Pelajari! Teknik Dasar Berenang untuk Pemula Serta Macam-macam Gaya Renang

Masih maudisini kan? Hampir setiap orang menyukai olah raga berengang, ya walaupun orang tersebut tidak bisa atau kurang mahir dalam berenang. Tapi setidaknya saat kita berada dalam kolam renang hal yang tidak kalah seru adalah main airnya. Bagi para pemula jangan khawatir, artikel in akan membahas mengenai teknik dasar berenang untuk belajar.

Rasanya engga asik kalau kita ke pergi ke kolam renang tapi engga renang. Bisa dibilang renang bukan hanya sebatas olah raga saja, terkadang porsi bermain saat berenang lebih banyak ketimbang olah raganya.

Jangan khawatir, simak artikel dibawah ini lalu pratikan teknik dasar berenang saat berada di kolam renang. Jika dilakukan secara konsisten maka kalian akan bisa berenang setelah beberapa kali latihan.

Pembelajaran Renang Bagi Pemula

teknik dasar berenang
uznamania.ru

Renang adalah salah satu olah raga yang sangat seru. Bisa dibilang renang adalah olah raga terbaik karena melibatkan seluruh anggota badan untuk bergerak. Renang pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pernafasan dan jantung.

Bila olah raga ini dilakukan saat sejak masa pertumbuhan, maka dapat menambah tinggi postur dan membuat badan lebih atletis. Khusus bagi para pemula, jangan terlalu fokus terhadap berbagai gaya yang ada ketika berenang.
Cobalah fokus untuk mempelajari berbagai teknik dasar berenang agar lebih mudah saat mempelajari gaya dalam berenang. Intinya kuasai teknik dasar berenang sebelum berlatih gaya dalam berenang.

Teknik dasar berenang ini akan membantu serta mempermudah dalam berlatih gaya. Terdapat beberapa teknik yang harus dipelajari yaitu teknik pernafasan, meluncur dan mengapung, simak penjelasannya berikut ini;

Baca Juga  Belajar SEO Itu Inventasi Di Era Digital, Ayo Mulai Dari Sekarang!

Teknik Pernafasan Renang

teknik dasar berenang
walpaperhd99.blogspot.co.id

Bisa dibilang teknik pernafasan adalah teknik yang sangat penting dalam berenang. Berenang memang identik dengan menahan nafas dalam air. Tapi sebelum melakukan teknik pernafasan, sangat diwajibkan untuk melakukan pemanasan dulu.

Pemanasan ini berguna untuk melemaskan agar otot-otot tidak kaku saat berenang. Berikut ini langkah-langkah teknik pernafasan ketika berenang.

  • Berdirilah di pinggir kolam dengan dan wajah berada di permukaan air.
  • Tarik nafas melalui mulut lalu tahan beberapa saat.
  • Setelah itu masukan kepala ke dalam air. Usahakan membuat gelembung dengan cara mengeluarkan sedikit demi sedikit udara tadi lewat mulut atau hidung. Fungsi membuat gelembung ini agar nafas tidak cepat habis dan ngos-ngosan.
  • Tahan sekitar 15 hingga 20 detik. Lakukan hal ini hingga kita terbiasa dan menenukan irama saat mengambil nafas dan mengelurkan nafas dalam air.

Teknik pernafasan ini sangat berguna ketika berenang agar ketika berenang bisa menghemat tenaga, nafas dan tidak cepat ngos-ngosan. Jika kita salah mengambil nafas maka saat berenang akan mudah lelah, lebih bahaya lagi saat bernafas itu air masuk ke hidung atau tertelan ke dalam mulu.

Teknik Meluncur Ketika Renang

teknik dasar berenang
materi-sekolah.com

Teknik selanjutnya yaitu meluncur, teknik ini sangat penting karena hampir seluruh gaya dalam renang terdapat gerakan meluncur. Apabila tidak bisa meluncur maka dalam latihan gaya berenang pun akan lebih sulit lagi.

Meluncur merupakan gerakan tubuh secara horizontal, gerakan ini berada dibawah permukaan air. Teknik ini memerlukan ketengangan dan keseimbangan, karena jika tidak seimbang maka badan tidak akan berada di permukaan atau tenggelam. Berikut ini teknik meluncur ketika berenang

  • Berdirilah pada pinggir kolam dan posisikan badan kita membelakangi dinding kolam. Usahakan pada kolam yang tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam pula.
  • Tempelkan salah satu telapak kaki yang kanan atau kiri pada dinding kolam. Posisikan jari-jari kaki menghadap ke bawah sebagai tolakan ketika meluncur.
  • Dorong badan dengan kaki, lalu meluncurlah sejauh mungkin. Posisi tangan berada di depan sejajar satu sama lain, posisi kepala harus masuk kedalam air dan posisi kuping sejajar dengan lengan tangan.
  • Lakukan gerakan tersebut sebanyak 15 hingga 20 kali percobaan hingga badan terasa seimban serta berada pada permukaan dan tidak tenggelam.
Baca Juga  16 Arah Mata Angin Lengkap dan Tutorial Cara Menentukan Arahnya yang Tepat

Apabila teknik meluncur ini sudah dikuasai dengan benar, maka akan mempermudah dalam mempelajari macam gaya renang. Jika pada kolam yang sedang sudah terbiasa, maka cobalah meluncur pada kolam yang lumayan dalam agar lebih terbiasa.

Teknik Mengapung di Kolam Renang

Teknik terakhir yang harus dikuasai adalah menpung atau mengambang. Pada teknik ini kalian dilatih agar tubuh bisa mengambang atau mengapung, gunanya agar tidak tenggelam ketika berenang.

Pada dasarnya gerakan ini berupa tubuh yang melayang-layang di bawah permukaan air dan kepala tetap berada di atas permukaan air serta dorongan tangan dan kaki sebagai penyeimbang agar pisisi badan tetap terjaga.

Teknik mengapung ini tebagi menjadi dua jenis, yaitu teknik mengapung secara lurus vertical dan teknik mengapung secara terlentang. Simak penjelasannya teknik mengapung dibawah ini.

Teknik Menapung Secara Terlentang

teknik dasar berenang
kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.co.id

Untuk berlatih teknik ini diperlukan latihan yang cukup sering, karena mengapung di dalam air memerlukan ketenangan serta latihan yang serius. Berikut langkah-langkah teknik mengapung secara terlentang.

  • Menarik tubuh ke belakang hingga kedua telinga terendam air.
  • Kedua tangan direngangkan hingga membentuk siku-siku dan pergelangan tangan tetap lurus. Usahakan tangan dalam keadaan rileks.
  • Telapak tangan ditekan ke bawah secara bergantian atau bersamaan sehingga tubuh tetap melayang dalam air.
  • Kedua kaki digerakan hingga menyerupai huruf V.
  • Lakukan gerakan diatas hingga lancar dan mampu bertahan di air selamat beberapa menit.

Pada awal-awal cobalah latihan di pinggir kolam sebagai pemanasan, jika sudah cukup lancar dan seimbang maka cobalah ke kolam yang lebih dalam untuk melatih keberanian.

Teknik Mengapung Secara Lurus Horizontal

teknik dasar berenang
edukasicenter.blogspot.co.id

Gerakang mengapung secara lurus adalah teknik yang paling sering digunakan, karena hampir setiap macam gaya dalam berenang menggunakan teknik ini. Gerakan ini berdasar pada posisi tubuh yang berada dibawah permukaan air dan kepala tetap berada di atas air. Biasanya kepala hanya sebatas sampai dagu.

Baca Juga  Cara Budidaya Udang Vaname dengan Berbagai Teknik Lengkap Beserta Tahapannya

Berikut ini langkah-langkah teknik mengapung secara lurus horizontal.

  • Tangan dan kaki tetap digerakan untuk memberikan keseimbangan agar tubuh tetap melayang di permukaan air.
  • Gerakan tangan dengan meregangkan kedua tangan hingg membentuk siku-siku. Usahakan pergelakan tangan tetap rileks dan lurus.
  • Beri jarak antara kedua kaki lalu dorong telapak kaki ke bawah secara bergantian.
  • Lakukan gerakan ini hingga kalian dapat menapung beberapa menit di air.

Untuk mempermudah gerakan ini bisa digunakan di pinggir kolam dengan menggunakan pengangan besi sebagai bantuannya. jika sudah terbiasa dan seimbang, cobalah mencoba ke kolam yang lebih dalam untuk melatih keberanian kalian.

***

Setelah membaca artikel ini sebaiknya kalian langsung mempraktekan macam-macam tekniknya. Dalam menguasi teknik dasar dalam berenang ini diperlukan latihan yang berulang-ulang hingga menguasai dengan lancar. Dibutuhkan juga keberanian, karena tidak sedikit orang yang ingin belajar tapi masih takuk dengan kedalaman.

Silakan dicoba yaa latiannya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment