contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Tips, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Surat Pengunduran Diri Resign – Sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia pekerjaan jika terdapat karyawan yang masuk dan keluar. Maka dari itu artikel ini akan membahas mengenai contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Dalam dunia pekerjaan juga akan sekali banyak hal yang akan ditemui, entah itu senang maupun sulit. Hal yang menjadi momok bagi para karyawan atau pegawai adalah pemutusan kerja oleh pihak atasan.

Kali ini maudisini akan membahas dengan detail serta meberi contoh surat pengunduran diri resign yang baik dan benar

Contoh Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar
amazonaws.com

Surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang ditujukan kepada pihak instansi guna persetujuan untuk berhenti bekerja pada instansi tersebut. Memang tidak mudah untuk mengundurkan diri dari suatu instansi atau perusahaan.

Terkadang terdapat pegawai yang merasa bosan dan menginginkan tantangan lebih, sehingga memutuskan untuk mencari pekerjaan baru dengan harapan dapat mendapatkan sesuatu yang lebih dari perusahaan sebelumnya.

Hal yang harus digaris bawahi dan menjadi poin yang sangat penting adalah harus membuat kesan yang baik terhadap perusahaan yang ditinggalkan.

Surat pengunduran diri pun menjadi sebuah acuan dalam etika sopan santun kita saat keluar pekerjaan. Harus kita ingat bahwa saat kita melamar pekerjaan dengan cara yang baik, maka saat kita keluar pekerjaan pun harus dengan cara yang baik pula.

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar
bigodino.it

Isi dari surat pengunduran diri harus memperhatikan susunan kata agar tidak menimbulkan kesalah pahaman. Tata karma yang sopan sudah sepantasnya digunakan dalam suran pengunduran diri.

Sebelum membuat surat pengunduran diri, maka perhatikan beberapa poin dibawah ini;

  • Buatlah surat pengunduran diri dengan singkat, padat dan jelas. Jangan bertele-tele dalam membuatnya, gunakan juga kata yang baik dan sopan.
  • Gunakanlah kata-kata pujian, rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada perusahaan dan teman-teman yang telah membantu kita selama bekerja.
  • Merahasiakan dan tidak menuliskan secara rinci dalam surat pengunduran diri karena akan terkesan bertele-tele dan kurang sopan. Jika mau menjelaskan dengan detail, langsung saja temui atasan agar lebih menunjukan sikap berani dan bertanggung jawab.
  • Berikan suatu barang yang memiliki nilai makna, hal ini hanya sebatas simbolis sebagai kesan yang baik terhadap perusahaan.
  • Permohonan maaf kepada rekan-reka dan pihak perusahaan atas segala kesalahan yang diperbuat selama bekerja di perusahaan.

Surat pengunduran yang diajukan kepada pihak perusahaan tentunya ingin di terima. Usahakanlah ketika keluar dari perusahaan, kalian telah menyelesaikan seluruh tugas serta tidak mengurangi berbagai hal positif.

Seperti yang telah dituliskan diatas bahwa jangan pernah menuliskan faktor gaji yang menjadi alasan keluar pekerjaa. Bersikaplah dengan professional dan saling menghargai satu sama lain.

Tips Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar
thesaleslion.com

Terdapat beberapa tips agar pembuatan surat pengunduran diri sesuai dengan prosedur serta menjadi contoh agar bisa membuat surat degan baik dan benar

Sebutkan tangga wan waktu saat akan melakukan pengunduran diri. Buat juga referensi pemberitahuan seperti yang telah tertulis dalam kontrak kerja dan beri tahu juga jika masih terdapat kontrak hingga batas periode.

  1. Surat harus to the point. Surat ini bersifat formal dan penting, maka isi dari surat ini pula harus berupa subjek mengenai pengunduran diri.
  2. Jangan pernah menyepelekan atasan atau instansi. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa atasan atau instansi tempat bekerja memiliki banyak sekali kekurangan.
  3. Berikan harapan yang baik kepada pihak perusahaan saat kita keluar. Serta berikan ucapan terima kasih atas pengalaman serta kesempatan yang telah diberikan.

Format Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Struktur penulisan surat pengunduran diri sebenarnya hampir sama dengan sura-surat formal lainnya, akan tetapi ada beberapa perbedaan seperti pada penulisan surat pengunduran diri akan lebih terasa berbeda.

Karena dalam penulisannya surat pendunduran diri harus mempertimbangkan etika serta penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Berikut ini adalah format penulisan surat pengunduran diri, sama seperti surat resmi lainnya, harus mengandung unsur-unsur yang ada di bawah ini :

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Nama dan alamat yang dituju
  • Isi surat dengan bahasa yang sopan
  • Tanda tangan
  • Materai (jika diperlukan)
Baca Juga  Arti Barakallah Fii Umrik dan Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia Lengkap

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar;

Contoh Susunan Surat Pengunduran Diri / Surat Resign

Tanggal Bulan Tahun

Nama lengkap Bapak / Ibu
Judul
Nama Perusahaan
alamat jalan
Kodepos

Dear [nama bos]

Dalam paragraf pertama kamu bisa menyatakan bahwa kamu mengundurkan diri. Jelaskan dengan singkat alasan atau alasan kamu untuk berhenti bekerja dari perusahaan tersebut.

Sangat tepat untuk memulai surat pengunduran diri dengan ‘Saya menulis untuk memberi tahu Anda’ tapi jangan sungkan untuk memakai kata-kata Anda sendiri selama mereka bersikap sopan dan profesional.

Ketika menutup paragraf pertama dengan ‘sayangnya, ini berarti saya tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya dengan …’ akan memberi surat pengunduran dengan baik dan terkesan lebih profesional dalam menggunakan nama bisnis sebenarnya dari perusahaan yang Anda maksud daripada ‘mereka’ atau ‘mereka’.

  • Anda dapat menyatakan jika Anda telah ditawari pekerjaan baru atau promosi di organisasi lain dan memberikan penjelasan singkat mengapa Anda menerimanya.‘Kesempatan akan melanjutkan karir saya’ adalah alasan bagus untuk menggunakan kata-kata tersebut.

Di dalam paragraf kedua, tuliskan dengan rinci seperti tanggal, dan bisa kamu tulis apapun yang akan kamu butuhkan untuk membereskan pekerjaan sebelum kamu pergi.

Mengklarifikasi tanggal hari terakhir kamu akan membuat atasan kamu mengetahui seberapa lama dia harus menemukan seseorang untuk menggantikan kamu.

Sebaiknya berikan detail kontak kamu sehingga atasan kamu bisa menghubungi mereka jika mereka memiliki pertanyaan tentang proyek yang sedang kamu kerjakan sekarang. Ini akan membuat transisi jauh lebih mudah untuk semua orang.

  • Ringkas tentang rincian yang perlu kamu sebutkan. Jika perlu waktu terlalu lama untuk menjelaskan beberapa rincian, pertimbangkan untuk menyebutkannya secara singkat dan berbicara dengan atasan Anda tentang hal itu selama pertemuan Anda.

Sebaiknya menutup surat Anda dengan ‘Saya menyesalkan ketidaknyamanan yang mungkin saya timbulkan’ dan memberikan pernyataan positif singkat tentang waktu yang Anda habiskan untuk bekerja di tempat yang Anda tinggalkan.

Menutup surat Anda sepanjang baris ini akan melunakkan apa yang bisa menjadi berita sulit bagi atasan Anda untuk didengar.

  • Tidak perlu diakhiri dengan sebuah kalimat tentang seberapa besar Anda menikmati pekerjaan Anda. Tapi jika rasanya alami untuk memasukkan hal ini maka lakukanlah.

Terakhir, dengan sopan berterima kasih kepada atasan atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikannya selama bekerja di perusahaan.

  • Bersikap sopan dan menunjukkan penghargaan atas kesempatan yang telah Anda berikan akan meninggalkan kesan keseluruhan yang baik pada atasan Anda.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

  • Jika kamu menulis dengan mesin ketik komputer kamu bisa terlebih dahulu untuk pindai tanda tangan Anda dan masukkan ke dalam dokumen tersebut.

Namamu

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Bandung, 24 Agustus 2017

Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Jaya Maju Sejahtera
Jl.KH. Wahid Hasyim, No. 15
Bandung

Dengan Hormat

Melalui surat ini saya Dani Permana bermaksud mengundurkan diri dari PT. Jaya Maju Sejahtera sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal (tgl__Bln__Thn__)

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Jaya Maju Sejahtera apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT. Jaya Maju Sejahtera dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya

(tanda tangan)

Dani Permana

Contoh Surat Pengunduran Diri Resign

Bandung, 24 Agustus 2017
Kepada, Yth, Kepala. HRD PT. Jaya Maju Sejahtera
Dengan Hormat

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Jaya Maju Sejahtera berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama               : Dani Permana
Departemen    : Marketing Research
Jabatan            : Manager Marketing
No Karyawan  : 1-1101-0987

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Jaya Maju Sejahtera karena sakit yang saya derita. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terima kasih

Hormat Saya

(tanda tangan)

Dani Permana

Baca Juga  Sholat Jumat - Niat, Tata Cara, Keutamaan, Hadist dan Bacaan [Lengkap]

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

 Magetan, 2 Agustus 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Jujur Mandiri
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Indah Ningsih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Jujur Mandiri sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2016. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Jujur Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Jujur Mandiri semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Indah Ningsih

Contoh Surat Pengunduran Kerja

Malang, 21 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Maju Selaras Bersama
Jl. Ir. Soekarna No 23-25
Malang

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Ahmad Musa bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Maju Selaras Bersama sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 21 Maret 2016.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Maju Selaras Bersama. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Maju Selaras Bersama jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Maju Selaras Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Ahmad Musa

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Malang, 01 Mei 2015

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kiara Maju
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Anwar Sanusi
Departemen     : PT. Maju Mundur
Jabatan             : Mekanik
No. Karyawan  : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Kiara Maju dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Anwar Sanusi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Cianjur, 08 April 2016

Kepada
Yth Pimpinan
CV. LAKU JAYA MOTOR
Cianjur

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Sofi Lestari
Alamat   : Jl. Silihasih Gg. H. Maman No. 23 Rt/Rw. 01/07 kel. Kebonjati Kec. Ciwalini
Jabatan : Sales Counter

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin pertanggal 19 April 2016. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja ditempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Sofi Yulianti

Contoh Surat Pengunduran Diri Pribadi

Surabaya, 6 Maret 2016

Kepada Yth,
HRD Menejer
PT. Maju Lancar
Jalan Jembatan Merah Nomor 12
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Hendar Wadiman bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Maju Lancar sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 17 April 2016. Saya Sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Maju Lancar. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menambah wawasan dan pengalaman dibindang yang lain.

Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Maju Lancar atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak sengaja.

Saya berharap PT. Maju Lancar semakin maju dan berkembang sehingga dapat lebih mensejahterakan karyawannya dan banyak orang. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Hendar Wadiman

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Surabaya, 13 Januari 2015

Kepada Yth,
Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA Negeri 24 Bandung

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :
Nama : Dinda Amalia
Kelas : XI IPA 5
Jabatan : Sekretaris

Baca Juga  Pelajari! Teknik Dasar Berenang untuk Pemula Serta Macam-macam Gaya Renang

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Pengurus OSIS SMA Negeri 24 Bandung. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

  • Orang tua tidak menyetujui.
  • Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar saya.
  • Minat saya untuk menjadi Pengurus OSIS sudah tidak ada.

Selama satu tahun memegang tanggung jawab sebagai Sekretaris Pengurus OSIS, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pelajaran serta melatih kemampuan saya dalam berorganisasi.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus OSIS dan Pembina OSIS SMA Negeri 24 Bandung. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya pernah melakukan kesalahan atau kekhilafan selama mengemban amanah menjadi Sekretaris Pengurus OSIS.

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Mengetahui,
Orang Tua Murid Yang Mengajukan

(Mahfud Efendi) (Dewi Permata)

Menyetujui,
Pembina OSIS Ketua OSIS 2015/2016

(Indra Arifin P) (Jaya Mahendra)

Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa dari Kampus

Dalam surat pengunduran diri atau surat resign mahasiswa dari kampus untuk berhenti kuliah sebetulnya tidak jauh berbeda dengan surat pengunduran diri dari sekolah.

Akan tetapi surat pengunduran diri dari kampus sedikit lebih rumit pada formatnya.

Oleh sebabt itu, bagi kamu yang ingin mengundurkan diri dari kampus sebaiknya kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Terdapat 3 jenis surat resign atau surat pengunduran diri dari kampus. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Surat pengunduran diri yang pertama yaitu surat resign yang disampaikan kepada pembimbing akademik. Kemudian, surat ini akan diteruskan ke dekan, dan setelah itu dekan akan memberikannya kepada rektor.
  2. Surat pengunduran diri yang kedua adalah pengunduran diri secara langsung, yaitu dari mahasiswa yang bersangkutan ke rektor kampus dengan syarat harus memperoleh persetujuan dari pihak yang terkait.
  3. Surat pengunduran diri yang ketiga secara umum yaitu diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Adapula bagian-bagian dalam surat pengunduran diri dari kuliah adalah sebagai berikut.

  • Bagian pembuka
  • Bagian pendahuluan
  • Bagian Penutup
  • Mengetahui

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri mahasiswa dari kampus yang baik dan benar.

Nomor : /UN24.08/PP/
Lampiran : 1
Hal : Pengunduran Diri Sebagai MahasiswaKepada Yth,
Rektor Universitas Bandung
Di BandungBersama dengan surat ini, saya mengajukan permohonan pengunduran diri mahasiswa dengan data pribadi dibawah ini :Nama : Fikri Saifullah
NIM : 2502786120
Jurusan : Teknik Mesin
Fakultas : Teknik
Aktif Kuliah : Semester 1 sampai dengan semester 6
Alamat : Jalan Manglid Timur, Perumahan Margahayu Kencana Blok III/11Selanjutnya saya mohon kepada rektor untuk memberikan surat keterangan pengunduran diri untuk saya dengan kelengkapan transkrip akademik sebagaimana yang sudah terlampir.Atas perhatian Bapak Rektor, saya ucapkan terimakasih.

Nama

Fikri Saifullah

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

Menjadi seorang ibu pasti memiliki tanggung jawab yang cukup besar, terutama bagi ibu muda yang baru merasakan kehamilan yang telah mendekati usia 9 bulan, pasti akan berfikir, ingin memilih yang mana antara pekerjaan atau merawat bayi nantinya.

Jika kamu sudah memilih dan ingin meninggalkan pekerjaan Anda karena kehamilan, gunakan contoh surat pengunduran diri sebagai contoh untuk pemberitahuan resmi Anda.

Magetan, 17 Januari 2016Kepada Yth,
Dir. HRD
PT. Maju Sejahtera
Di TempatDengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama               : Lestari Setianingsih
Departemen     : Staff Operator
Jabatan             : Karyawan
No.Karyawan    : 2509074Saya menulis untuk memberi tahu Anda bahwa saya akan meninggalkan PT. . Maju Sejahtera karena kehamilan saya. Dengan kesedihan saya meninggalkan pekerjaan di mana saya telah bekerja dengan tim hebat dan benar-benar menikmati berbagai proyek dan tantangan.

Sesuai kontrak kerja saya, saya memberikan pemberitahuan satu bulan dan minggu terakhir saya di sini akan dimulai pada tanggal 24 Januari 2016. Saya yakin bahwa saya akan dapat menyelesaikan proyek saya pada saat itu dan menyelesaikan proses penyerahan. Saya berencana untuk tinggal di rumah bersama bayi selama beberapa tahun tapi saya terbuka untuk diskusi tentang kembali bekerja di masa depan pada saat itu.

Terima kasih atas semua dukungan Anda selama waktuku di perusahaan, dan tolong hubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut kepada saya.

Dengan hormat

[Tanda Tangan]

Lestari Setianingsih

Contoh Surat Pengunduran Diri Dalam Bahasa Inggris

Untuk contoh surat pengunduran diri dalam Bahasa Inggris bisa dibuka disini

***

Itulah tips, cara membuat dan contoh surang pengunduran diri yang baik dan benar. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian yang berniat resign dari perusahaannya.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment