Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa untuk Orang Sakit – Doa untuk orang sakit ini bisa menjadi sebuah ikhtiar dalam ajaran Islam. Penyakit adalah salah satu bentuk bahwa Allah masih sayang kepada ummatnya. Setiap penyakit pasti ada penyembuhnya.

Di dalam ajaran Islam, kita diperintahkan untuk saling menyayangi dan mengasihi antar sesama umat manusia. Ikatan tali persaudaraan yang terjalin harus kita tanam sebaik mungkin.

Sehingga ketika ada teman, saudara, kerabat, atau tetangga yang mengalami musibah seperti sakit, kita bisa turut menjenguknya agar ia lebih semangat dalam melawan penyakitnya itu.

Islam mengajarkan beberapa adab dalam menjenguk orang sakit yang di dalamnya terdapat doa untuk orang sakit agar segera diberi kesembuhan. Doa untuk orang sakit memang telah dicontohkan oleh Rosulullah SAW.

Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk orang sakit ini bertujuan untuk menguji sekuat apa iman kita kepada Sang Khalik kita yakni Allah SWT. Saat kita mengalami ujian berupa sakit, maka yakinlah bahwa sakit itu datangnya dari Alloh SWT sehingga kita harus terus bersyukur, bersabar dan berikhtiar kepada Alloh SWT, sebab cara ini adalah bentuk kasih sayang Alloh kepada kita hamba-Nya.

Bentuk usaha atau ikhtiar yang kita lakukan yakni dengan beristirahat, berobat, dan juga menjaga pola makan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat agar bisa mempercepar proses penyembuhan. Tidak lupa kita harus selalu berdoa supaya sakitnya lekas sembuh.

Sepenggal hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Jabir bin Abdillah dia berkata bahwa nabi bersabda :

 

doa sembuh

Artinya : “Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin allah subhanahu wa ta’ala.” (HR. Muslim)

Kita harus optimis segala segala macam penyakit pasti memiliki penyembuhnya kecuali kematian. Namun, manusia masih belum bisa untuk mendapatkan obat tersebut.

Rasulullah SAW telah menerangkan bahwa setiap kali Allah SWT memberi ujian berupa penyakit kepada ummat manusia, pasti Allah SWT menyertakan obatnya. Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :

“Setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti Dia menurunkan pula penyembuhnya. Yang hanya diketahui oleh orang yang mengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidak mengetahuinya.”

Sabda Rasulullah SAW tersebut yang tercantum dalam hadis di atas itu sifatnya umum dan mencakup segalam jenis penyakit, termasuk penyakit mematikan dan penyakit yang belum bisa disembuhkan

Padahal sesungguhnya Allah SWT telah menurunkan obat penyembuh untuk segala penyakit tersebut. Mungkin Allah belum memberi petunjuk kepada manusia untuk menemukan obat penyakit-penyakit itu.

Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada ummatnya untuk terus berikhtiar tanpa putus asa agar bisa menyembuhkan penyakit yang mereka derita.

Tidak hanya cukup hanya datang kepada apoteker atau dokter saja, melainkan kita disuruh untuk berdoa sembari meminta kesembuhan kepada Sang Pemberi Kesembuhan.

Pada kali ini, maudisini akan menjelaskan kumpulan-kumpulan doa untuk orang sakit sesuai dengan ajaran sunnah Nabi Muhammad SAW dengan berbagai macam variasi doa.

Contohnya doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, ucapan doa untuk orang sakit, doa mengobati penyakit, doa untuk orang sakit parah.

Agar lebih mudah untuk dipahami dan dibaca, kami pun menyertakan bacaan latin serta artinya agar kamu bisa lebih khusuk dalam berdoa.

