Fantastis! 10+ Jenis-jenis Ikan Arwana dengan Harga Selangit [LENGKAP]

Masih maudisini kan? Kalian pasti tahu ikan yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan, yaa Ikan Arwana. Kali ini akan dibahas jenis-jenis Ikan Arwana. Harga Ikan Arwana ini pun tidak kalah menarik karena bisa dibandrol hingga puluhan juta rupiah.

Sangat fantastis memang, mengingat Ikan Arwana ini memang banyak dicari oleh golongan menengah keatas. Entah itu untuk membawa hoki atau hanya sebatas koleksi. Simak artikelnya berikut untuk mengetahui lebih jauh jenis jenis arwana

Ikan Arwana

Jenis-jenis Ikan Arwana
pinterest.com

Ikan Arwana (Scleropages formosus) merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari kawasan Asia Tenggara yang sangat digandrungi oleh banyak orang. Bisa juga disebut sebagai Siluk Merah atau “Ikan Naga”.

Disebut demikian karena Ikan Arwana ini sering disangkut-pautkan dengan Naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana masuk kedalam ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae dan termasuk hewan purba.

Berbagai mitos bermunculan bahwa ikan ini bisa membawa keberuntungan dan bisa menjaga rumah dari gangguan roh-roh jahat.

Selain mitos tersebut, para pembeli biasanya menjadikan Arwana sebagai ikan hias karena memiliki daya tarik berupa bentuknya yang unik dan indah serta warnanya yang sangat cantik. Maka tidak heran banyak orang yang berusaha mencarinya.

Di Indonesia sendiri ikan ini banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Kalimantan dan Irian. Adapun beberapa varietas yang tersebar di berbagai kawasan Asia Tenggara.

  • Varietas berwarna merah banyak ditemukan di Indonesia
  • Varietas berwarna emas banyak ditemukan di Malaysia
  • Varietas berwarna emas dengan ekor merah banyak ditemukan di Indonesia
  • Varietas berwarna Hijau banyak ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand dan Malaysia

Namun sayang, pada tahun 2004 silam dragon fish ini masuk ke dalam spesies yang hampir punah, dilansir oleh IUCN. Hal itu terjadi karena ikan ini semakin sering diperdagangkan dan harganya memang sangat mahal.

Apalagi bagi orang-orang yang percaya feng shui, mereka tidak akan segan merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini.

Ciri-ciri Fisik Ikan Arwana

Jenis-jenis Ikan Arwana
qianhuarowana.com

Ikan Arwana memiliki badan serta kepala yang agak padat dan tubuhnya yang pipih dengan punggung yang datar. Ikan Arwana memiliki bentuk yang ramping serta memanjang seperti sebilah pisau.

Bentuk tubuh yang ramping serta sisik yang besar membuat kan ini mampu meliuk-liuk dengan indah pada kolam atau aquarium.

Bentuk mulut dari ikan ini mengarah keatas dan mempunyai ciri khas dari ikan ini, yaitu dua buah sungut yang beda tepat di bibir bawahnya. Kegunaan sungut tersebut sebagai sensor getar untuk mengetahui dimana posisi mangsa.

Sungut inilah yang menjadi alasan kenapa Ikan Arwana disebut sebagai ikan naga yang menjadi simbol keberuntungan, kejayaan, dan keperkasaan.

Bentuk mulutnya yang lebar dan rahangnya sangat kukuh, terdapat 15 hingga 17 gigi. Alat pernapasan berupa insang nya pun dilengkapi dengan penutup insang.

Letak sirip dari ikan ini berdekatan dengan pangkal sirip ekor dan letak sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggungnya, bahkan bisa mencapai sirip perut. Ikan ini bisa mencapai panjang sekitar 20cm – 24cm. Jika sudah dewasa bisa mencapai 30cm – 80cm.

Jenis-jenis Ikan Arwana

Bukan hal yang aneh jika Ikan Arwana ini banyak yang mencari mulai dari berbagai kalangan. Bagi pecinta ikan hias pasti tidak lengkap rasanya jika tidak ada ikan ini di dalam rumah mereka.

Baca Juga  20 Contoh Rumusan Masalah Skripsi, Makalah, Penelitiaan, Proposal [LENGKAP]

Ternyata banyak sekali jenis ikan ini yang masih sedikit orang yang tahu. Yuk simak jenis-jenis  Arwana dibawah ini dari berbagai daerah di dunia.

Arwana Merah – Arwana Super Red

Jenis-jenis Ikan Arwana
gambar.maknyus.net

Arwana merah merupakan Ikan Arwana yang berasal dari Indonesia. Sangat mudah untuk menemukan Ikan Arwana jenis ini di daerah Kalimantan Barat, tepatnya di Sungai Kapuas dan Sentarum.

Jika ingin mendapatkan Arwana merah ini, kita tidak perlu repot-repot datang langsung ke Kalimantan. Para pecinta Ikan Arwana telah banyak mengembangbiakan jenis ini dan termasuk mudah untuk mendapatkannya.

Adapun yang dimaksud dengan Arwana Super Red  adalah warnanya yang yang lebih cenderung pada warna merah darah dan warna merah cabai. Untuk warna merah emas dan merah orange itu disebut sebagai Super Red dengan tingkatan yang paling rendah.

Terdapat 4 jenis Arwana merah yaitu merah emas (Golden Red), merah darah (Blood Red), merah orange (Orange Red) dan merah cabe (Chilli Red). Jenis tersebut dinamakan dengan Arwana Super Red tingkat pertama.

Ikan ini memiliki warna merah pada sirip ekor, sungut, dan dayung pada bagian tubuh. Akan Nampak ring pada ikan arwana ini pada saat ukurannya mencapai 25 cm.

Ring ini belum mengeluarkan warna merah yang mencolok. Ring pada ikan ini adalah warna yang mengkilap pada pinggir sisiknya.

Barulah pada usia 3 hingga 4 tahun akan mulai keluar warna merah pada badan Arwana ini. Dalam mempercepat pertumbuhan warna merahnya, para pecinta Ikan Arwana biasa melakukan beberapa trik.

Trik tersbut biasanya dengan cara memberikan pakan yang berkualitas tinggi, melakukan tanning dan ditempatkan pada kolam yang terkena pancaran cahaya matahari.

Arwana Cross Back Golden – X Back Golden

Jenis-jenis Ikan Arwana
usonlineads.com

Ikan Arwana Cross Back Golden bisa kita jumpai di negara tetangga yaitu Malaysia, tepatnya di daerah Johor, Perak, Danau Bukit Merah, dan Trengganu. Maka dari itu ikan ini dijuli dengan Golden Pahang, Bukit Merah Blue dan Malaysia Gold.

Terdapat beberapa jenis Ikan Arwana ini, yaitu Cross Back dan Cross Black Golden. Pada jenis Cross Back Golden terdapat 4 jenis yang berdasarkan pada warna sisiknya.

Keempat jenis tersebut adalah warna dasar perak (Silver Based), warna dasar emas (Gold Based), warna dasar biru (Blue Based) dan warna dasar ungu (Purple Based).

Saat dewasa, Ikan Arwana ini akan muncul ring yang melingkar melewati punggung sehingga diberi nama Arwana Cross Back.

Arwana Red Tail Golden – Golden Red

Jenis-jenis Ikan Arwana
fish.kiev.ua

Ikan Arwana jenis ini bisa kita temukan di wilayah Indonesia, yaitu di Sumatera dan Pekan Baru. Arwana ini termasuk ke dalam varietas Arwana Golden (Arwana Golden Indonesia). Sifatnya lebih agressif dibandingkan dengan Cross Back Golden.

Namun sangat disayangkan, jenis jenis Arwana ini tidak memiliki warna emas pada sisik yang melewati punggung. Warna emas ini biasanya hanya mencapai pada baris ke empat atau lima.

Terdapat beberapa warna yaitu warna dasar biru (Blue Based), warna dasar hijau (Green Based), dan warna dasar emas (Golden Based).

Arwana Red Tail Golden muda akan lebih mudah kusam dibandingkan dengan Arwana Red Tail Golden tua. Pertumbuhannya pun bisa melebihi dari Arwana Cross Back Golden

Jika dilihat sekilas, Arwana Red Tail Golden hampir mirip dengan Cross Back Golden, namun saat mencapai panjang 20 cm,

Arwana Red Tail Golden akan memiliki ring pada perut berwarna hitam sedangkan Arwana Cross Back Golden memiliki ring pada bagian punggung berwarna merah

Baca Juga  Jual Silica Gel Blue dan White (Sachet dan Curah) Kualitas Import Terbaik Harga Grosir!

Meskipun harga ikan ini lebih murah dari super red, tapi bisa memilikinya akan menjadi sebuah pride bagi sang pemilik.

Arwana Hijau – Arwana Golden Pino

Jenis-jenis Ikan Arwana
duniaq.com

Ikan Arwana jenis ini sering ditemukan di Negara Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia. Di Indonesia sendri ikan ini banyak ditemukan di Kalimantan.

Pada dasarnya, Ikan Arwana ini memiliki ciri warna kelabu kehijau-hijauan dengan pola garis yang berwarna gelap pada ekornya. Bentuk mulutnya pun lebih besar dan bulat jika dibandingkan dengan jenis jenis Arwana lainnya.

