Menakjubkan! Inilah 13+ Jenis Ikan Hias Air Laut Tercantik yang Belum Pernah Anda Lihat

Ikan hias air laut –  adalah salah salah ikan hias yang sangat populer. Keindahannya mulai dari bentuk hingga corak warnanya membuat ikan ini banyak digemari oleh banyak orang. Bayangkan saja, luasnya lautan di bumi ini, ada berapa macam ikan hias air laut yang dapat ditemukan.

Tapi, memelihara ikan hias air laut ini lebih rumit daripada memelihara ikan hias air tawar. Para pemiliknya dituntut ketelatenan, kesabaran serta harus paham betul mengenai karakter dari ikan hias itu sendiri seperti apa.

Dari segi biaya pun ikan hias air laut ini lebih membutuhkan dana yang cukup besar, mulai dari ukuran tanki yang harus besar serta air laut untuk mengisi aquarium. Air laut menjadi salah satu syarat utama memiliki ikan hias air laut ini.

Jika diisi dengan air tawar biasa maka kemungkinan besar ikan tidak dapat beradaptasi atau bahkan mati karena tidak cocoknya lingkungan sekitar.

Oleh karena itu maudisini akan mengupas ikan hias air laut yang sangat cantic dan bahkan kalian sendiri belum pernah melihat sebelumnya

Ikan Hias Air Laut

Ikan hias air laut adalah salah satu ikan hias yang belakangan ini sangat digandrungi oleh banyak orang. Banyak sekali jenis ikan hias air laut ini mulai dari yang tingkat pemeliharannya paling mudah hingga yang sangat sulit untuk dipelihara.

Meskipun bisa dikatakan bahwa memelihara ikan hias air laut ini lebih menarik jika dibandingkan dengan memelihara ikan hias air tawar, tapi memelihara ikan hias air laut juga lebih sulit daripada memelihara ikan hias air tawar.

Jika kalian berminat untuk memelihara ikan hias air laut, maka belajarlah dengan baik-baik karena perawatan ikan hias air laut ini membutuhkan tenaga ekstra, karena pada dasarkan ikan hias air laut ini tidak bisa menyesuaikan dengan cepat pada fluktuasi pergantian air.

Bagi kalian yang ini memelihara ikan hias air laut, jangan khawatir meskipun tergolong cukup sulit, tapi terdapat pula beberapa ikan hias air laut yang sangat cocok dipelihara untuk para pemula. Ikan untuk pemula ini tergolong mudah karena ikan jenis ini rukun dan dan bisa digabungkan dengan ikan jenis lain dalam satu aquarium.

Ikan Badut Clownfish

ikan hias air laut
theweek.in

Anak-anak pasti tidak asing dengan jenis ikan yang satu ini. Biasanya mereka menyebutnya dengan nama “Nemo” yang menjadi karakter utama dalam film animasi Finding Nemo. Karakter tersebut ternyata salah satu jenis ikan hias air laut yang sangat cantik.

Ikan ini dinamai dengan nama ikan badut masih menjadi sebuah misteri. Tapi kebanyakan orang beranggapan bahwa dinamai ikan badut karena warna dan corak dari ikan ini mirip seperti pakaian badut.

Baca Juga  Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Amalan Serta Dzikir Menjelang Tidur

Ikan ini sangat senang bersembunyi dibalik terumbu karang atau anemon laut. Jadi jika kalian ingin memelihara ikan ini maka pastikan dalam aquarium terdapat anemon dan terumbu karang, agar ikan badut mudah dalam beradaptasi.

Sebuah survey menunjukan bahwa 43% ikan hias yang dijual adalah ikan badut dan 25% ikan ini dibesarkan dalam penangkaran. Ada keunikan pada ikan badut ini, jenis kelamin mereka dapat berubah satu sama lain antara jantan dan betina.

Mereka akan hidup berkoloni dalam menjaga telur-telurnya, dan ketika ikan badut ini berada di alam liar, maka telurnya akan disimpan pada anemon laut.

Ikan Lion Fish

ikan hias air laut
groupersandwich.com

Lion fish adalah salah satu ikan hias air laut yang termasuk ke dalam keluarga Scorpaenidae, ikan ini memiliki nama ilmiah ilmiah Pterois. Terdapat ornamen pada tubuhnya beru duri, duri ini menjadi daya tarik tersensiri bagi ikan serta menampilkan kesan gagah pada lion fish ini.

Untuk pakan lion fish ini sangat berbeda dengan ikan hias air laut lainnya. Maka dari itu perlu diperhatikan lagi dengan seksama, mana saja ikan yang dapat dicampur dengan ikan ini dalam satu aquarium.

Ikan Dottyback

ikan hias air laut
static.wixstatic.com

Ikan Dottyback adalah ikan hias yang hidup di daerah tropis dan sub tropis Indo Pasifik yang mempunyai banyak terumbu karang yang begitu masyhur dan melimpah, ikan ini memang banyak bersembunyi pada terumbu karang sebagai rumahnya.