Doa untuk Orang Sakit dengan Surat Al Fatihah

surat al fatihah
ummukulthum.com

Bacaan :

Bismillahir rahmanir rahim (1)

alhamdu lillahi rabbil alamin (2)

Ar rahmanir rahim (3)

Maliki yaumid din (4)

iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in (5)

Ihdinas siratal mustaqim (6)

siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin (7)

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (1)

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (2)

Maha pemurah lagi Maha Penyayang (3)

Yang menguasai Hari Pembalasan (4)

Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan (5)

Tunjukilah jalan yang lurus (6)

(yaitu) Jalan Orang-orang yang Engkau beri nikmat kepada mereka;bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan buka (pula jalan) mereka yang sesat (7).


Al-Quran adalah Syifa (penyembuh) dengan membaca surat Alfatihah membuat kita lebih bisa merasa dengan Allah SWT. Semoga dengan membaca Al-Fatihah ini kita doa kita bisa dikabulkan oleh Allah SWT

Surat Al-Fatihah disebut juga ash shalah, sebab Al-Fatihah itu sebagai syarat sahnya shalat. Selain itu Al Fatihah disebut juga asy syifa (penyembuh)

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Ad Darimi dari Abu sa’id, sebagai hadist marfu’ : Fatihatul Kitab itu merupakan as syifa (penyembuh) dari setiap racun.

Para ulama sering kali membacakan surat Al Fatihah sebagai doa kepada Allah SWT, lalu ditiupkan ke air putih.

Karena doa orang shaleh doanya akan lebih diijabahi oleh Allah SWT, kita sendiri bisa melakukan hal ini dengan menjadikan dzikir surah Al Fatihah untuk kesembuhan diri kita ketika sakit.

Doa Menjenguk Orang Sakit

Berikut ini doa yang telah Nabi SAW ajarkan kepada kita sebagai umatnya:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

Bacaan

Allahumma robbannas adzhibilba’ sa isyfi antasysyafi la syifauka syifa’ an la yughodiru saqoma.

Artinya ;

“Ya Allah Ya Tuhanku, Tuhan dari segala manusia dimuka bumi, berikanlah kesembuhan kepadanya, angkatlah penyakitnya, dan jadikanlah penyakit yang ia derita sebagai pelebur dosa. Hanya kepadamu lah kami meminta kesembuhan, kesembuhan yang tak ada kambuh lagi.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)


Doa ini bisa dipanjatkan ketika mendapat kabar orang yang sakit, atau juga bisa digunakan ketika kita akan menjenguk orang yang sedang sakit.

Baca Juga  Sel Tumbuhan dan Fungsinya Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasan Tiap Organel Sel

Doa tersebut sangat baik dilafalkan ketika selesai melaksanakan sholat, saat beres berdzikir atau membaca al-quran dan ketika menjelang berbuka puasa.

Doa ini ditujukan bukan hanya untuk saudara-saudari muslim kita yang sakit para saja, akan tetapi segala penyakit yang ringan sekalipun (seperti demam) sebaiknya kita doakan orang tersebut agar lekas sembuh

Semoga kita semua selalu dalam kasih sayang Allah SWT dan diberi kesehatan lahirian dan badaniah, keselamatan dunia dan akhirat nanti. Aamiin Allahumma Aamiin.

Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh ini dibacakan saat suatu ketika kamu menjenguk teman, saudara, kerabat, keluarga atau orang yang sakit. Doa ini dipanjatkan dalam hati sebagai pengharapan agar sakit yang dideritanya agar cepat diangkat dan disembuhkan.

Bacakan doa ini dengan sepenuh hati agar orang yang mengalami sakit bisa segera sembuh dan kembali beraktifitas normal. Sesungguhnya seorang muslim yang menolong saudaranya, maka secara otomatis dia sedang menolong dirinya sendiri.

Berikut ini lafal arab, latin, dan artinya seperti tercantum dalam HR. Bukhari, no. 5742 dan Muslim, no. 2191.

Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh

Latinnya :

Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illaa anta syifaa’an, laa yughaadiru saqoman.

Artinya:

Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.

Ucapan Doa Untuk Orang Sakit

Selain doa di yang telah dijelaskan diatas, kamu juga bisa memberikan ucapan doa untuk orang yang sedang sakit agar mentalnya terdorong dan semakin kuat dalam menghadapi ujian dari Allah SWT.

Dengan memberikan ucapa doa untuk orang sakit ini diharapkan orang yang sedang sakit kembali bersemangat dalam proses penyembuhannya.

Ucapan doa ini dapat disampaikan langsung kepada orang yang sakit baik dalam bahasa arab maupun artinya saja.

Ucapan doa untuk orang sakit

Latinnya :

Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffarollohu bimaa min khotooyaah. As-alulloohal ‘adziima robbal’arsyil ‘adziimi ayyu’aafiyaka wa yusyfiyaka.

Artinya:

Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, penyakit, kekhawatiran, kesedihan, gangguan, dan bahkan duri yang melukainya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosa kerananya. Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, semoga memberi kesejahteraan kepada mu dan menyembuhkanmu.

Doa Orang Sakit Panas

Apabila kamu bertemu dengan orang yang sakit panas, kamu bisa membacakan doa untuk mengobati orang sakit panas agar sakit panas yang diderita dapat sembuh.

Sakit panas ini termasuk ke dalam penyakit ringan namun sangat sering terjadi, maka dari itu kita jangan pernah meremehkan penyakit panas ini.

Doa untuk orang sakit panas memiliki lafal sebagaimana berikut:

Doa untuk mengobati orang sakit panas

Latinnya :

Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil ‘adziimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari.

Artinya :

Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Akan lebih baik jika doa tersebut dibacakan dengan menengadahkan tangan, setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas.

Usapkan tangan yang telah didoakan tadi ke wajah anak atau orang yang sakit panas. Maka In Shaa Allah panas orang yang sakit akan berangsur-angsur turun.

Doa Ketika Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Apabila yang sakit adalah diri kita sendiri, sebaiknya kita juga dianjurkan untuk berdoa memohon kesembuhan kepada Allah SWT.

Doa yang dibacakan sesuai dengan hadist Rasulullah SAW memiliki lafadz bacaan, latin, dan arti sebagaimana berikut:

Doa ketika sakit agar diberi kesembuhan

Latinnya :

A’uudzu bi‘izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya :

Aku berlindung dengan keperkasaan Allah, dan kekuasaann-Nya, dari segala keburukan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

Doa ketika sakit agar diberi kesembuhan ini dibacakan sebanyak 7 kali. Sambil memegangi bagian tubuh yang sakit, dan diawali dengan basmalah 3 kali, bacakan doa tersebut untuk kesembuhan.

Ikhtiar pengobatan yang kamu lakukan agar sembuh dari suatu penyakit akan terasa lengkap jika diiringi dengan doa.

Oleh sebab itu, jangan pernah bosan mengamalkan doa tersebut, dan bila ingin lebih mustajab, lakukanlah sholat hajat 2 rakaat setiap malam (bila mampu) dan panjatkan doa di atas dengan cara yang sama setelahnya.

Doa Untuk Orang Sakit Parah Atau Kritis

Ada kalanya seorang yang sudah tua dan sakit parah nampaknya sudah sedikit harapannya untuk hidup normal. Kehidupannya hanya didukung oleh peralatan kedokteran canggih.

Hal ini membuat orang yang melihatnya seperti kita, merasa tidak tega melihat penderitaannya yang berlarut-larut terlalu lama.

Berbagai cara telah dilakukan, maka terus-teruslah kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar orang yang sakit parah bisa segera diberi kesembuhan bagaimanapun, sudah hakikatnya bahwa Allah lah yang Maha Penyembuh

Jika Anda ada dalam kondisi seperti ini, berusahalah untuk mengikhlaskannya, berdoalah kepada Alloh dengan lafal doa untuk orang sakit parah berikut ini.

Doa untuk orang sakit parah

Latinnya :

Allohumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.

Artinya:

Ya Allah hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.

Lebih baik lagi jika doa di atas dibacakan sembari mengusap kepala orang yang sakit parah dan juga meniupkan 3 kali nafas kamu ke ubun-ubunnya.

