tips mudik

17+ Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman

Tips Mudik โ€“ Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Lebaran moment yang membahagiakan disetiap tahunnya. Setelah satu bulan menahan nafsu, maka tibalah pada hari kemenangan.

Salah satu tradisi Lebaran di Indonesia adalah mudik ke kampung halaman. Mudik menjadi momen-momen yang hampir setiap tahunnya pasti terjadi. Hampir dari seluruh wilayah Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara tercinta.

Pulang kampung atau mudik bukanlah sesuatu hal yang berat bagi yang menempuh perjalanan selama beberapa jam. Tapi, bagaimana jika harus menempuh perjalanan berhari-hari, ditambah lagi harus membawa kendaraan pribadi, kondisi fisik benar-benar harus dijaga.

Pada artikel ini, maudisini akan membahas mengenai tips mudik agar aman, nyaman dan selamat hingga kembali lagi ke rumah.

Tips Mudik

tips mudik
antarafoto.com

Keamanan dan kenyamanan menjadi faktor yang sangat penting ketika mudik, apalagi yang menempuh perjalanan hingga satu atau dua hari. Kondisi kendaraan pun harus benar-benar siap, mulai melakukan perawatan hingga pengecekan sebelum keberangkatan.

Persiapkan lah dengan matang rencana mudik anda, karena keluarga sudah menunggu kehadiran kalian di kampung halaman. Berikut ini adalah tips mudik agar aman dan nyaman.

1. Buat Daftar Barang Bawaan

Meskipun sangat sederhana, namun dengan membuat daftar barang bawaan maka semua kebutuhan akan lebih mudah untuk dibawa. Dengan membuat daftar barang bawaan makan akan meminimalisir kemungkinan lupa bawa.

Buatlah skala prioritas dari barang bawaan kalian, mulai dari yang sangat penting, penting, kurang penting hingga sampai tidak penting sama sekali. Karena banyak sekali pemudik yang terlalu banyak membawa barang hingga kendaraanya over capacity.

2. Kondisi Tubuh

Kondisi tubuh sangat penting dalam perjalanan mudik, jika kondisi tubuh kurang sehat, bagaimana bisa melakukan mudik. Apalagi yang akan menempuh perjalanan panjang selama beberapa hari. Maka harus dipastikan kondisi kesehatan kalian benar-benar prima.

Ketika sedang berkendara mulai mengantuk maka disarankan langsung istirahat, apalagi bagi para pengendara mobil. Hal ini berguna untuk tetap menjaga agar kondisi fisik tetap bugar selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Kendaraan

tips mudik
ksmtour.com

Kendaraan menjadi komponen yang sangat penting dalam mudik, bisa diibaratkan juga bahwa kendaraan menjadi tulang punggung atau senjata ketika mudik. Sebelum mudik, pastikan lah bahwa kendaraan yang akan dipakai itu benar-benar dalam kondisi terbaiknya.

Lakukan service dan pengecekan beberapa hari sebelum mudik agar ketika di dalam perjalanan, kendaraan yang kita gunakan tidak rewel dan mogok. Periksa semua komponen mulai dari ban, rem hingga oli.

4. Membawa Perlengkapan Kendaraan

Meskipun perlengkapan kendaraan seperti obeng, dongkrak, kunci pas, tang dan lainnya ini termasuk benda yang jarang digunakan, namun ketika dalam kondisi darurat, benda ini akan sangat diperlukan.

5. Membawa Sparepart Cadangan

Jangan pernah menganggap remeh perihal sparepart ini. Kondisi jalan yang tidak menentu serta pengendara lain juga, hal tersebut akan membuat kita tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi selama perjalanan mudik. Pastikanlah membawa rem, tali kopling, ban dan sparepart lainnya.

6. Membawa Kotak Obat

tips mudik
ciricara.com

Kotak obat ini sangat penting dibawa dalam mudik, apalagi yang tidak terbiasa melakukan perjalanan biasanya tubuh akan merasa kelelahan dan masuk angina. Maka sediakanlah minyak angin, betadine, balsam dan lainnya.

Periksa kembali obat-obatan yang ada di dalam kotak obat tersebut apakah masih kadaluarsa atau tidak. Jika membawa anak-anak ketika mudik, sediakanlah obat lebih untuk mereka karena biasanya mereka masih belum bisa untuk perjalanan jauh.

7. Kaset Musik

Mudik selalu identic dengan kemacetan, hampir di setiap wilayah yang menjadi jalur mudik pasti mengalami kemacetan. Macet menjadi rintangan utama dalam perjalanan mudik, maka dari itu bawalah beberapa kaset musik atau barang lainnya untuk dijadikan hiburan ketika macet.

8. Power Bank dan Pulsa

Zaman sekarang dengan adanya smartphone memberi kemudahan bagi para penggunannya. Berbagai macam aplikasi untuk mempermudah perjalanan kita mulai dari peta, jalan-jalan yang mengalami kemaceta, serta video seputar mudik.

Maka dari itu tetap jangan agar smartphone tidak sampai habis batre dan habis pulsa, karena fungsi smartphone akan hilang.

9. Peta Jalur Mudik

tips mudik
baixefacil.com

Informasi dari peta jalur mudik ini akan mempermudah kalian dalam mendapatkan info seputar tempat istirahat, posko, pom bensin, bengkel dan kondisi jalan. Pastikanlah kalian mengetahuinya agar bisa melakukan mudik dengan aman, nyaman dan mudah

10. Membawa Air Mentah

Air mentah ini sangat diperlukan bagi pemudik yang melintasi jalur mudik yang rawan macet serta memerlukan waktu berhari-hari untuk mencapai tujuan. Fungsi dari air mentah ini adalah untuk mengisi radiator atau bisa juga digunakan untuk mencuci tangan. Bawa air mentah ini sebanyak 5 liter, (5 botol ukuran 1 liter).

11. Bekal Makanan

Bekal makanan menjadi barang yang sangat wajib untuk dibawa, bawalah makanan yang praktis dan mudah dimakan ketika dalam kendaraan. Membawa makanan pada saat mudik juga akan menghemat anggaran biaaya, karena biasanya rumah makan atau restoran akan menaikan harga ketika lebaran tiba.

Bawalah makanan berat dan makanan ringan untuk mengganjal perut. Terlebih jika membawa anak-anak dalam perjalanan mudik maka persediaan makanan pun harus dicukupkan, jangan sampai anak menangis atau rewel gara2 tidak ada makanan.

12. Ketahui Arus Mudik dan Arus Balik

tips mudik
republika.co.id

Sangat penting untuk mengetahui arus mudik dan arus balik. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh ketika arus balik menjelang. Jangan pulang terlalu mepet dengan arus balik. Minimal h-1 masuk kantor atau sekolah anak-anak sudah berada di rumah.

Gunakan waktu selama satu hari itu untuk istirahat agar tidak kelelalahan saat masuk kantor dan sekolah. Saat kalian mengetahui arus balik dan arus mudik, bisa memprediksikan waktu yang tepat agar tidak terkena macet.

13. Bawa Uang Tunai dan ATM

Bawalah uang tunai secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan, karena uang yang ada di dompet akan membuat kalian ingin terus berbelanja. Sebaiknya membwa ATM saja karena sekarang di berbagai daerah sudah banyak mesin ATM yang mudah untuk di temui.

14. Catat Nomor Telpon Penting

Nomor telpon menjadi sangat penting jika terjadi hal yang mendadak dan tingkat urgensinya tinggi. Simpanlah nomor telpon dari Jasa Marga, Info Jalan Tol, Telpon polisi. Jika terjadi apa-apa maka akan sangat mudah bagi kalian untuk mengubuhi nomor-nomor tersebut.

15. Berikan Nomor HP Anda Kepada Tetangga dan RT

Saat musim mudik pasti tidak semua tetangga kita juga ikut mudik, pasti ada beberapa orang yang tinggal di rumah, serta kepada RT yang menjadi penanggung jawab warga. Berikanlah nomor HP kalian kepada mereka. Hal ini berguna jika terjadi sesuatu di rumah kalian.

16. Perhatikan Penggunaan AC Saat Berkendara

Penggunaan AC dalam perjalanan panjang sangatlah penting, sebisa mungkin cobalah untuk mengurangi kinerja mesin dengan mematikan AC saat tidak diperlukan. Pada kondisi tertentu kita harus menjaga aerodinamis kendaraan degan mengurangi hambatan udara yang menambah beban mesin.

17. Perhatikan Bahan Bakar Kendaraan

Bagi para pemudik yang memerlukan waktu hingga berhari-hari, perhatikanlah bahan bakar kendaraan anda. Saat kalian sudah mulai masuk pelosok maka perhitungkanlah kira-kira bahan bakar akan cukup sampai mana. Jangan sampai di tengah-tengah perjalanan tidak menemukan pom bensin.

Bagi yang membawa motor bisa memasukan bahan bakar ke dalam botol dengan ukuran 1 L dan untuk mobil bisa dimasukan di dalam jerigen dengan ukuran 5 L, hal ini semata-mata dilakukan untuk berjaga-jaga saat kendaraan habis bahan bakar dan tidak menemukan pom bensin.

18. Perlengkapan Balita

Jika kalian membawa balita dalam perjalan mudik, maka harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang cukup banyak seperti kantung keresek, bantal dan selimut agar kondisi di dalam mobil membuat balita sangat betah dan nyaman.

Bawa juga beberapa mainan dan putarlah lagu yang dapat membuat balita merasa tenang atau video. Hal ini sangat berguna agar balita tidak merasa bosan selama perjalanan itu.

***

Demikianlah beberapa tips mudik yang sebaiknya kalian terapkan saat mudik nanti agar perjalanab lebih terasa aman dan nyaman.

Ingat! Keluarga tercinta telah menantikan kehadiran kita di kampung halaman. Selamat mudik. Semoga bermanfaat.

1 thought on “17+ Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman

  1. Wahh lengkap sekali. Terimakasih sudah berbagi tipsnya min ๐Ÿ™‚ Alhamdulillah lebaran tahun ini saya dan keluarga bisa pulang kampung ๐Ÿ˜€

Leave a Comment