Perkembangan, Istilah, dan Sejarah Baseball di Dunia

Masih maudisini kan? Apakah kalian tahu olah raga yang menjadi mayoritas di negara adidaya Amerika Serikat. Baseball merupakan salah satu olah raga yang paling banyak peminatnya di negara tersebut, maka artikel kali ini akan membahas sejarah baseball.

Pada abad ke-19 sudah mulai bisa telusuri bagaimana olah raga ini bisa bisa mulai ramai peminatnya. Awalnya para pemain amatir menggunakan peralatan seadanya yang dibuat di rumah.

Rumor sempat beredar bahwa Abner Doubleday yang menjadi pelopor olah raga baseball saat perang saudara terjadi.

Awal Mula Sejarah Baseball

sejarah baseball
cleveland.com

Baseball mulai dikenal pada tahun 1791 di Pittsfield, Massachusets, Amerika. Tepatnya pada tahun 1903 dalam berita Inggirs beredar sebuah artikel yang diterbitkan oleh Henry Chadwick bahwa baseball berasal dari tanah Inggris.

Permainan itu berasal dari olah raga Rounders dan telah dimainkan oleh Henry Chadwick. Namun hal itu langsung dibantah oleh Albert Spalding, bahwa baseball merupakan olah raga yang dimulai di negara Amerika.

Dalam menyelesaikan permasalahan siapa penemu baseball ini, maka mulai ditunjuklah sebuah komisi yang dipimpin langsung oleh Abraham Mills, seorang Presiden Ke-4 Liga Nasional Baseball Klub Profesional. Komisi ini bekerja selama 3 tahun.

Maka hasil dari penelusuran ini menunjukan bahwa Abner Doubleday dinyatakan sebagai penemu olah raga baseball ini. Maka ia dinobatkan sebagai bapak dari olah raga baseball.

Abner Doubleday selaku penemu baseball diperkuat oleh opini yang berasal dari seorang insinyur pertambangan di Colorado. Baseball selalu dimainkan pada hari Sabtu di pinggiran Kota New York sejak tahun 1823.

Pada 23 September 1845 mulai didirikan klub pertama yaitu New York Knickerbockers. Klub ini beranggotakan Presiden Doc Adams dan Alexander Cartwright.

Baseball menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari warga Amerika. Terdapat beberapa pemain dalam olah raga. Pelempar bola di sebut pitcher, pemain pemukul bola dari pihak lawan disebut batter.

Baseball juga disebut dengan hardball untuk membedakan dengan softball. Banyak sekali perbedaan pendapat terhadap penemu ini, ada yang menyebutkan bahwa Abner Doubleday adalah penemunya, ada juga yang berpendapat bahwa Geroge Hancoc sang penemunya.

Baca Juga  Contoh Poster, Gambar Poster dan Contoh Slogan dengan Berbagai Tema Menarik, Unik dan Ispiratif

Seiring berjalannya waktu, mulailah bermunculan tim-tim di Amerika Utara, Karibia, Amerika Latin, dna Asia Timur. Di negara Amerika sendiri jumlah penonton yang datang ke stadion untuk menonton baseball lebih banyak ketimbang olah raga lain.

Abner Doubleday Sang Penemu Baseball

sejarah baseball
commdiginews.com

Abner Doubleday adalah seorang perwira karir Angkatan Darat Amerika Serikat, beliau lahir pada 26 Juni 1819 dan wafat pada 26 Januari 1893.

Beliau adalah memiliki peran penting dalam pertempuran di Gettysburg. Setelah perang berakhir, tepatnya di San Fransisco beliau mendapat hak paten utnuk mobil kereta api kabel. Beliau juga menjabat sebagai Presiden Theosfofical Society.

Abner Doubleday dinyatakan sebagai penemu baseball, walaupun terkait hal ini masih banyak kontroversi yang berkembang.

Meskipun memiliki karir dan pengalaman yang sangat banyak dalam bidang militer, namun dunia lebih mengenalnya sebagai penemu baseball.

Abner Doubleday wafat karena penyakit jantung. Beliau disemayamkan di New York dan dimakamkan di Arlington National, Virginia.

Permainan yang Menyerupai Baseball

Meskipun berbagai pertanyaa mengenai asal usul olah raga baseball, terdapat pula yang beberapa olah raga yang hampir mirip dengan baseball. Hal ini menambah pelik sejarah awal mula baseball.

Setiap olah raga yang mirip dengan baseball pada awalnya ada yang mengklaim menjadi cikal bakal baseball. Berikut ini adalah olah raga yang menyerupai baseball.

Rounders

sejarah baseball
inkandpixelscreative.co.uk

Rounders memiliki banyak sekali kesamaan teknis dengan baseball. Rounders terdiri dari 2 tim yang terdiri dari 6 hingga 15 pemain. Tedapat pula pelempar bola (pitcher), pemukul bola (batter), terdiri dari 4 pos (base).

Teknis permainan ini hampir mirip dengan baseball. Hingga pada akhirnya rounders di klaim menjadi cikal bakal olah raga baseball. Namun hal itu langsung dibantah keras

Cricket

sejarah baseball
bedandchai.com

Cricket sanga populer di Inggris, bahkan tercatat pula bahwa pertandingan pertama cricket dilakukan di Sussex, Inggris pada tahun 1697. Olah raga ini dilakukan dalam sebuah lapangan terbuka yang terdiri daru dua sisi.

Para pemain berusaha mengaluarkan “batsman” yang berusaha mencegah bola yang dilemparkan oleh bowler dari meruntuhkan yang ditempatkan pada tiga batang tegak dengan nama wickets.