Biasanya, berdasarkan pengalaman, orang yang sakit parah bisa segera sembuh bila memang ia masih diberi kesempatan untuk hidup, dan akan segera wafat bila Allah SWT memang sudah berkehendak untuk memanggilnya.

Doa Lekas Sembuh dengan Sholawat Tibbil Qulub

Kita juga dapat mengamalkan sholawat tibbil qulub agar kita selalu di jaga dari kesehatan, sholawat yang memang mengandung ringkasan untuk dijadikan pengobatan untuk kita .

Memang pada dasarnya banyak sekali dari manfaat dari sholawat ini, salah satuny adalah Sholawat Tibbil Qulub sebangai doa untuk menyembuhkan orang sakit.

Baca Juga  Kata Kata Rindu dan Kangen Buat Pacar, Sahabat dan Mantan yang Romantis Dijamin Pasti BAPER!

Sholawat Tibbil Qulub dibaca 10 kali sambil sentuh bagian tubuh yang sakit :

Doa Lekas Sembuh dengan Sholawat Tibbil Qulub

Bacaan :

“Allahumma Shalli ‘alaa Sayyidina Muhammadin Tibbil Qiuluubi Wadawaaiha Wa’aafiyatil Abdaani Wasyifaaihaa Wanuuril Abshaari Wadliyaaihaa Waquwwati Ajsaadi Wal Arwaahi Waghidaa Iha Wa’alaa Aalihi Washahbihi Ajma’in”

Artinya :

“Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad Saw, sebagau obat hati dan penyembuhan, Penyehat badan dann kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya”.

Doa untuk Orang Sakit Lidah

Orang yang suka bicara kurang baik, buruk dan tidak bermanfaat sama sekali adalah orang yang bisa dikatakan sebagai orang yang sakit hati. Tapi demikian, penyakit ini bisa disembuhkan dengan beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW

Dari Hudzaifah ra., dia bercerita, aku pernah mengeluh kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam tentang keburukan lidahku, maka berliau bersabda.

Doa untuk Orang Sakit Lidah

Di mana posisimu dari istigfar (memohon ampunan) Sesungguhnya aku senantiasa beristigfar kepada Allah Azza wa Jalla seratus kai setiap hari”
(HR. Ahmad)

Doa untuk Orang Sakit Mata (Belekan dan Iritasi)

Mata adalah bagian dari anggota tubuh yang cukup sulit untuk di control, jika kita mencoba untuk tidak melihat sesuatu yang kurang bermanfaat, maka bisa saja mata mengalami sakit yang diakibatkan dari tingkah kita.

Berikut ini dalah doa untuk orang sakit mata yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

doa untuk orang sakit

“Ya Allah, berikanlah kenikmatan kepadaku melalui pendengaran dan penglihatanku. Dan limpahkan pula hal tersebut kepada penerusku, perlihatkan kepadaku penuntutan balas terhadap musuh serta tolonglah aku dalam mengalahkan orang yang berbuat zalim kepadaku”

Selain itu, bisa juga dengan malakukan seperti yang dilakukan oleh Abudllah bin Mas’ud ra. Beliau mengatakan kepada istrinya, Zinab yang tengah sakit mata,

“kalau saja engkau melakukan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, tentu akan baik hasilnya dan lebih bisa diharapkan mampu menyembuhkan sakit matamu.”

Celupkanlah tangan dalam air ke pada mata anda, setelah itu bacalah doa berikut ini :

doa untuk orang sakit mata 1

“Ya Allah, Rabb umat manusia, lenyapkanlah penyakit, dan sembuhkanlah, Engkau Maha Penyembuh, tiada kesembuhan kecuali hanya kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tiada meninggalkan satu penyakit pun.”

Doa untuk Orang Sakit Demam atau Sakit Kepada

Demam merupakan penyakit yang kerap kali mudah sekali menyerang, banyak sekali faktor penyebabnya seperti kelelahan, kehujanan dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah doa untuk orang sakit demam.

Doa untuk Orang Sakit Demam

Dengan menyebut nama Allah yang Mahabesar. Kami berlindung kepada Allah yang Mahaagung dari kejahatan pendarahan yang parah dan dari kejahatan panas api.”

Dan dianjurkan juga bagi penderita agar membaca al-Fatihah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas untuk dirinya sendiri, dan meniupkan pada kedua tangannya dan kemudian mengusapkan ke tubuhnya, dengan memanjatkan do’a ketika tertimpa bencana.

Doa Cepat Sembuh Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Didalam sebuah hadist yang di Riwayatkan oleh Abu Dawud, Alhamim, dan Attirmidzi dikatakan bahwa Ibnu Abbas R.A pernah mendengar Rasul Muhammad SAW bersabda bahwanya siapa yang mengunjungi orang sakit sebelum terputus nyawa dari raganya.

Bacakanlah doa ini sebanyak tujuh kali, agar Allah SWT memberikan kesembuhan dari yang diderita. Do’a lekas sembuh tersebut adalah sebagai berikut :

Doa lekas sembuh Rasulullah Ketika Menjenguk Orang Sakit

Bacaan:

Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka

Artinya :

“Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau.”

Anjuran Nabi Muhammad SAW untuk Menjenguk Orang Sakit

doa menjenguk orang sakit
shibir.org

Di dalam ajaran agama Islam sangat dianjurkan untuk memperhatikan hak-hak orang sakit, menziarahinya, mendoakan kesembuhan serta memohonkan kesehatan untuknya.

Islam juga telah menerangkan bahwa beberapa doa yang baik untuk dilafalkan saat menjenguk orang sakit salah satunya adalah doa yang telah dijelaskan sebelumnya.

Semua bentuk rasa peduli dan perhatian terhadap sesame manusia, dengan doa ini keberadaan orang-orang beriman adalah ibarat tubuh yang satu.

Apa saja hal bisa membahagiakan orang mukmin maka secara otomatis akan membahagiakan orang mukmin lainnya.

Pun begitu sebaliknya, apa saja yang menyakiti ummat muslim maka akan menyakiti ummat muslim seluruhnya.
Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَثَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ فِيْ تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَ تَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ، إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُدْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهْرِ وَالْحُمَّى،

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah ibarat tubuh yang satu. Apabila salah satu anggota tubuh merasakan sakit maka seluruh anggota badan ikut merasakan panas dan demam.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat Muslim, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمُسْلِمُوْنَ كَرَجُلٍ وَاحِدٍ، إِنِ اشْتَكَى عَيْنُهُ اشْتَكَى كُلُّهُ، وَ إِنِ اشْتَكَى رَأْسُهُ اشْتَكَى كُلُّهُ،

“Orang-orang Islam ibarat satu orang laki-laki. Apabila sebelah matanya merasakan sakit maka seluruh tubuhnya ikut merasakan sakit. Apabila kepalanya merasakan sakit maka seluruh tubuhnya ikut merasakan sakit.” (H.R. Muslim)

Karena itu sangat dianjurkan menjenguk orang sakit untuk membantu meringankan bebannya. Hal ini merupakan hak mereka.

Di dalam Shahih Muslim dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

حَقُّ اْلمُسْلِمِ عَلَى اْلمُسْلِمِ سِتٌّ، إِذَا لَقَيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، إِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَ إِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطِسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ، وَ إِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ،

“Hak seorang muslim atas muslim lainnya ada enam. Apabila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya. Apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya. Apabila dia meminta nasehat darimu maka berilah nasehat kepadanya. Apabila dia bersin lalu memuji Allah maka bertsymitlah (ucapkan Yarhamukallah), apabila dia sakit maka jenguklah dia, dan apabila dia meninggal dunia maka ikutlah mengantarkan jenazahnya.” (H.R. Muslim)

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

doa untuk orang sakit kritis
kesumaislamkedokteran.com

Telah datang dalam banyak nash mengenai keutamaan menjenguk orang sakit dan besarnya pahala yang Allah berikan kepada sesama muslim yang menjenguk muslim lainnya ketika sedang sakit.

Imam Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, dari Tsauban maula Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَائِدُ الْمَرِيْضِ فِيْ مَخْرَفَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَرْجِعَ،

Baca Juga  Arti Barakallah Fii Umrik dan Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia Lengkap

“Orang yang menjenguk orang sakit berada dalam taman buah di surga sampai dia pulang.”

Dijelaskan pula pada riwayat lain,

مَنْ عَادَ مَرِيْضًا لَمْ يَزَلْ فِيْ خُرْفَةِ الْجَنَّةِ، قِيْلَ يَا رَسُوْلَ اللهِ! وَمَا خُرْفَةُ الْجَنَّةِ؟ قَالَ جَنَاهَا،

“Barangsiapa menjenguk orang sakit, maka dia terus menerus berada dalam Khurfatul Jannah, di tanyakan, “Wahai Rasulullah, Apa itu Khurfatul Jannah?” Beliau bersabda, “Buah surga yang siap dipetik.”

Sudah sangat jelaskan, sungguh mulia dan bagitu besar pahala bagi muslim yang saling tolong me. Namun perlu kita landasi sejak awal didalam hati dan juga niat yang tulus semata-mata karena Allah SWT dan RasulNya.

Agar doa kita diijabah oleh Allah, juga saudara kita yang sakit segera mendapatkan kesembuhan dari Allah. Semoga kita semua selalu dalam rahmat dan linganNya.

Adab Menjenguk Orang Sakit Menurut Islam

adab menjenguk orang sakit
webislami.com

Di dalam agama islam, ketika menjenguk orang sakit, sudah ada juga tuntunan dan juga adab yang berhubungan dengan menjenguk orang yang sedang sakit.

Syariat doa untuk orang sakit ini juga sebaiknya dibarengi dengan tuntunan serta anjuran yang telah ditetapkan dalam Islam saat antum menjenguk saudara dan saudari kita yang sedang sakit.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa adab menjenguk orang sakit yang telah ditetapkan dalam Islam dan salah satunya adalah mengatur sikap dan juga hal-hal lain yang terlihat kecil dan sederhana.

Apabila dilaksanakan dan diikuti dengan baik, akan baik pula hasil yang diperoleh. Berikut ini beberapa adab ketika menjenguk orang sakit berdasarkan syariat Islam.

Bersikap baik dan menyenangkan orang yang sedang sakit

Doa untuk orang sakit sesuai sunnah
tabungwakaf.com

Tidak hanya memohonkan doa menjenguk orang sakit yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, menjenguk orang sakit juga harus membawa kebaikan dan membuat senang orang yang kita jenguk.

Ada baiknya jika kita berniat menjenguk atau melihat keadaan saudara saudari yang sedang sakit, berilah ia kesenangan agar bisa tersenyum dan tenang hatinya.

Lihatlah kondisinya dan kita harus tahu bagaimana bersikap, jika ingin menghibur, hiburlah agar hatinya senang dan tidak untuk berlebihan. Hal sederhana yang bisa kamu lakukan ialah bisa membawakannya sesuatu, yang bisa mendukung sisi psikologisnya.

Orang yang sedang merasakan sakit tentunya sangat tidak enak keadaan tubuhnya. Maka tugas kita sebagai orang yang menjenguknya adalah dengan menyenangkannya hatinya agar sejenak terlupakan rasa sakit yang sedang dialaminya.

Misalnya dengan membawakan makanan yang ia sukai atau menceritakan kabar gembira. Insya Allah niatan baik akan selalu diterima oleh Allah dan menjadi amalan yang baik karena kita telah membuat gembira hati saudara/i muslim lainnya.

Menjenguk yang Bukan Mahram

doa orang sakit
warungsatekamu.com

Selain kedua syariat Islam yang berkaitan dengan adab menjenguk orang sakit, adapula aturan yang mengatur mengenai seorang wanita atau laki-laki Muslim yang hendak menjenguk lawan jenisnya yang bukan merupakan mahram.

Hal ini jelas diperbolehkan dalam Islam, tidak ada larangan mengenai seseorang yang bertujuan baik untuk menjenguk seseorang yang bukan mahramnya.

Namun tentunya dengan beberapa syarat seperti menjaga dan menutup aurat serta tidak berkumpul dengan lawan jenisnya.

Hal ini berlaku untuk laki-laki yang hendak menjenguk wanita yang bukan mahramnya dan juga untuk wanita yang hendak menjenguk laki-laki yang bukan merupakan mahram baginya.

Demikian penjelasan mengenai adab dalam Islam mengenai menjenguk orang sakit sesuai sunnah serta arti doa untuk orang sakit yang bisa untuk kita diucapkan.

Semoga dengan menjenguk orang lain yang sedang sakit kita jadi lebih bisa menjaga silaturahim serta memiliki rasa perduli yang besar terhadap saudara saudari atau bahkan teman-teman dekat sesama umat Muslim yang sedang sakit.

Datanglah menjenguk dengan niatan baik dan senangkanlah ia dan berilah apa yang ia butuhkan seperti mengambilkan makan dan minum baginya yang sedang beristirahat dan terbatas gerakannya.

Dan ingatlah pula bawasannya hakikat sakit dan hakikat kesembuhan itu dari Allah Swt. Berdoalah kepada Allah, dan perbanyak untuk kita semua mengingat Allah.

Menjenguk Seseorang yang Sakit Adalah Anjuran Rasulullah SAW

menjenguk orang sakit
muslimvillage.com

Menjenguk saudara/i kita yang sedang mengalami sakit merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini telah tertulis di dalam penjelasan dari beberapa hadist shahih yang memiliki arti dengan makna sebagai berikut:

“Siapa yang senang menjenguk seseorang yang sedang sakit, maka sesungguhnya ia senantiasa berada di kebun jannah hingga ia kembali atau pulang kerumahnya”.

Selain itu, menjenguk saudara/i sesama Muslim hingga teman dekat kita pun sama artinya seperti menjaga tali silaturahim dan menyenangkan hati orang lain.

Dengan menjenguk mereka yang sedang sakit dan mengajak mereka mengobrol dan bersenda gurau, Insya Allah kita bisa sedikit membantu mereka untuk melupakan sakit yang sedang dialami.

Adapun dalam Islam telah ada syariatnya berhubungan dengan menjenguk orang sakit yang berada dalam keadaan pingsan atau tidak sadarkan dirimu.

Beberapa orang merasa sungkan atau tidak mau menjenguk seseorang yang sakit dan dalam keadaan tidak sadar atau pingsan secara berulang. Hal ini karena alasan bahwa mereka tidak bisa bertemu langsung dan mengobrol dengan orang yang sakit.

Beberapa ada yang berpendapat bahwa menjenguk orang yang sakit itu percuma nilainya karena orang yang kita jenguk tidak mengetahui kehadiran kita.

Namun meskipun demikian, kita harus ingat bahwa tak ada kebaikan dengan niatan tulus yang akan berarti percuma disisi Allah Ta’ala.

Maka bagi antum yang sedang memiliki saudara yang tengah sakit dan tidak sadarkan diri atau pingsan maka tetaplah menjenguk dan pintakan doa untuknya, untuk kebaikan dan kesembuhannya.

Video Doa Menjenguk Orang Sakit

Dibawah ini adalah video doa menjenguk orang sakit, dijelaskan pula bagaimana Rasulullah SAW mengajarkan kepada ummatnya adab-adab menjenguk orang sakit. Selain itu jika kita mengikuti apa yang telah di contohkan oleh Nabi, maka kita telah mengikuti sunnah-nya.

***
Nah, itulah penjelasan mengengai doa untuk orang sakit, doa orang sakit, doa mendoakan orang sakit dari jauh, ucapan untuk orang sakit, ucapan doa untuk orang sakit, doa untuk orang sakit parah. Semoga dengan adanya doa ini akan membuat kita lebih bisa berikhtiar dan diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment