29 Organisasi di Bawah Naungan PBB Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

Organisasi dibawah naungan PBB – Masih maudisini kan? Nama PBB atau perserikatan bangsa-bangsa pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Namun apakah tahu apa saja organisasi dibawah naungan PBB ?

Ternyata terdapat banyak sekali organisasi yang berada dibawah naungan PBB ini, tidak hanya satu atau dua, tetapi organisasi ini menapai puluhan jumlahnya.

Nah, berikut ini akan dibahas mengenai apa saja organisasi yang berada dibawah naungan PBB,

Daftar Isi

Organisasi di Bawah Naungan PBB

organisasi dibawah naungan PBB
wikimedia.org

PBB atau lebih dikenalnya dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) adalah suatu orgianisasi internasional yang anggotanya terdiri hampir dari seluruh negara yang ada di dunia.

PBB sendiri dibentuk dengan tujuan dapat menangani serta memfasilistasi berbagai persoalan yang ada di dunia seperti persoalan hukum internasional, ekonomi, keamanan dan yang tidak kalah penting adalah keamanan bangsa di seluruh dunia.

Jadi sangat penting suatu negara menjadi anggota dari PBB ini, selain itu masih banyak pula organisasi-organisasi yang berada dibawah naungan PBB ini, apa sajakah itu?

Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Food and Agriculture Organization (FAO) – Orgaisasi Pangan dan Pertanian

organisasi dibawah naungan PBB
currentaffairs.adda247.com

Food and Agriculture Organization atau dalam bahasa Indonesia Orgaisasi Pangan dan Pertanian adalah organisasi yang bertujuan untuk terus meningkatkan nutrisi hidup, meningkatkan produksi, proses serta pemasaran penyaluran produksi dan pertanian.

Selain itu juga Food and Agriculture Organization bertugas untuk menghilangkan kelaparan yang ada di dunia serta membangun pedesaan. FAO pernah melakukan tugas berusa membasmi lalat buah di Mediterania dari Lembah Sungai Karibia. Hal ini sangat bermanfaat bagi industri Jeruk di Amerika.

Organisasi yang bermarkas di Roma ini dibentuk pad tahun 1945 di Quebec, Kanada. Awalnya markas organisasi ini berada di Washington DC, namun pada tahun 1951 dipindahkan ke Roma, Italia.

Hingga saat ini, terhitung mulai 26 November 2005, anggota dari FAO teridiri dari 189 anggota. Aktivitas FAO berfokus pada 4 bagian, yaitu;

  • Bantuan pembangunan untuk negara-negara berkembang.
  • Informasi perihal nutrisi, perhutanan, pangan dan perikanan.
  • Nasehat untuk pemerintah.
  • Forum netral untuk membicarakan serta menyusun kebijakan mengenai isu dalam bidang pangan dan pertanian.

2. International Atomic Energy Agency (IAEA) – Badan Tenaga Atom Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
kg.one.un.org

International Atomic Energy Agency adalah Badan Tenaga Atom Internasional, organisasi independen ini dibentuk pada 29 Juli 1957. Tujuan dari Badan Tenaga Atom Internasional ini adalah mempromosikan penggunaan energi nuklir secara damai dan bijak, serta menangkal menggunakannya untuk keperluan militer.

Badan Tenaga Atom Internasional ini bermarkas di Wina, Austria. Hingga saat ini anggota dari IAEA sebanyak 137 negara. Pada tahun 2005, sang Direktur Jederal IAEA yaitu Mohamed ElBaradei mendapatkan penghargaan berupa Nobel Perdamaian atas peranannya dalam membatasi senjata nuklir.

Berikut ini adalah dafta nama Direktur Jenderal IAEA yang pernah menjabat;

  • Hans Blix periode tahun 1981-1997
  • Mohamed ElBaradei peridoe tahun 1997-2009
  • Yukiya Amano periode tahun 2009-sekarang.

3. International Civil Aviation Organization (ICAO) – Organisasi Penerbangan Sipil Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
icao.usmission.gov

ICAO adalah salah satu organisasi dibawah naungan PBB yang bertugas untuk mengembangkan teknik serta prinsip navigasi udara. Selain ini ICAO juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu perencanaan dan perkembangan angkatan udara internasional agar terencana dan aman.

Presiden Dewan ICAO adalah Assad Kotaite dari 1976 hingga akhirnya mengundurkan diri pada Agustus 2006. ICAO menggunakan standardan merekomendasikan praktik mengenai pengerbangan, pencegahan gangguan campur tangan yang illegal serta memerikan kemudahan prosedur lintas negara untuk penerbangan sipil internasional.

4. International Fund for Agricultural Development (IFAD) – Dana Internasional untuk Pengembangan Agrikultural

organisasi dibawah naungan PBB
zambiainvest.com

International Fund for Agricultural Development didirikan pada tahun 1997, pada awalnya organisasi ini didirikan untuk mengatasi bencana kelaparan di Sahel.

Tujuan dari International Fund for Agricultural Development adlah untuk menyediakan pendanaan serta menggerakan sumber tambahan untuk program-program yang khusus dalam pengambangan ekonomi di wilayah yang kurang mampu.

Pendanaan ini sendiri memang sangat difokuskan dalam hal produktivitas agricultural, maka tidak heran jika IFAD lebih meprioritaskan pada hal pangan dan pertanian.

Baca Juga  10+ Kebiasaan Orang Sukses Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

5. International Labour Organization (ILO) – Organisasi Buruh Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
pravdiko.mk

ILO adalah organisasi dibawah naungan PBB yang menampung isu buruh internasional. Organisasi ini didirikan pada tahun 1919 sebagai salah satu bagian dari peristiwa sejarah yaitu perjanjian Versailles setelah perang dunia I.

Setelah pembubaran LBB dan diganti dengan PBB, maka Organisasi Buruh Internasional ini resmi berada dibawah naungan PBB pada akhir Perang Dunia II. Pada tahun 1969, ILO mendapat penghargaan Nobel Perdamaian. Ketua dari ILO adalah Juan Somavia, secretariat organisasi ini dikenal dengan Kantor Buruh Internasional.

6. International Monetary Fund (IMF)- Dana Moneter Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
bnm.org

International Monetary Fund adalah organisasi yang mengatur serta bertanggung jawab dalam sistem finansial secara global. Organisasi ini juga menyediakan berupa pinjaman kepada negara anggotanya guna membantu masalah keseimbangan ekonomi.

Salah satu misi dari International Monetary Fund adalah membantu negara anggota yang mengalami kesulitan ekonomi yang cukup serius, sebagai imbalannya negara yang dibantu harus menerapkan kebijakan ekonomi

tertentu seperti prasasti badan usaha milik negara.
Dari sekian anggota PBB, negara yang tidak ikut serta dalam IMF adalah Korea Utara, Andora, Monaco, Nauru, Andora dan Liechtenstein.

7. International Maritime Organization (IMO) – Organisasi Maritim Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
gmdsstesters.com

Organisasi Maritim Internasional pada awalnya dikenal dengan Inter-Governmental Maritime Consultative Organization atau IMCO. Organisasi ini didirikan oleh PBB pada tahun 1948. Tujuan dari IMO adalah mengkoordinir keselamatan maritim internasional dan pelaksanaannya.

Organisasi yang berpusat di London ini baru bisa berfungsi secara penuh pada tahun 1958. IMO mulai mempromosikan sebagai salah satu organisasi yang bekerja sama antar pemerintah dan antar industry pelayaran untuk meningkatkan keselamatan serta mencegah berbagai polusi laut.

Dalam menjalankan tugasnya IMO memiliki lima komite, dimana komite ini dibantu oleh beberapa sub-komite teknis. Organisasi anggota PBB boleh meninjau secara langsung cara kerja dari IMO.

8. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) – Panel Antar Pemerintah Tentang Perubahan Iklim

organisasi dibawah naungan PBB
presentationbrothers.org

Panel Antar Pemerintah Tentang Perubahan Iklim adalah suatu panel ilmiah yang anggotanya terdiri dari ilmuan dari seluruh dunia. IPCC didirikan pada tahun 1988 oleh dua organisasi PBB, yaitu WMO dan UNEP.

Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mengevaluasi risiko perubahan iklim yang diakibatkan oleh aktivitas manusia. Aspek yang diteliti berdasarkan pada literature ilmiah yang telah dikaji serta dipublikasikan.

Panel ilmiah ini terbuka bagi seluruh anggota UNEP dan WMO. Pada 12 Oktober 2007, IPCC mendapat pengahargaan Nobel Perdamaian bersama dengan Al Gore dalam menyebarluaskan serta membangun pengetahuan mengenai perubahan iklim, serta mulai mencari cara untuk melawan perubahan tersebut.

9. International Telecommunication Union (ITU) – Persatuan Telekomunikasi Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
technomag.co.zw

International Telecommunication Union adalah organisasi yang didirikan untuk membakukan serta meregulasi radio internasional. Organisasi ini didirikan di Paris pada tangga 17 Mei 1865 yang memiliki tujuan utama yaitu melakukan standarisasi, mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi serta pengalokasian spectrum radio.

ITU juga merupakan agensi khusus dari PBB yang bermarkas di Jenewa, Switzerland, kantornya sendiri tepat berada di samping kantor utama PBB, ITU memiliki tiga biro, yaitu;

  • Biro Telekomunikasi (ITU-T)
  • Biro Radiokomunikasi (ITU-R)
  • Biro Pengembangan (ITU-D)

Setiap 4 tahun sekali diadakan pemilihan untuk memilih Sekretaris Jendralnya. Pada tahun 2006 dalam konferensi pleno ke-17 terpilih Dr. Hamadoun I. Toure dari Mali untuk menjadi Sekretaris Jendralnya dan pada konferensi pleno ke-18 di Meksiko, beliau terpilih kembali menjadi Sekretaris Jendralnya.

10. United Nations Commission on Human Rights (UNCHR) – Komisi Persatuan Hak Asasi Manusia

organisasi dibawah naungan PBB
ennayadiganta.com

Komisi Persatuan Hak Asasi Manusia adalah komisi fungsional dari PBB. Komisi ini berada dibawah lembaga UN Economic and Social Council (ECOSOC), dan juga dibantu oleh Office of the United Nations High Commissioner for Human Rights (UNCHR).

UNCHR sendiri adalah mekanisme utama dari PBB dalam forum internasional yang menangani berbagai kasus serta perlindungan hak asasi manusia. Pada 15 Maret 2006 dalam sidang Umum PBB memutuskan untuk mengganti UNCHR dengan Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

11. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) – Konferensi PBB dalam Perdangan dan Pembangunan

organisasi dibawah naungan PBB
sokodirectory.com

UNCTAD adalah organisasi internasional yand bentuk pada tahun 1969. UNCTAD sendiri merupakan organ utama dalam Majelis Umum PBB dalam menangani berbagai macam isu mengenai pembangungan, perdagangan dan investasi.

Organisasi ini beranggotakan 191 negara dan bermarkas di Jenewa, Switzerland. Anggara dana dari organisasi ini sebersar $500juta setiap tahunnya serta memiliki 400 petugaas.

UNCTAD sendiri selalu mengadakan pertemuan sebanyak 4 tahun sekali

  • UNCTAD 8 diadakan di Kolombia pada 1992
  • UNCTAD IX diadakan di Midrand, Afrika Selatan pada 1996
  • UNCTAD X diadakan di Bangkok, Thailand pada 2000
  • UNCTAD XI diadakan di Sao Paulo, Brazil pada 2004
  • UNCTAD XII akan diadakan di Ghana pada 2008.

12. United Nations International Drug Control Program (UNDCP) – Organisasi Pengendalian Obat Terlarang Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
bfblago.inf.ua

United Nations International Drug Control Program dan United Nations Centre for International Crime Prevention adalah bagian dari United Nations Office on Drugs and Crime yang sebelumnya disebut United Nations Office for Drug Control & Crime Prevention.

Tujuan dan tugas dari organisasi ini adalah untuk memantau serta mengendalikan kasus narkoba yang dalam cakupan internasional. Karena maraknya kasus narkoba tidak hanya sebatas dalam negeri saja. Maka dari itu dibentuk organisasi ini sebagai solusi dalam memerangi kasus narkoba.

13. United Nations Development Programme (UNDP) – Badan Program Pembangunan PBB

organisasi dibawah naungan PBB
ismun2015.weebly.com

Badan Program Pembangunan PBB adalah organisasi multilateral yang memiliki andil paling berasr dalam memberikan bantuan teknis dan pembangunan di dunia. Organisasi ini berpusat di New York City.

Badan Program Pembangunan PBB adalah organisasi terbesar dalam naungan PBB. Biaya yang didapat biasanya berasal dari para donatur. Para donatour biasanya memberikan bantuan berupa penasehat ahli, pelatihan serta perlengkapan pembangunan di dunia.

UNDP dibentuk pada tahun 1965 sebagai penggabungan dua organisasi yaitu Program Bantuan Teknis PBB dan Program Dana Khusus PBB. Organisasi ini dilihat sebagai organisasi yang melakukan tugas pokok PBB selain keamanan dunia dan perwujudan perdamaian dunia.

Anggota dari organisasi ini sebanyak 166 negara dari seluruh dunia dan bekerja dengan bantuan pemerintah serta LSM lokal. Terdapat beberapa fungsi dari UNDP ini, yaitu;

  • Mewujudkan demokrasi dalam suatu negara.
  • Penanggulangan kemiskinan.
  • Membantu suatu negara untuk bangkit dari keterpurukan.
  • Perluasan Energi dan Keseimbangan Lingkungan.
  • Penanggulangan HIV/AIDS.

14. United Nations Environment Programme (UNEP) – Program Lingkungan Alam PBB

United Nations Environment Programme adalah organisasi yang berperan dalam mengkoordinasikan berbagai aktivitas lingkungan sekitar. PPB dan organisasi ini akan membantu khususnya negara berkembang dalam melaksanakan kebijakan alam serta menggalakan pembangunan yang berkelajutan di dunia.

Baca Juga  Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan

Organisasi ini didirikan pada Juni 1972 setelah United Nations Conference On The Human Environment. Markas dari organisasi ini berada di Nairobi, Kenya serta memiliki enak kantor regional di seluruh dunia.

15. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) – Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu, dan Budaya

organisasi dibawah naungan PBB
immersiveeducation.org

UNESCO adalah badan khusus PBB yand didirikan pada tahun 1945. Tujuan dari UNESCO adalah untuk mendukung perdamaian serta keamanan dengan cara mempromosikan kerja sama antar negara melalui ilmu pengetahuan, pendidikan, dan budaya.

Hal ini berguna untuk saling menghargai terhadap keadilan, peraturan hukum da HAM serta kebebasan yang hakiki. Anggota dari UNESCO terdiri dari 191 negara dan bermarkas di Paris, Perancis dengan kantor wilayah sebanyak 50 yang tersebar di seluruh dunia.

Program utama dari UNESCO akan disebarkan melaluibidang pendidikan, ilmu alam, sosial manusia, budaya serta komunikasi dan informasi. Beberapa proyek yang disponsori oleh UNESCO adalah pelatihan guru-guru, program ilmu internasional, program baca tulis dan program keragaman budaya.

Salah satu yang program yang paling penting adalah mengamankan berbagai warisan budaya dan alam serta memelihara Hak Asasi Manusia. Berikut ini dalah Direktur Jederal dari UNESCO;

  • Julian Huxley, Britania Raya (1946–1948).
  • Jaime Torres Bodet, Meksiko (1948–1952).
  • John Wilkinson Taylor, Amerika Serikat (sementara 1952–1953).
  • Luther Evans, Amerika Serikat (1953–1958).
  • Vittotino Veronese, Italia (1958–1961).
  • René Maheu, Perancis (1961–1974; sementara 1962).
  • Amadou-Mahtar M’Bow, Senegal (1974–1987).
  • Federico Mayor, Spanyol (1987–1999).
  • Koïchiro Matsuura, Jepang (1999–2009).
  • Irina Bokova, Bulgaria (2009–sekarang).

16. United Nations Fund for International Partnerships (UNFIP) – Dana PBB untuk Kemitraan Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
abbreviations.com

UNFIP didirikan pada bulan Maret tahun 1998 oleh Sekretaris Jendral PBB kala itu yakni Kofi Annan. UNFIP ini bertanggug jawab atas pengaturan serta pemgembangan kerjasama diantara badan, departemen serta sector pribadi PBB.

UNFIP juga bekerja dengan yayasan dan perusahaan yang mendukung PBB dalam mencari mitra kerja sama. Contohnya saja UNFIP membantu kerja PBB dengan UN Foundation dimana pada kali ini Ted Turner menyumbang uang sebesar US$1 miliar ke PBB selama 15 tahun.

Selain itu, sejumlah perusahaan juga menjalin kerja sama dengan UNFIP seperti Google, Microsoft dan Ericsson. Kerja sama ini bertujuan untuk mencapai delapan Millenium Development Goals yaitu kesehatan anak, penduduk, wanitam lingkungan, energi, perubahan iklim, perdamaian, keamanan dan hak asasi manusia.

UNFIP ini dipimpin oleh Direktur Eksekutif Amir A. Dossal serta dipantau oleh sebuah Dewan Penasehat yang berpusan di New York City.

17. United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) – Dana PBB untuk Kegiatan Kependudukan Internasional

organisasi dibawah naungan PBB
un-ngls.org

UNFPA memulai bekerja pada tahun 1969 sebagai United Nations Fund for Population Activities, lalau pada tahun 1987 namanya berubah. Pada tahun 1971 badan ini ditempatkan berada di bawah otoritas Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

UNFPA mendukung program yang terdiri dari empat wilayah, yaitu wilayah Asia dan Pasifik, Arab dan Eropa, Amerika Latin dan Karibia serta Afrika dan Sub-Sahara. Organisasi ini bekerja lebih dari 140 negara, teritori dan wilayah.

Selain itu UNFPA juga mendorong berbagai partisipasi bagi para pemuda dan kaum wanita dalam membantu kesehatan seperti penyatkit dan pencegahannya, serta menyediakan berbagai suplai dan layanan untuk merawat kesehatan.

Organisasi ini bekerja sama dengan PBB, pemerintah serta komunitas lainnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan serta mengelola dukungan dari sumber daya.

18. United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) – Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi

organisasi dibawah naungan PBB
unhcr.org

Organisasi ini bermarkas di Jenewa, Switzerland dan didirikan pada 14 Desember 1950. Tujuan dibentuknya adalah untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi berdasarkan permintaan sebuah pemerintah atau PBB.

Serta mendampingi para pengungsi dalam proses pemindahan tempat tinggal ke tempat yang lebih baru dan layak. UNHCR dianugrahi Nobel Perdamaian pada tahun 1954 dan 1981. Organisasi ini diberi tanggung jawab untuk memimpin serta mengkoordinasikan langkah internasional untuk melindungi para pengungsi.

Setiap pengungsi harus dipastikan selamat dan mendapat perlakuan yang layak serta melindungi hak-hak dari pengungsi, itulah tujuan mulia dari organisasi ini.

Pada 1 Januari 2003 tercatat bahwa sebanyak 20.556.781 pengungsi berada di bawah tanggung jawab UNHCR, itu termasuk ke sebanyak 5.5 juta di Eropa dan Amerika Utara. Pada 31 Desember 2004 tercata 9.236.500 pengungsi secara resminya.

Daftar orang-orang yang menjabat ketua UNHCR:

  • Gerrit Jan van Heuven Goedhart berasal dari Belanda (1951-1956)
  • Auguste Lindt Berasal dari Swiss (1956-1960)
  • Félix Schnyder Berasal dari Swiss (1960-1965)
  • Pangeran Sadruddin Aga Khan berasal dari Iran (1960-1977)
  • Poul Hartling Berasal dari Denmark (1978-1985)
  • Jean-Pierre Hocké Berasal dari Swiss (1986-1989)
  • Thorvald Stoltenberg Berasal dari Norwegia (1990-1990)
  • Sadako Ogata Berasal dari Jepang (1990-2000)
  • Ruud Lubbers Berasal dari Belanda (2001-2005)
  • António Guterres Berasal dari Portugal (2005-sekarang)

19. United Nations Commission on Human Rights (UNCHR) penerus dari Komisi Hak Asasi Manusia PBB

organisasi dibawah naungan PBB
ennayadiganta.com

Pada 15 Maret 2006 di dalam Majelis Umum PBB memvoting untuk menciptakan sebuah organisasi Hak Asasi Manusia yang baru, walalupun pada awalnya terdapat berbagai penentangan dari negara Amerika Serikat.

Dewan Hak Asasi Manusia yang beranggotakan 47 negara ini akan menggantikan Komisi Hak Asasi Manusia yang beranggotakan 53 negara sebelumnya. Menurut kesepakatan, badan ini telah disetujui oleh 170 anggota dari 190 anggota.

Meskipun begitu, terdapat beberapa negara yang menentang seperti Amerika, Kepulauan Marshall, Israel dan Palau. Tiga negara tidak mengambil suara yaitu Venezuela, Iran dan Belarusia.

Indonesia terpilih menjadi anggota HAM baru PBB dan mendapatkan dukungan 165 negara dari 191 negara anggota PBB. Pada pengundiannya, Indonesia dan Indoa mendapat masa jabatan selama satu tahun. Malaysia, Arab dan Jordania mendapat jabatan selama tiga tahun.

20. United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT) – Program PBB untuk Tempat Tinggal Manusia

organisasi dibawah naungan PBB
youthop.com

UN-HABITAT didirikan pada tahun 1978 dan memiliki kantor pusat di Nairobi, Kenya. Tugas dari badan ini adalah untuk mempromosikan secara sosial dan lingkungan kota yang stabil. Tujuannya yaitu memberikan serta memastikan perlindungan bagi semua orang.

Pusat regional dari badan ini bernama United Nations Centre for Human Settlements (UNCHS), dan berkantor di Nairobi, Fukuoka dan Rio de Janeiro.

21. United Nations Children’s Fund (UNICEF) – Badan PBB untuk Anak-anak

organisasi dibawah naungan PBB
ba.one.un.org

UNICEF didirikan pada tangga 11 Desember 1946. Markas besar dari badan ini berada di New York City, Amerika Serikat. UNICEF bertujuan untuk menggalakan serta memberikan bantuan kemanusiaan serta pengembangan jangka panjang kepada anak-anak di negara berkembang.

Baca Juga  Perlu Engga Sih Tukeran Password Media Sosial Sama Pacar Kamu?

UNICEF adalah agensi yang didanai secara sukarela. Maka dari itu UNICEF sangat bergantung kepada sumbangan pribadi serta pemerintah. Program dari UNICEF lebih menekankan pada pengembangan pelayanan masyarakat dalam mepromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

Pada tahun 1965, UNICEF mendapat penghargaan Nobel Perdamaian. Bahkan klub sepak bola Barcelona mendukung UNICEF dengan cara memasang logo pada jersey mereka.

22. United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) – Badan PBB dalam Pembangunan Industri

organisasi dibawah naungan PBB
slideshare.net

UNIDO ini berpusan di Wina, Austria, memiliki tujuan utama untuk melakukan promosi serta percepatan pembangunan industri di negara berkembang dan negara dengan keadaan ekonomi yang masih dalam transisis.

UNIDO secara ketat dijaga oleh Nations Development dalam membantu negara berkembang saat merumuskan pembangunan, kelembagaan, kebijakan ilmiah serta teknologi di bidang industry.

Eksekutif kepala UNIDO Direktur Eksekutif

  • Helmi Ibrahim (1967-1974)
  • Abdel-Rahman dari Mesir (1975-1985)
  • Abd El-Rahman Khane dari Aljazair Aljazair
  • Direktur Jenderal UNIDO
  • Domingo L. (1985-1992)
  • Siazon Jr dari Filipina (1993-1997)
  • Mauricio de Maria y Campos dari Meksiko (1998-2005)
  • Carlos Alfredo Magariños dari Argentina (Desember 2005)
  • Kandeh Yumkella dari Sierra Leone

23. United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) – Badan PBB untuk Bantuan dan Pengungsi Pengungsi Palestina dan Timur Tengah

organisasi dibawah naungan PBB
https://www.unrwa.org/

UNRWA adalah organisasi yang berfokus pada bantuan manusia, memberikan pendidikan, kesetahatan, layanan sosial kepada para pengungsi Palestina yang tinggal di Syria, Lebanon, Yordania dan Tepi Barat

Pengungsi ini tercatat sebanayak empat ratus ribu orang. Organisasi ini memang dikhususkan untuk membantu para pengungsi yang tedapat dalam daerah konflik atau sengketa. Organisasi ini juga terpisah dari UNHCR.

24. World Tourism Organization (WTO) – Organisasi Pariwisata Dunia (OPD)

Organisasi ini adalah bagian dari badan PBB yang mengurusi permasalahan di bagian pariwisata. Kantor utama dari organisasi ini berada di kota Madrid, Spanyol. Organisasi ini pula yang membuat peringkat wisata di seluruh dunia.
Berikut ini adalah daftat dari Sekretaris Jenderal Organisasi Pariwisata Dunia (OPD)

  • ‎Robert Lonati dari Perancis (1975–1985).
  • ‎‎Willibald Pahr dari Austria (1986–1989).
  • Antonio Enriquez Savignac dari Meksiko (1990–1996).
  • Francesco Frangialli dari Perancis (1998–2009).
  • Taleb Rifai dari Yordania (2010–sekarang).

25. Universal Postal Union (UPU) – Organisasi Pos Dunia

Organisasi PBB ini didirikan pada tahun 1874, bermarkas di Kota Bern, Swiss. Organisasi di bawah naungan PBB ini bergerak di bidang pengiriman perangko serta barang. Negara yang telah resmi menjadi bagian dari anggota UPU sebanyak 200 negara.

Terdapat sebanyak 50 kantor wilayah dari Organisasi Pos Dunia ini yang tersebar di seluruh dunia seta beberapa institute. Program utama dari Organisasi Pos Dunia ini adalah pengiriman barang dan perangko.

26. World Food Programme (WFP) – Program Pangan Dunia

Badan PBB ini didirikan oleh FAO pada tahun 1960. Program pangan di dunia ini memiliki tujuan untuk memberi bantua kemanusiaan serta perkembangan jangkat panjang untuk program pangan di seluruh negara berkembang yang ada di dunia.

Markas besar dari WFP ini berada di New York, Amerika. WFP sendiri adalah agensi yang diberi dana secara sukarela. Sehingga organisasi di bawah naungan PBB ini sangat bergantung terhadap sumbangan dari pemerintah. Program-program dari WFP ini lebih menekankan kepada pengambangan pelayanan masyarakat serta mempromosikan program pangan.

27. World Health Organization (WHO) – Organisasi Kesehatan Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia merupakan salah satu organisasi yang bertindak sebagai coordinator dari kesehatan umum internasional. Organisasi Kesehatan Dunia memiliki markas di Kota Jenewa, Swiss.

Organisasi yang didirikan pada 7 April 1948 ini sangat berfokus terhadap berbagai masalah kesehatan di dunia, terlebih lagi penyakit menular yang sering menimpa negara berkembang. Saat ini Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia adalah Margaret Chan yang menjabat mulai dari 8 November 2006,

WHO sendiri mewarisi banyak mandate serta persediaan dari organisasi sebelumnya, organisasi kesehatan yang sebelumnya adalah anggota dari agensi LBB

WHO adalah satu-satunya badan asli milik PBB, konstitusi pertamnya kali muncul saat memperingati Hari Kesehatan yaitu 7 April 1948. Beberapa penyakit yang paling sering ditangani oleh WHO adalah SARS, malaria, flu babi, HIV AIDS, TBC dan cacar.

28. World Intellectual Property Organization (WIPO) – Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia

Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia adalah badan khusus dari PBB, organisasi ini dibentuk pada tahun 1967 dengan tujuan untuk mendorong kreativitas serta memperkenalkan perlingdungan kekayaan intelektual ke seluruh dunia.

Saat ini WIPO terdiri dari 184 anggota negara dan telah membuat hingga 23 perjanjian internasional. Kantor pusat dari Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia berada di kota Jenewa, Swiss.

Negara yang tidak termasuk ke dalam anggota WIPO adalah Vanuatu, Timor Leste, Taiwan, Kepulauan Solomon, Arab Sahrawi, Kiribati, Kepulauan Marshall, Federasi Mikronesia, Nauru, Palau, Palestina, Republik Demokrasi .

Dahulu, WIPO bernaman BIRPI yang didirikan pada tahu 1893 yang dibentuk untuk mengawasi Konvensi Bem mengenai perlindungan Hak atas kekayaan Industri. Secara resmi, WIPO dibentuk oleh Konvensi Pembentukan Organisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual, ditandatangani pada 14 Juli di Stockholm dan diperbaharui pada 28 September 1979.

Dilihat dari pasal 3 hasil Konvensi, WIPO terus berupaya untuk melakukan promosi atas perlindungan dari hak kekayaan Intelektual ke seluruh dunia. Sumber dana WIPO berasal dari organisasi itu sendiri, dan sumber dananya pun cukup besar.

Pada tahun 2006, di atas 90% dari pemasukannya yang berkisar 500 juta CHF diperkirakan berasal dari pendapatan berbentuk imbal jasa yang diperoleh International Bureau (IB) dari aplikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual dan sistem registrasi yang mengatur Traktat Kerjasama Paten. Sistem Madrid untuk merek dan Sistem Den Haag untuk Hak atas Desain Industri.

29. World Meteorological Organization (WMO) – Organisasi Meteorologi Dunia

Organisasi Meteorologi Dunia merupakan organisasi antarpemerintah dengan jumlah anggota sebanyak 188 negara dan teritori anggota. Berasal dari International Meteorological Organization (IMO), yang didirikan tahun 1873. Dibentuk tahun 1950,

Organisasi Meteorologi Dunia menjadi badan khusus PBB untuk meteorologi (cuaca dan iklim), hidrologi dan geofisika. Kantor pusat Organisasi Meteorologi Dunia berada di Jenewa, Swiss. Presidennya Alexander Bedritsky dan Sekretaris Jenderalnya Michel Jarraud.

Pada Bulan Juni 1976, dalam tanggapan terhadap laporan pers yang memprediksikan peristiwa seperti Zaman Es Kecil, Organisasi Meteorologi mengeluarkan peringatan bahwa pemanasan iklim global yang signifikan dapat menyebabkan zaman es.

Leave a Comment