Sholat Jumat – Niat, Tata Cara, Keutamaan, Hadist dan Bacaan [Lengkap]

Sholat Jumat – sholat sunah sebelum sholat jumat, tata cara shalat jumat dari awal sampai akhir, tata cara sholat jumat, keutamaan shalat jumat, hadist sholat jumat, sholat jumat berapa rakaat, bacaan sholat jumat, bacaan sholat jumat bagi makmum

Shalat jumat adalah salah satu shalat dua rokaat yang dilakukan setiap hari jumat. Shalat Jumat sendiri dilaksanakan ketika waktu sudah memasuki waktu dzuhur. Selain harus memasuki waktu dzuhur, shalat jumat juga dilaksanakan setelah khotib membacakan dua khutbah.

Shalat Jumat ini wajib dilaksanakan oleh para lelaki yang beragama Islam yang telah baligh, dewasa dan tidak memiliki udzur (sakit).

Sedangkan hukum dari shalat jumat sendiri adalah wajib bagi kaum pria yang sudah baligh dan kaum wanita hanya diwajibkan untuk mengerjakan sholat Dzuhur tanpa ada beban harus mengikuti shalat Jumat.

Niat Sholat Jumat

niat sholat jumat
santrigaul.net

Berikut ini adalah niat Shalat Jumat

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Dibaca:

Ushallii fardhal jumu’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muuman lillahi ta’aalaa

Artinya :

“Aku niat melakukan shalat jum’at 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, menjadi makmum, karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Sholat Jumat

tata cara sholat jumat
rusabawean.com

Tata cara sholat Jumat sama dengan melakukan shalat wajib pada biasanya yang dimuali dengan membaca niat serta dilanjutkan dengan membaca takbir, surat al fatihah, ruku, itidal, sujud yang diakhiri dengan dua salam. Shalat Jumat ini dilakukan sebanyak 2 rakaat

Shalat Jumat dilaksanakan setelah para jamaah mendengarkan dua khutbah yang dibacakan oleh Khatib setelah adzan Shalat Jumat.

Setelah beres melaksanakan shalat Jumat sebaiknya duduk dengan khusyu sambil berdzikir kepada Allah SWT.

Perbanyaklah membaca dzikir seperti istighfar, shalawat Nabi Muhammad Saw, tahmid, dan tasmih denga bertujuan agar lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dan berdoa sebagaimana seperti setelah menunaikan shalat-shalat seperti biasa.

Baca Juga  Berbagai Jenis Ikan Hias Cupang yang Populer dan Harganya

Hukum Sholat Jumat

sholat jumat
kemenag.go.id

Hukum sholat jumat untuk para laki-laki adalah wajib. Hal ini didasarkan pada dalil shalat Jumat pada Al Qur’an, As-Sunnah serta ijma atau juga kesepakatan dari para alim ulama. Dalilnya adalah surat Al Jumu’ah ayat 9 yang berbunyi,

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu’ah 62:9) ”

Adapula hadist Nabi Muhammad SAW yang menyuruh untuk mendirikan shalat Jumat adalah dari hadist Thariq bin Syihab, berikut bunyi dari hadist nya.

Jumatan adalah hak yang wajib atas setiap muslim dengan berjamaah, selain atas empat (golongan), yakni budak sahaya, wanita, anak kecil atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud)

Dengan demikian hukum shalat Jumat untuk kaum laki-laki adalah fardhu ‘ain, yakni wajib dilakukan untuk laki-laki. Sedangkan bagi wanita tidak diwajibkan, namun tetap harus melaksanakan sholat Dhuhur.

Orang-orang yang Diwajibkan Shalat Jumat

bacaan sholat jumat
fimadani.com

Berikut ini adalah orang-orang yang diwajibkan untuk menjalankan shalat jumat;

Muslim yang Sudah Baligh
Kaum Muslim yang sudah baligh dan berakal. Walau anak laki-laki yang belum baligh belum memiliki kewajiban dalam menunaikan ibadah shalat Jumat.
Tapi sebaiknya anak laki-laki yang telah mumayyiz (berumur sekitar 7 tahun ) maka orang tua harus mulai menyuruhnya untuk melakukan shalat Jumat agar sang anak terbiasa.

1. Laki-Laki

Kaum perem tidak diwajibkan untuk menunaikan ibadah shalat jumat ini. Maka hukum sholat Jumat bagi wanita adalah mubah.

2. Orang yang Merdeka

Orang yang merdeka berarti bukan budak sahaya. Dalam poin yang ini, ada beberapa perbedaan pendapat antara ulama, karena jika dilihat dari hadist, hamba sahaya atau budak tidak diwajibkan menunaikan sholat Jumat.

Dasar pemikirannya yakni tuannya sangat memerlukan bantuan tenaga sehingga hamba sahaya tidak bisa dengan bebas menunaikan ibadah sholat Jumat.

Baca Juga  34 Pakaian Tradisional dari Seluruh Provinsi di Indonesia Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan

Tapi ada juga beberapa ulama yang menyatakan jika majikannya memberi ini untuk menunaikan shalat Jumat, maka hamba sahaya itu wajib menghadiri sholat Jumat tersebut karena tidak ada lagi uzur yang menghalangi. Pendapat ini dikuatkan oleh as-Syaikh Muhammad bin Shalih as-‘Utsaimin (Asy-SyarhulMumti’ 5/9).

3. Bukan Musafir

Orang yang bermukim atau juga bukan musafir. Dasar pemikirannya yakni saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan safar atau bepergian, Nabi Muhammad SAW tidak melaksanakan shalat Jumat pada safarnya.

Selain itu, ketika Nabi Muhammad SAW melaksanakan haji wada’ yang bertempat di Padang Arafah ( wukuf ) pada hari Jumat, Nabi Muhammad SAW menjama’ shalat dzuhur dan ashar dan tidak menunaikan shalat Jumat.

4. Orang yang Tidak Memilki Uzur

Orang yang tidak memiliki uzur atau halangan yang bisa menghalangi dalam menunaikan shalat Jumat.
Jika orang tersebut memiliki uzur, maka hanya wajib menunaikan shalat dzuhur saja. Orang yang memiliki uzur dan diperbolehkan meninggalkan shalat Jumat yakni seseorang yang memiliki tanggung jawab keamanan dan kemaslahatan umat, diantaranya adalah petugas keamanan, dokter dan polisi.

5. Orang Sakit

Orang sakit parah sehingga tidak mampu menunaikan shalat Jumat dan juga akan menemui kesulitan dalam melaksanakan shalat Jumat. Orang yang sedang terkena penyakit berat mendapat keringan untuk tidak menunaikan shalat Jumat.

Syarat Sah Sholat Jumat

syarat sah sholat jumat
sidomi.com

Berikut ini adalah syarat Sah Shalat Jumat;

  1. Dilakukan di satu desa atau kota tertentu
  2. Masjid harus bisa dan cukup untuk menampung banyak jamaah
  3. Jumlah jamaah yang hadir dalam sholat jum’at sekurang-kurangnya 40 orang laki-laki yang telah memenuhi syarat wajib shalat jumat seperti yang telah diuraikan diatas.
  4. Dilakukan ketika masuk waktu shalat dzuhur
  5. Didahului dengan khutbah dan membaca rukun dua khutbah
  6. Sholat jumat dilakukan setelah khatib membaca rukun dua khutbah.

Hal-hal Sunnah yang Dilakukan di Hari Jumat

hadist sholat jumat
ismaweb.net

Dari uraian diatas sudah kita ketahui bahwa hukum melaksanakan shalat jumat bagi laki-laki adalah wajib, kita juga harus bisa mentafakuri keutamaan shalat Jumat sebagai penambah pahala dan juga sebagai penghapus dosa.

Baca Juga  Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat Tentang Lingkungan, Pendidikan, Islami & Kesehatan [Mudah Dihafal]

Maka kita pun harusmengetahui hal-hal apa saja yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum dan sesudah melakukan shalat Jumat di masjid.

Sunnah-sunnah Sebelum Shalat Jumat

sunnah sunnah sholat jumat
mediaindonesia.com

Berikut ini adalah sunnah-sunnah sebelum shalat Jumat;

  • Mandi sunnah sebelum shalat Jumat
  • Memotong kuku.
  • Mencukur rambut, dan kumis
  • Memakai pakaian yang terbaik, bersih dan sangat disarankan berwarna putih
  • Memakai wangi-wangian.
  • Berdoa saat keluar rumah
  • Segera menuju masjid dengan berjalan kaki dengan pelan dan tidak terburu-buru serta tidak banyak berbicara.
  • Datang ke masjid lebih awal juga merupakan perbuatan yang utama bagi laki-laki yang akan menunaikan shalat jamaah Jumat.
  • Saat masuk ke dalam masjid melangkah dengan kaki kanan dan membaca doa masuk masjid.
  • Menunaikan shalat sunnah tahiyatul masjid.
  • I’tikaf sambil membaca Al Qur’an, berdzikir dan juga bersholawat Saat ketika khatib belum naik ke mimbar, namun bila khatib telah naik ke mimbar sebaiknya jamaah menghentikan kegiatannya dan mendengarkan khotbah jumat.

Sunnah-sunnah Setelah Sholat Jumat

shalat jumat
ummi-online.com

Berikut ini adalah sunnah-sunnah setelah shalat Jumat;

  • Membaca dzikir serta mengerjakan shalat sunnah ba’diyah Jumat, shalat sunnah ini bisa dilakukan ketika di masih berada di masjid atau di rumah.
  • Memperbanyak Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Membaca surat Al Kahfi dan rentang waktunya sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sampai terbenamnya matahari pada hari Jumat.

***

Itulah penjelasan rinci mengenaik shalat jumat mulai dari niat shalat jumat, sunnah-sunnah shalat jumat, orang yang wajib melaksanakan shalat Jumat hingga syarat sah shalat Jumat.

sholat sunah sebelum sholat jumat, tata cara shalat jumat dari awal sampai akhir, tata cara sholat jumat, keutamaan shalat jumat, hadist sholat jumat, sholat jumat berapa rakaat, bacaan sholat jumat, bacaan sholat jumat bagi makmum

 

Leave a Comment