Ikan ini memiliki nama latin Pseudochromidae. Ikan Dottyback ini memang banyak terdapat di wilayah perairan Indonesia, maka cukup mudah untuk mendapatkan ikan ini. Ikan hias ini menjadi salah satu referensi jika ingin memelihara ikan hias air laut di rumah.

Baca Juga: 69+ Macam Ikan Hias Mulai Dari Air Tawar, Air Laut dan Ikan Hias Termahal

Ikan Kakaktua

ikan hias air laut
satujam.com

Menurut penelitian menunjukan bahwa ikan yang memiliki sebutan “Kakaktua”. Penyebab ikan ini dinakana dengan nama ikan kakatua adalah paruhnya yang berbentuk seperti kait. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang mempunyai nafsu makan yang sangat besar.

Sehingga perlu pakan banyak untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari, jika kalian tiap mampu mampu untuk membelinya maka sebaiknya jangan memelihara ikan ini. Ikan kakatua memiliki peranan penting dalam proses kelangsungan hidup terumbu karang.

Pasalnya ikan ini memakan rumput yang dapat merusak terumbu karang. Para pecinta biota laut menyarankan agar ikan ini menjadi hewan yang dilindungi untuk menjaga terumbu karang sehingga keseimbangan laut tetap terjaga.

Ikan Banggai

ikan hias air laut
aqueros.blogspot.co.id

Nama ikan hias air laut ini berasal dari salah satu nama pulau di Indonesia yakni Pulau Banggai. Ikan Banggai sendiri cukup populer di kalangan pecinta ikan hias dan sekarang ini ikan banggai sudah mulai banyak di kembangbiakan melalui penangkaran.

Akibat penangkapan yang terus-menerus, ikan ini hampir terancam punah di alam liar. Maka dari itu penangkaran menjadi solusi untuk menyelamatkan ikan ini. Ada hal yang menarik pada saat proses berkembang biak ikan banggai ini.

Biasanya ikan lain itu yang bertelur adalah ikan betina dan yang menjaga telurnya adalah ikan jantan, namun pada ikan banggai sendiri baik itu jantan atau betina akan silih bergantian untuk terus menjaga telurnya hingga menetas. Kompak sekali ikan banggai ini.

Baca Juga  16 Arah Mata Angin Lengkap dan Tutorial Cara Menentukan Arahnya yang Tepat

Ikan Mandarin

ikan hias air laut
versesofuniverse.blogspot.co.id

Banyak orang yang menyebut ikan ini dengan nama Naga China. Corak warnanya yang sangat unik menjadi salah satu keindahan dari ikan Mandarin ini. Ikan Mandarin berasal dari Samudra Pasifik di sebelah utara Australia.

Ikan ini juga disebut sebagai salah satu ikan terindah karena corak warna tadi yang sangat beragam dan warna-warni serta cerah. Jika kalian ingin memelihara ikan ini sebaiknya harus berpikir berkali-kali karena cukup sulit dipelihara dalam aquarium.

Ikan ini memakan pakan yang masih hidup. Salah satu kelebihan lain dari ikan ini adalah daya tubuh yang sangat kuat, sehingga ikan ini tidak mudah terserang penyakit.

Ikan Moorish Idol

ikan hias air laut
barusip.blogspot.co.id

Ikan ini adalah ikan yang sudah hidup sejak zaman purba dan masih keluarga satu-satunya di ikan Zanclidae. Moorish Idol juga salah satu ikan yang memiliki ke-khas-an dan keindahan yang sangat menawan. Sayangnya ikan ini tidak cocok untuk dipelihara di dalam aquarium karena usia dari ikan Moorish Idol terbilang pendek.

Salah satu suku di Afrika yang bernama Suku Moor menganggap bahwa ikan ini adalah jimat pembawa keberuntungan. Ini juga yang menjadi pemberian nama dari Ikan ini yang berasal dari nama Suku Moor.

Ikan Angelfish

ikan hias air laut
baidu.com

Ikan Angelfish banyak terdapat di wilayah Samudra Hindia, Australia, Mikronesia, Laut Utara Jepang dan Indonesia. Ikan ini banyak terdapat di dalam laguna dan gua-gua. Hal yang unik dari ikan ini adalah wajahnya yang lebih cerah dari bagian tubuh lainnya.

Nama ilmiah dari ikan ini adalah Pomacanthidae, serta memiliki ciri-ciri berupa bentuknya yang pipih serta lebar. Banyak sekali pola untuk ikan angelfish ini, namun pola yang menjadi ciri khas adalah garis-garis yang ada pada sisi tubuhnya.

Ikan Botana Blue Tang

ikan hias air laut
bunakenreefstore.wordpress.com

Ikan Botana Blue Tang memiliki nama ilmiah Paracanthurus hepatus. Bagi sebagian orang Indonesia ikan ini lebih populer dengan nama ikan botana. Banyak sekali jenis dari ikan ini seperti ikan botana kasur, botana kacamata, dan botana biru.