Baca Juga  11+ Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut Sehat Alami [LENGKAP]

Saat batsman berhasil memukul bola, maka ia akan berjalan ke sisi yang berlawanan dari lapangan dan teru berjalan bolak balik hingga bola diambil oleh tim lawan.

Perkembangan Baseball di Indonesia

sejarah baseball
sportschannelindonesia.co.id

Pada tahun 1960, Indonesia telah mengenal baseball dan softball. Tapi yang menjadi pencetus utama di Indonesia belum diketahui hingga saat ini. Pada awalnya olahraga ini dibawah saat penjajahan.

Masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan nama kasti. Jakarta dan Bandung menjadi kota yang menjadi tempat olah raga ini berkembang di Indonesia. Bahkan hingga saat ini baseball lebih banyak dimainkan di Pulau Jawa.

Saat ini terdapat berbagai macam kategori dalam olah raga baseball, hal ini dilakukan untuk memperkenalkan baseball pada usia sedini mungkin mulai dari kategori SD, SMP, SMA hingga senior.

Perbedaan Baseball dan Softball

sejarah baseball
pecintabaseball.wordpress.com
  • Area pelempar bola (pitcher) pada baseball terdapat pada gundukan tanah, sedangkan pada softball tidak terdapat gundukan, hanya tanah yang rata saja.
  • Ukuran lapangan dari baseball lebih besar daripada softball. Namun bentuknya masih sama saja dari keduanya.
  • Cara melempar bola baseball itu dari atas lurus ke pemukul yang berada di depan, sedangkan olah raga softball dilempat dari bawah ke atas.
  • Ukuran bola dari baseball lebih kecil beberapa inchi dari ukuran bola baseball.
  • Baseball hanya dimainkan oleh pria, sedangkan softball dimainkan oleh pria dan wanita.

Istilah-Istilah dalam Baseball

sejarah baseball
hidupmulia.net

Terdapat istilah-istilah dalam olah raga baseball yaitu;

  1. Base adalah tempat bantalan yang harus dilewati oleh para pemain. Apabila pemain pemukul berhasil memukul bola, mereka harus menginjak base ini untuk memulai serangan.
  2. Hit adalah Pukulan yang berhasil dilakukan oleh pemukul. Pukulan tersebut sebisa mungkin harus melewati pemain di infield atau pemukul tersebut berhasil meraih base sebelum bola dilemparkan kearah penjaga base.
  3. Infield adalah Lapangan bagian dalam. Diisi oleh 1st base, 2nd base, shortstop, dan 3rd base, termasuk Catcher dan Pitcher. Dibatasi oleh sebuah garis yang menjadi penghubung keempat base tersebut.
  4. Inning adalah Babak dalam permainan baseball. Tedapat 9 inning dalam sekali permainan baseball, dan setiap inningnya tidak dibatasi oleh waktu.
  5. Bat adalah Tongkat atau stick Pemukul.
  6. Batter adalah Pemukul.
  7. Outfield adalah Bagian sisi luar dari lapangan. Diisi oleh Right Field, Center Field, dan Left Field.
  8. Ball adalah Lemparan yang mengarah ke zona luar dan tak menyentuh batas garis strike.
  9. Walk adalah Pemukul/batter menuju base pertama tanpa memukul jika ball yang dihasilkan mencapai angka 4.
  10. Double Play adalah sebutan untuk dua pemain out pada satu kesempatan memukul. Misalnya, pemukul memukul bola kearah 2nd Base. Shortstop atau 2nd Base yang mendapat bola menginjak base terlebih dulu dibanding pemain yang berusaha menuju base 2 dan mereka melemparnya menuju 1st Base untuk mendapatkan out kedua.
  11. Strike adalah Lemparan yang mengarah ke zona dalam. Apabila pitcher berhasil melakukan 3 kali strike, maka pemukul itu akan out.
  12. Out adalah Pemukul/batter yang gagal mencapai base atau mendapat strike sebanyak 3 kali. 3
  13. Out menandakan berakhirnya giliran memukul sebuah tim.
    Full Count adalah Hitungan penuh yang menunjukkan 3 Ball dan 2 Strike.
  14. Homerun adalah Hit yang keluar dari area lapangan, baik itu dari sisi kiri, tengah, maupun kanan.
  15. Foul adalah Bola yang berhasil dipukul namun hanya mengenai daerah dibelakang garis lapangan dalam.
  16. Mytt adalah Sarung tangan yang digunakan Catcher
  17. Home adalah Base yang dikuasai oleh Catcher. Pemain harus menyentuh home apabila ingin mencetak angka.
  18. Base Loaded adalah Base terisi penuh oleh para pelari.
  19. Balk adalah Kesalahan pitcher karena mengubah posisi kakinya yang sudah dalam posisi melempar untuk melakukan pick off terhadap pelari. Pelari yang berada dibase tersebut berhak menuju base berikutnya.
  20. Batting Order adalah Urutan pemukul. Tergantung kemampuan pemukul. Pemukul paling pertama disebut Leadoff hitter, sedangkan pemukul yang bertugas mencetak angka dan biasanya diurutan keempat disebut Clean Up Hitter.
Baca Juga  Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka | Pengertian, Dimensi ,Nilai-nilai, Ciri-ciri dan Contoh

***

Itulah sejarah dan berbagai istilah yang ada dalam baseball, memang terlihat agak sulit jika hanya sebatas membaca. Kalian harus mencoba olah raga ini, pasti akan terasa seru dan menyenangkan jika memainkannya secara langsung.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment