Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi [Lengkap dan Mudah]

Masih maudisini kan? Artikel kali ini akan membahas mengenai seputar sepatu yang sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Masalah tersebut adalah bau pada sepatu serta akan dibahas pula cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi dan bahan lainnya.

Bagi sebagian orang sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dipakai saat bepergian keluar rumah. sehingga sepatu sudah menjadi bagian penting jika akan bepergian.

Namun kebanyakan orang lupa dalam hal merawat sepatu agar tetap bersih dan wangi.

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
pixabay.com

Karena terlalu sibuk, kita bahkan hampir lupa untuk membersihkan sepatu, kalaupun dibersihkan itu hanya bagian luarnya saja, tidak sampai bagian dalam. Padahal bau yang sangat menyengat itu berasal dari bagian dalam sepatu.

Bau tidak sedap pada sepatu memang terdengar biasa saja, tapi jangan pernah menganggap remeh. Dari bau tidak sedap ini bisa menimbulkan berbagai bau tidak sedap pada kaki dan kaos kaki.

Kasus yang paling parah adalah kaki kita menjadi kotor dan kurang sehat karena tidak pernah membersihkan sepatu.

Jangan sampai kita sulit bergaul dan dijauhi oleh teman-teman gara-gara sepatu kita bau. Yuk simak terus terus artikel ini hingga selesai, dijamin sepatu kamu tidak akan bau lagi.

Penyebab Bau Sepatu

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
modeline.hr

Bau pada sepatu bisa menjadi masalah yang sangat serius jika tidak segera ditangani dengan baik. Sebaiknya kita mulai mencegah agar kaki kita tidak bau.

Hal mendasar yang menjadi penyebab bau sepatu berasal dari kaki yang kotor. Pada kaki terdapat sekitar 250.000 kelenjar keringat yang bisa memproduksi 570 ml keringat setiap harinya. Apabila bakteri dan keringat ini bercampur, maka akan menghasilkan bau yang sangat tidak sedap.

Baca Juga  Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Fakta lain menyebutkan bahwa keringat pada kaki lebih banyak dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Maka mulailah membersihkan kaki agar sepatu tidak menjadi bau.

Bau pada kaki tersebut akan menyerap pada sepatu, sehingga sepatu pun akan menjadi bau. Adapula hal yang menjadi penyebab lain, yaitu sepatu yang tidak pernah dibersihkan.

Membersihkan sepatu sama pentingnya dengan membersihkan pakaian, jadi mulailah untuk rutin membersihkan sepatu. Seperti ini saja logikanya, jika pakaian tidak dicuci, maka akan timbul bau tidak sedap, pun begitu dengan sepatu.

Usahakan sepatu yang kita pakai dalam keadaan 100% kering, karena sepatu yang masih basah akan menyebabkan kelembaban yang lebih cepat dan lebih menyengat.

Sekarang sudah paham kan apa saja yang menjadi penyebab sepatu menimbulkan bau tidak sedap.

Yuk lanjut cara menghilangkan sepatu dengan kopi dan bahan-bahan lainnya. Simak terus ya sampai selesai.

Mencegah Agar Sepatu Tidak Bau

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
pixabay.com

Jika kita memiliki sepatu baru atau sepatu yang belum menimbulkan bau tidak sedap, ada baiknya kita mulai melakukan pencegahan agar dilain hari sepatu yang digunakan tidak bau.

Bukankah lebih baik mencegah lebih baik daripada mengobati?

Cara-cara dibawah ini lebih baik anda lakukan dengan rutin, agar hasil yang didapatkan pun lebih optimal lagi. Berikut cara mencegah agar sepatu tidak bau;

Simpan Kaos Kaki dan Sepatu Pada Tempat Terpisah

Kebanyakan dari kita setelah menggunakan kaos kaki, maka kaos kaki itu akan diletakan di dalam sepatu. Justru hal ini menjadi awal mula bau tidak sedap dari dalam sepatu.

Itu karena kaos kaki merupakan media yang langsung bersentuhan dengan kulit kaki. Maka kaos kaki ini akan menjadi media yang pertama kali terkena keringat dari kaki.

Selain itu, kaos kaki juga menjadi media pertama yang menjadi sarang bagi kuman dan bateri untuk terus berkembang. Maka sebaiknya mulai saat ini, mulailah memisahkan kaos kaki dan sepatu jika telah memakainya.

Sebaiknya kita rutin mengganti sepatu sebanyak 3 hari sekali.

Simpan di Tempat yang Kering

Tempat penyimpanan pun sangat penting untuk menjaga supaya sepatu tidak cepat bau dan rusak. Tempat yang baik adalah tempat yang kering dan tidak lembab.

Baca Juga  5+ Senjata Buatan Indonesia ini Ditakuti oleh Negara Adidaya

Pada tempat lembah ini kuman dan bakteri akan lebih mudah untuk berkembang. Hal yang paling fatal adalah sepatu akan berjamur jika terlalu lama disimpan di tempat yang lembab ini.

Usahakan tempat menyimpan sepatu ini banyak terkena angin, bau pada sepatu bisa segera hilang.

Jangan Menggunakan Sepatu yang Masih Basah

Sepatu yang masih basah akan lebih cepat rusak dan mudah bau jika sering digunakan. Terkadang kita selalu memakai sepatu yang agak sedikit basah. Apalagi saat musim penghujan tiba.

Usahakan mengeringkan sepatu sebelum memakainya. Sepatu yang masih basah akan lebih mudah lembab jika kita memakainya.

Cuci Sepatu dengan Rutin

Mencuci sepatu sangat penting, tapi kita selalu lupa untuk mencucinya. Usahakan mencuci sepatu satu minggu sekali. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan prosedur dari bahan sepatu.

Dengan mencuci sepatu, maka sepatu akan terhindar dari bau tidak sedap. Selain itu sepatu akan terlihat seperti baru dan lebih nyaman saat dipakai.

Memiliki Sepatu Cadangan

Sangat penting memiliki sepatu cadangan. Banyak sekali keuntungannya. Kita bisa mengganti sepatu setiap hari atau setiap minggu, karena sepatu yang sering dipakai akan lebih cepat mengeluarkan bau tidak sedap.

Jika salah satu sepatu basah, maka sepatu cadangan bisa kita gunakan untuk penggantinya. Serta akan terlihat tidak monoton dalam hal fashion karena sepatu yang dipakai tidak itu-itu saja.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi dan Bahan-bahan Lainnya

Jika cara pencegahan diatas masih belum maksimal, maka masih banyak lagi cara untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Salah satunya adalah dengan bahan-bahan alami atau bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Jadi mulai sekarang tidak ada alasan lagi pada sepatu bau.

Cara menghilangkan sepatu dengan kopi dan bahan-bahan alami ini akan ampuh untuk menghilangkan bau pada sepatu. Praktikan pada sepatu kalian cara-cara dibawah ini setelah selesai membaca artikelnya;

Menggunakan Bubuk Kopi

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
pixabay.com

Kopi sangat bermanfaat untuk menetralkan berbagai bau. Jangan heran jika kita sering menemukan kopi di toko parfum. Kopi tersebut berguna untuk menetralkan bau yang kita cium dari aroma parfum.

Lantas bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu dengan kopi?

Cara menghilangkan bau pada sepatu dengan kopi

  • Pastikan sepatu dalam keadaan kering dan bersih.
  • Masukan bubuk kopi dengan tisu agar tidak berceceran.
  • Masukan bubuk kopi yang sudah dibungkus oleh tisu ke dalam sepatu.
  • Diamkan selama satu malam untuk menetralisir bau pada sepatu.
Baca Juga  13+ Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Menggunakan Bedak Bayi

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
mylola.com

Bedak bayi sangat banyak sekali manfaatnya, selain dapat digunakan pada bayi. Bedak ini tidak hanya dapat mengusir serangga karena aromanya yang menyengat.

Bedak juga dapat digunakan untuk sepatu yang bau karena dapat menyerap kelembaban dalam sepatu sehingga dapat mengurangi bau tidak sedapnya.

Cara menghilangkan bau pada sepatu dengan bedak bayi

  • Pastikan sepatu dalam keadaan kering dan dan bersih.
  • Taburkan bedak bayi pada sepatu hingga merata, diamkan selama 20 menit.
  • Bersihkan sepatu dari bedak bayi, maka bau pada sepatu akan mulai berkurang.

Membungkus dengan Koran Bekas

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
bug.org.ua

Jika dirumah terdapat banyak koran bekas, maka kita dapat menggunakannya untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Koran bekas ini akan menjadi media penyerap bau tidak sedap pada sepatu kalian.

Cara menghilangkan bau pada sepatu dengan koran bekas

  • Pastikan sepatu dalam keadaan kering dan bersih.
  • Siapkan koran secukupnya (1-2 lembar) untuk membungkus sepatu.
  • Bentuk bulatan-bulatan dengan koran tadi, lalu masukan ke dalam sepatu hingga memenuhi seluruh ruang pada bagian dalam sepatu.
  • Bungkus bagian luar sepatu dengan koran.
  • Simpan sepatu yang telah dibungkus tadi di tempat yang dingin selama 1 malam atau sampai bau pada sepatu berkurang.

Menggunakan Baking Soda

cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi
static.webteb.net

Baking soda dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue, tapi selain itu baking soda dapat digunakan untuk menetralisis bau tidak sedap pada sepatu.

Baking soda memiliki manfaat untuk menghilangkan bau pada sepatu, sama halnya dengan kopi.

Cara menghilangkan bau pada sepatu dengan baking soda

  • Pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering
  • Taburkan baking soda secukupnya pada sepatu.
  • Diamkan selama satu malam
  • Bersihkan sepatu dari baking soda denga cara menyikatnya

***

Setelah membaca artikel ini yuk langsung membersihkan sepatu kita agar terhindar dari bau. Mulailah merawat sepatu sebaik mungkin agar sepatu lebih awet dan tahan lama.

Akan sangat disayangkan jika kita memiliki sepatu yang bagus tapi mengelurakan bau yang tidak sedap.

Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Kopi [Lengkap dan Mudah]

    • yaa cara diatas emang menjadi solusi untuk sepatu yang bau, jadi bisa menghemat biaya daripada harus ke laundry

Leave a Comment