10+ Kebiasaan Orang Sukses Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Ada pepatah yang bilang “Lakukan lah hal-hal luar biasa untuk menjadi orang yang sukses, jangan lakukan hal yang biasa saja”, yap memang benar sekali kutipan pepatah diatas untuk meningkatkan produktivitas kerja kita.

Tapi yang menjadi masalah adalah, apakah kita mau dan mampu melakukan hal-hal yang luar biasa itu, tentu saja jika tekad kita kuat dari dalam diri kita pasti akan dilakukan untuk bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan untuk menjadi orang yang sukses.

Meningkatkan Produktivitas Kerja
images.unsplash.com

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, Apakah kita bersedia mencapai kesuksesan? Ya, semua orang pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, karena kesuksesan itu bukanlah sesuatu hal yang terjadi secara kebetulan dan datang secara tiba-tiba.

Untuk mencapai kesuksesan itu sendiri diperlukan suatu proses yang terbilang tidak mudah dan harus konsisten dijalankan.

Tapi tidak ada salahnya jika kita meniru kebiasaan-kebiasaan orang yang telah berhasil untuk mempelajari kebiasaan yang mereka lakukan Berikut ini adalah 10 Kebiasaan Orang Sukses Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja;

Keluar dari Zona Nyaman

Meningkatkan Produktivitas Kerja
quotefancy.com

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa itu zona nyaman. Zona nyaman dapat diartikan sebagai keadan dimana kita tidak melakukan ada dan secara psikologis kita merasa tidak tertantang sehingga kita terlalu betah terhadap apa yang kita lakukan sekarang.

Jelas hal ini sangat berbahaya, jika kita terlalu betah dalam zona nyaman ini, diri kita tidak akan pernah ter-upgrade karena tidak pernah menerima tantangan dari luar.

Untuk terus meningkatkan skill kita, sebaiknya kita mencoba hal-hal baru untuk lebih memperluas wawasan kita.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang, terlalu tidak mau keluar dari zona nyaman karena belum siap atau bahkan tidak siap dalam menerima risiko yang akan muncul.

Percayalah, keluar dari zona nyaman itu tidak akan merugikan, justru kita akan terus tertantang akan berbagai hal, diri kita akan terbiasa untuk hal-hal baru

Pelajari Dulu sebelum Melakukan Suatu Hal

Meningkatkan Produktivitas Kerja
images.unsplash.com

Banyak orang yang sering terburu-buru untuk melakukan hal tanpa mempelajari terlebih dahulu, padahal nilai terbesar dalam suatu proses pembelajaran kita akan mengerti dan lebih paham terkait ilmu.

Orang-orang sukses itu terus belajar hal-hal baru dan hal-hal yang telah mereka ketahui pun terus dipelajari lebih dalam lagi untuk memperluas ilmu mereka

Mindset untuk terus belajar sangat dibutuhkan oleh setiap orang agar bisa menggapai kesuksesan, karena kita tidak boleh berhenti dalam mencari ilmu pengetahuan baru.

Coba bayangkan saja oleh kita pada beberapa masa lampau, jika saja Thomas Alfa Edison berhenti belajar dan menyerah dalam menemukan bola lampu, pasti saat ini penerangan di bumi masih menggunakan teknik yang masih primitif.

Open Minded dalam Menerima Kritik dan Saran

Meningkatkan Produktivitas Kerja
cdn.shutterstock.com

Manusia terkadang jumawa dalam hal ilmu, saat ada orang yang mencoba memberi saran, tidak jarang justru kita malah menolak nya secara mentah-mentah.

Richard Branso, beliau adalah seorang entrepreneur terkenal pernah berkata ;

Jika kita akan membuat sebuah keputusan yang besar, maka cobalan untuk berdiskusi dan membicarakan bersama orang yang telah menjadi ahli agar bisa menemukan langkah-langkah pemecahan masalah. Dengarkan apa yang mereka katakana karena mereka lebih berpengalaman

Menerima masukan dan kritikan dari orang lain bukan lah hal yang mudah, tapi percayalah orang yang lebih berpengalaman tidak akan menyesatkan kita, belajarlah terus dari mereka, serap setiap perkataan baik dari mereka agar kita lebih paham.

Fokus Terhadap Tujuan

Meningkatkan Produktivitas Kerja
pixabay.com

Banyak sekali orang yang pada awalnya telah menyusun dalam mencapai tujuan, tapi di tengah jalan justru mereka tidak fokus terhadap tujuan awal.

Biasanya hal ini disebabkan karena ada masalah-masalah, memang suatu hal wajar jika masalah akan muncul.

Jangan sampai kita berpindah fokus terhadap masalah-masalah yang tidak terlalu berpengaruh pada tujuan awal tadi.

Bahkan banyak sekali orang yang keluar track nya gara-gara mereka terlalu memikirkan masalah yang sebetulnya tidak terlalu penting dan dengan sendirinya pun masalah itu akan selesai.