Anak-anak pasti tidak asing dengan ikan botana ini, karena ikan botana ini sempat menjadi artis layar lebar dalam film Finding Dory. Ikan botana ini juga disebut dengan juga sebagai surgeonfish yang memiliki warna yang cukup cerah.

Ikan botana banyak sekali ditemukan di terumbu karang di wilayah Samudra Pasifik Timur. Bisa dikatakan juga ikan ini termasuk kedalam ikan yang memiliki populasi yang sangat besar. Namun sayangnya ikan ini sangat mudah terinfeksi sehingga sangat rapuh.

Ikan Blue Devil

ikan hias air laut
akuariumhias.blogspot.co.id

Nama ilmiah dari ikan Blue Devil adalah Paraplesiops bleekeri. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ikan ini memiliki arti Setan Biru, namun tenang dulu nama ikan tersebut tidak seseram bentuk aslinya.

Ikan ini memiliki tubuh yang cukup estetis dan tidak terlalu besar sehingga tidak perlu menggunakan aquarium yang besar jika ingin memelihara ikan ini. Kebanyakan ikan in berbentuk ramping dan kecil dengan warna tubuhnya biru dan terdapat bintik putih.

Baca Juga  Kegiatan yang Menyenangkan Saat Sendirian Dirumah

Karena ikan ini memiliki habitat asli berada di dalam karang-karang, maka tambahkan pula ornamen batu karang dalam aquarium agar ikan hias air laut ini lebih mudah dalam beradaptasi.

Ikan Watchman Gobies

ikan hias air laut
trisuwarno.wordpress.com

Ikan Watchman Gobies memiliki nama ilmiah Cryptocentrus. Banyak sekali pola yang terdapat dalam Ikan Watchman Gobies, namun yang sangat populer adalah pola bluespotted dan pink spotted watchman gobbies.

Bagi para pemula yang ingin mememlihara ikan hias air tawar, maka Ikan Watchman Gobies adalah salah satu pilihan terbaik. Ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta kemampuan berenang yang handal. Untuk pakannya sendiri Ikan Watchman Gobies bisa diberi udah kecil.

Ikan Butterfly Fish

ikan hias air laut
pianetacquari.it

Ikan Butterfly banyak terdapat di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, nama latin dari ikan ini adalah Chaetodontidae. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang cocok dipelihara bagi para pemula sama halnya seperti ikan Dottyback dan Watchman Gobies.

Asal muasal ikan ini dinamakan sebagai Butterfly (kupu-kupu) karena bentuk serta motif warnanya yang hampir menyerupai sayap kupu-kupu. Jika ingin memelihara ikan ini maka tempatkanlah pada aquarium yang cukup besar agar ini dapat berenang kesana kemari sehingga terlihat keindahannya.

Ikan Neon Tetra

ikan hias air laut
infopeternakan.com

Ikan Neon Tetra banyak terdapat di wilayah Kolombia dan Peru serta memiliki nama latin Paracheirodon. Salah satu yang menjadi ciri khas dari ikan neon tetra ini adalah warna keemasan bergaris tidak tebal serta warna biru yang menyerupai lampu neon mulai dari bagian belakang hingga ke sisi dekat mata.

Ikan neon tetra adalah ikan yang pemakan segala alias omnivore, jadi pakan yang cocok untuk ikan ini adalah udang air garam, kutu air, cacing beku, tubifex atau pelet juga cocok untuk jadi pakan ikan neon tetra.

Ikan Flame Angel

ikan hias air laut
zulfamaragis.wordpress.com

Ikan flame angel bisa dikatakan sangat unik dan menarik. Warnanya yang sangat cerah seolah-olah aquarium seperti menyala. Hidupnya pun tergolong lama, alias panjang umur. Warna yang dominan dari ikan ini adalah oranye dan hitam. Tampilan kedua warna ini sangat memikat sehingga orang yang melihatnya pasti tergoda.

Ikan hias air laut ini dinamakan Flame angel karena memiliki sisik yang berwarna merah menyala seperti api. Warna yang didominasi oleh oranye serta warna garis hitam vertikal semakin memperkuat kesan api pada ikan ini.

Pada bagian punggungnya dan bagian bawahnya pula terdapat warna biru yang semakin mempercantik warna ikan ini. Agar aquarium lebih cantik maka tambahkan beberapa tanaman bawah laut serta terumbu karang agar ikan ini seperti hidup di habitat aslinya.

***

Itulah jenis-jenis ikan hias air laut tercantik dan bisa kalian coba untuk memeliharanya di rumah. jangan lupa untuk terus merawat ikan hias air laut ini, karena bagaimanapun juga saat ini membeli ikan ini berarti kita juga bertanggung jawab dalam memeliharanya.

Tetap lestarikan biota laut ini. Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment