakaran hutan di Riau?
  4. Bagaimana cara menanggulangi kebakaran hutan di Riau?
  5. Bagaimana cara mencegah kebakaran hutan di Riau?

Rumusan Masalah Tentang Pengamen Jalanan

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa teori kemiskinan ?
  2. Apa perbedaan anak jalanan dengan anak bangsa ?
  3. Apa yang mendasari orang untuk mengamen ?
  4. Bagaimana solusi agar orang tidak mengamen ?

Rumusan Masalah Tentang Mengatasi Sampah dalam Masyarakat

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa pengertian sampah ?
  2. Apa jenis-jenis sampah ?
  3. Bagaimana perkembang sampah di masyarakat ?
  4. Apa dampak sampah bagi masyarakat ?
  5. Bagaimana cara mengelola sampah ?

Rumusan Masalah Tentang Pengaruh Rokok Bagi Anak di Bawah Umur

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa itu rokok ?
  2. Apa bahaya rokok bagi kesehatan ?
  3. Apa yang menyebabkan anak merokok ?
  4. Bagaimana cara mengatasi anak tidak merokok ?

Rumusan Masalah Tentang Narkoba

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa pengertian narkoba ?
  2. Ada berapa jenis narkoba ?
  3. Ada bahaya narkoba ?
  4. Bagaimana cara mengatasi narkoba ?

Rumusan Masalah Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa itu remaja ?
  2. Apa pengertian pergaulan bebas ?
  3. Apa itu seks bebas ?
  4. Apa faktor-faktor yang menyebabkan pergaulan bebas dan seks bebas ?
  5. Apa akibat yang ditimbulkan dari pergaulan bebas dan seks bebas ?
  6. Apa dampak hukumnya ?
  7. Bagaimana solusi untuk mencegah pergaulan bebas dan seks bebas ?

Rumusan Masalah Lingkungan Kesehatan

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa pengertian Kesehatan Lingkungan ?
  2. Apa syarat lingkungan yang sehat ?
  3. Bagaimana ruang lingkup kesehatan lingkungan ?
  4. Bagaimana cara memeilhara kesehatan lingkungan ?
  5. Apa tujuan pemeliharaan kesehatan lingkungan ?

Rumusan Masalah Penelitian Tahu

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa yang dimaksud dengan tahu ?
  2. Bagaimana mekanisme pembuatan tahu ?
  3. Bagaimana proses pembuatan tahu ?
  4. Apa saja nilai gizi yang ada pada tahu ?
  5. Apa saja kandungan zat gizi pada tahu ?
  6. Apa saja manfaat tahu bagi kesehatan tubuh ?

Rumusan Masalah Penelitian Tanaman Hidroponik

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa yang dimaksud dengan hidroponik ?
  2. Bagaimana teknis menanam dengan hidroponik ?
  3. Apa manfaat dari hidroponik ?
  4. Apa saja keunggulan menanam dengan hidroponik ?
  5. Apa saja manfaat menanam dengan hidroponik ?

Rumusan Masalah Penelitian Limbah Tahu

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa itu tahu ?
  2. Bagaimana proses pembuatan tahu ?
  3. Apa pengaruh limbah pengolahan tahu terhadap kesehatan ?
  4. Bagaimana cara menanggulangi limbah tahu ?
  5. Bagaimana cara memanfaatkan ampas tahu ?

Rumusan Masalah Tentang Penelitian Cacing Tanah

Berdasar batasan masalah yang sudah di tetapkan, seterusnya rumusan masalah diusulkan dengan pertanyaan berikut:

  1. Apa manfaat cacing tanah untuk kesehatan ?
  2. Apa saja kandungan nutrisi cacing tanah ?
  3. Bagaimana mengelola cacing tanah menjadi obat ?
  4. Apa dampak mengkonsumsi cacing tanah ?
  5. Bagaimana cara mengkonsumsi cacing tanah ?

Nah, Itulah pembahasan secara detail tentanh pengertian, ciri-ciri, jenis, fungsi beserta contoh rumusan masalah. Mulai dari contoh rumusan masalah penelitian, contoh rumusan masalah makalah, contoh rumusan masalah skripsi, dan contoh rumusan masalah proposal.

Semoga dengan artikel ini kamu bisa lebih mudah dalam membuat rumusan masalah 🙂

Leave a Comment