Mulailah untuk melihat tujuan secara keseluruhan dan tanamkan bahwa tujuan harus bisa tercapai.

Jangan Bekerja Multitasking

Meningkatkan Produktivitas Kerja
thegraduatecoachingpartnership.co.uk

Ada sebagian orang yang memiliki bakat untuk multitasking, tapi sebagian orang juga tidak dianugrahi bakat ini.

Alih-alih ingin meningkatkan produktifitas, justru dengan multitasking yang terjadi adalah hal sebaliknya.

Mereka yang berfokus pada satu tugas dan melakukannya dengan baik akan lebih baik daripada melakukan multitasking yang justru menurunkan produktivitas kerja.

Jika kita memang tidak memiliki kemampuan multitasking, maka jangan lah memaksakan, lebih baik berfokus pada satu tugas agar hasil yang didapat pun lebih baik.

Jangan Membohongi Diri Sendiri

Meningkatkan Produktivitas Kerja
staticflickr.com

Berbohong terhadap diri sendiri adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan daripada menerima kenyataan bahwa masalah yang kita hadapi itu jauh lebih berat.

Orang yang sukses akan tahu bahwa masalah akan datang dari arah manapun, baik eksternal maupun internal.

Berhenti lah berbohong kepada diri sendiri, jangan pernah menyangkal apa potensi yang berada dalam diri kita. Hadapi masalah secara jantan dan yakinkan bahwa diri kita mampu menyelesaikan dengan baik.

Jangan Cepat Puas

Meningkatkan Produktivitas Kerja
digitalistmag.com

Inilah yang menjadi masalah jika seseorang telah berhasil menyelesaikan perkerjaanya dengan baik dan mendapatkan bayaran atas pekerjaanya itu, mereka akan cepat puas.

Jika seseorang sudah merasa puas mereka cenderung akan menurunkan kualitasnya karena menganggap telah selesai menyelesaikan tugasnya.

Justru saat kita telah menyelesaikan suatu pekerjaan, kita harus mencoba mengerjakan dengan tingkatan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Semakin sering kita meningkatkan kemampuan kita, maka pengalaman dan jam terbang kita pun akan semakin banyak pula. Merasa cepat puas adalah awal yang buruk dalam menjadi orang sukses.

Jadilah Pemimpim Bukan Pengikut

Meningkatkan Produktivitas Kerja
happinesscreativity.com

Menjadi seorang pemimpin pastilah bukan suatu hal yang mudah, perlu satu langkah lebih maju dari pada menjadi seorang pengikut.

Bayangkan saja bagaimana jadinya jika ada seorang pemimpin yang tertinggal jauh dari para pengikutnya. Wibawa mereka jelas akan turun atau bahkan tidak akan dihargai sebagai pemimpin.

Pola pikir menjadi seorang pemimpin ini yang perlu kita tanamkan pada diri kita, seorang pemimpin harus bisa membuka jalan sendiri untuk banyak oran.

Bisa menjadi panutan serta tauladan, banyak serkali orang sukses itu berhasil menjadi pemimpin bagi banyak orang, itu karena mereka secara teknis lebih siap dan lebih matang dalam berfikir, mereka terus melatih dirinya untuk bisa mengayomi banyak orang.

Jangan Biarkan Masa Lalu Menghatui Masa Depan

Meningkatkan Produktivitas Kerja
unsplash.com

Sejatinya masa lalu yang telah kita lewati tidak akan bisa kita rubah, dan sudah seharusnya kita mengambil pelajaran dan pengalaman dari masa lalu itu.

Karena tanpa masa lalu kita tidak akan pernah belajar apa yang dinamakan kesalahan dan kita pun jangan sampai melakukan kesalahan yang sama yang telah terjadi pada masa lalu.

Banyak orang yang sering terjebak terhadap masa lalu nya, hal ini menimbulkan trauma. Hal ini bisa terus terjadi akan mengakibatkan kita terus meratapi masa lalu tersebut.

Biarlah masa lalu menjadi pelajaran berharga untuk menghadapi masa depan yang lebih baik lagi. Orang sukses itu berfikir visioner jauh kedepan ketimbang terus berkutat dengan masa lalu meraka.

Jauhi Orang yang Berprilaku Buruk

Meningkatkan Produktivitas Kerja
unsplash.com

Sukses adalah tentang pola pikir dari apa pun, jika kita selalu berfikiran negatif maka semesta pun adak mengikuti apa yang kita pikirkan. Lingkungan menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap tekad dan impian.

Jika kita memiliki tekad sekuat baja, tetapi berada di lingkungan orang-orang yang malas, maka kemungkinan besar kita akan terbawa oleh sifat malas mereka.

Mulailah bergaul dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi serupa, agar kita tertulari semangan juang mereka.

Memang bergaul harus dengan siapa saja, tapi sebaiknya bergaul lah dengan orang-orang yang bisa membawa kita menuju puncak kesuksesan kita. Bergaul dengan teman yang baik tentunyan akan memberikan hal-hal yang baik pula kepada kita.

Leave a Comment