Meskipun jenis ini tidak memiliki ring, namun memiliki warna yang cantik dengan warna hijaunya yang cerah. Sirip ekornya merupakan kombinasi warna antara abu kehijau-hijauan. Sedangkan warna pada bagian badan lebih dominan warna hijau semi perak.

Baca Juga: 69+ Macam Ikan Hias Mulai Dari Air Tawar, Air Laut dan Ikan Hias Termahal

Arwana Banjar

Jenis-jenis Ikan Arwana
ikanhias-yuli.org

Ikan arwana ini bisa dibilang jenis Arwana merah kelas dua. Tapi jangan salah, ikan arwana ini bukan merupakan strain murni arwana merah. Hal itu ditunjukan dengan sirip yang berwarna orange atau kuning. Bahkan tidak ada sedikit pun warna merah pada bagian tubuhnya.

Ikan arwana ini memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut. Kermiripannya dengan ikan arwana merah muda membuat orang awam sering terjebak dalam membedakannya. Padahal jelas satu sama lain itu berbeda.

Arwana Irian – Arwana Jardini

Jenis-jenis Ikan Arwana
majalahikan.com

Ikan Arwana Irian memiliki warna dasar hitam kecoklatan dengan bintik-bintik keemasan pada bagia tengah sisiknya. Pada bagian ekor, pipi, dan siripnya juga terdapat bintik-bintik keemasan.

Para pecinta Ikan Arwana dapat menemukan jenis ini di Pulau Irian tepatnya di sekitar sungai Kabupaten Merauke. Aslinya Ikan Arwana Irian atau Jardini ini berasal dari Australia. Terdapat dua jenis yaitu Scleropqges dan Scleropqges Leichharti.

Jenis Scleropages Jardini memiliki warna dasar lebih gelap dan jenis Scleropages Leichharti memiliki warna dasar lebih gelap. Ikan Arwana Jardini ini termasuk jenis Ikan Arwana yang unik.

Arwana Arapaima Gigas

Jenis-jenis Ikan Arwana
citinews.net

Ikan Arwana Arapaima Gigas merupakan ikan jenis air tawar terbesar di dunia dan masih memiliki hubungan kerabat dengan Arwana. Pada saat usia dewasa, panjangnya bisa mencapat 3 meter atau bahkan lebih. Sedangkan beratnya bisa sampai 200kg.

Arwana Arapaima Gigas ini bernapas dengan mengambil oksigen langsung dari atmosfer (Obligate Air Breather). Ikan muda akan muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen setiap 5 menit. Ikan dewasa akan muncul setiap 15 menit hingga 20 menit.

Jika air di lingkungan ikan ini sedikit atau menyusut maka secara otomatis kadar oksigen pun akan menurun. Apabila hal ini terjadi maka ikan ini akan menghirup udara langsung dari atmosfer.

Hal lain yaitu jika lingkungannya kering, ikan ini akan menggulung membentuk sebuah bola. Fungsinya adalah untuk membenamkan diri dalam sebuah lubang hingga air kembali.

Biasanya ikan ini terdapat di perairan Essequito dan Amazon serta merupakan jenis ikan yang dilindungi oleh undang-undang di Negara Guyana. Selain itu, ikan ini juga dilindungi oleh CITES dan IUCN.

Ikan Arwana Arapaima Gigas ini sudah termasuk ke dalam hewan langka. Pada Bulan Deserber tahun 2001 populasinya diperkirakan kurang dari 850 ekor di Hutan Iwokara pada lahan basah Rupununi.

Pada saat dewasa, lidah Ikan Arwana ini mampu mencapai 15 cm. oleh penduduk setempat lidak yang memiliki tekstur kasar ini sering digunakan untuk kikir atau hamplas pada permukaan kayu.

Arwana Silver – Arwana Brazil

Jenis-jenis Ikan Arwana
cameronsgrier.blogspot.co.id

Ikan Arwana Silver ini sering juga disebut ikan Arwana Brazil. Jenis inilah yang paling sering dijumpai karena harganya yang terhitung terjangkau. Bentuk tubuh dari ikan ini panjang serta memiliki sirip yang panjang pula.

Baca Juga  Struktur Sel Hewan Lengkap dengan Penjelasan, Gambar, Fungsi dan Bagian Organel-Organelnya

Ikan ini akan sangat indah dipandang jika telah berukurukan dewasa, sekitar 50 cm hingga 60 cm. Pada awal mulanya ikan ini berasal dari Amerika Selatan, namun sekarang sudah banyak dikembangbiakan di Indonesia.

Menurut kabar yang beredar bahwa ikan ini telah ada dengan warna platinum silver alias warnanya yang menyerupai warna platinum pada bagian seluruh tubuhnya.

Arwana Black Golden

Jenis-jenis Ikan Arwana
binatangpeliharaan.org

Ikan Arwana Black Golden ini merupakan salah satu jenis dari ikan Arwana Golden. Biasanya terdapat di Negara Malaysia daerah Johor, Trengganu, Perak, dan Bukit Merah.

Ikan sangat sulit untuk didapatkan karena harganya yang jauh lebih mahal ketimbang jenis jenis arwana lainnya. Arwana Black Golden memiliki warna emas dan diselimuti sisik tebal yang berwana hitam.

Arwana Afrika – African Arwana

Jenis-jenis Ikan Arwana
ferboes.com

Ikan Arwana Afrika dan Arwana Silver sama-sama berasal dari Afrika. Ikan ini berasa dari Afrika bagian timur Seperti Senegal, Gambia, dan Kamerun. Meskipun berasa dari daerah yang sama, tapi terdapat beberapa perbedaan dengan Arwana Silver.

Perbedaan tersebut berada pada bentuk kepala yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Arwana Silver.

Harga Ikan Arwana

Sudah menjadi sebuah mitos yang menyebar luas bahwa dengan memelihara ikan ini maka akan mendatangkan keberuntungan bagi pemeliharanya. Maka dari itu, tidak heran jika harganya bisa sampai selangit.

Masalah mitos itu kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing, yuk kita lihat macam-macam harga dragon fish ini :

  • Arwana Super Red = Rp. 6.800.000,-
  • Arwana Golden (Cross Back, Cross Black Golden) = Rp. 20.000.000,-
  • Arwana Golden Red (Red Tail Golden) = Rp. 4.200.000,-
  • Arwana Banjar Merah = Rp. 1.800.000,-
  • Arwana Irian – Arwana Jardini = Rp. 3.500.000,-
  • Arwana Silver = Rp. 2.000.000,-
  • Arwana Araipama Gigas = Rp. Rp 750.000 – 10.000.000,-
  • Arwana Hijau – Green Arwana – Golden Pino = Rp. 4.200.000,

Makanan Ikan Arwana

Harganya yang mahal maka perawatannya pun harus benar-benar dijaga. Salah satunya adalah pemberian pakan untuk jenis-jenis Ikan Arwana. Kesehatan Arwana akan sangat berpengaruh terhadap sisiknya.

Akan sangat jelek jika ikan ini memiliki sisik yang berwarna pudar. Padahal salah satu keindahaln ikan ini berada pada sisiknya yang terang dan cerah. Pemilik ikan harusnya selektif dan sangat menjaga asupan ikan ini. Berikut pakan pakan terbaik untuk Ikan Arwana.

Cacing Darah Beku

Jenis-jenis Ikan Arwana
bukalapak.com

Cacing darah beku sangat baik untuk diberikan pada jenis-jenis ikan arwana yang baru berukuran kurang lebih 8cm. makanan ini memiliki gizi yang bagus untuk ikan serta memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah untuk mendapatkannya.

Udang atau Ruuh

Jenis-jenis Ikan Arwana
arwanaqu.blogspot.co.id

Udang adalah makanan terbaik untuk Ikan Arwana karena dapat memberikan perubahan warna yang sangat baik pada bagian sisik ikan. Sebelum diberi makan udang, maka bagian sungut udang yang keras harus dibuang agar tidak merusak mulut ikan. Pemeberian udang bisa di selang seling dengan makanan lain.

Katak Kecil atau Kodok

Jenis-jenis ikan arwana
duniaq.com

Pakanan ini sangat baik untuk pemenuhan lemak dan daging. Sangat baik untuk pertumbuhan Arwana. Namun perlu digaris bawahi bahwa katak kecil tidak bisa dijadikan pakanan utama karena dapat merusak sisik jika dikonsumsi secara berlebihan

Jangkrik

Jenis-jenis Ikan Arwana
obudidaya.blogspot.co.id

Jangkrik adalah makanan utama untuk Ikan Arwana. Hal itu karena jangkrik memiliki kandungan betakaroten yang berguna untuk menjaga warna sisik agar tetap baik dan cerah. Sebelum memberikan pakan ini untuk ikan, diharuskan memotong kaki jangkrik agar tidak merusak mulut dan perut saat dimakan oleh ikan.

***

Setelah membaca nya apakah ada keinginan untuk mengoleksi jenis-jenis Ikan Arwana?

Pada dasarnya kita harus mengagumi dan mensyukuri atas seluruh ciptaan-Nya. Termasuk juga mengagumi keindahan Ikan Arwana ini. Terlepas dari mitos mitos yang berdar itu dikembalikan lagi kepada kepercayaan setiap orangnya 😊

Semoga Bermanfaat.

1 thought on “Fantastis! 10+ Jenis-jenis Ikan Arwana dengan Harga Selangit [LENGKAP]

Leave a Comment