5+ Senjata Buatan Indonesia ini Ditakuti oleh Negara Adidaya

Masih maudisini kan? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai senjata militer buatan Indonesia yang ternyata negara Amerika dan Australia pun mewaspadai kehebatannya.

Berbicara keamanan Negara Indonesia tidak lengkap jika tidak membahas senjata militer buatan Indonesia. Senjata ini selalu dipakai oleh para Tentara Nasional Indonesia sebagai bentuk perlindungan diri dan melawan para musuh.

Senjata Militer Buatan Indonesia
4.bp.blogspot.com

Banyak sekali negara di dunia yang terkagum-kagum setelah mengetahui kehebatan senjata militer buatan Indonesia ini. Indonesia pun memiliki pasukan khusus yang termasuk kedalam 3 pasukan elite di dunia yaitu Kopassus.

Tidak heran jika negara tetangga kita sering diminta untuk melatih para tentaranya oleh Kopassus, sangat keren memang Kopassus ini.

Senjata Militer Buatan Indonesia

Senjata Militer Buatan Indonesia
jejaktapak.wordpress.com

Perlu kita ketahui bahwa negara kia ini telah melahirkan sebutah kekuatan besar yang sudah mulai diakui oleh militer dunia. Kekuatan besar ini adalah alutsista (Alat Utama Sistem Kerja) serta peralatan tempur.

Manfaat alutsista dan peralatan tempur ini adalah untuk menjaga kedaulatan negara. Alutsista ini diproduksi oleh perusahaan dalam negeri yaitu PT PAL, PT DI dan PT PINDAD. Negara asing pun sudah sering yang meng-eksport peralatan senjata tersebut.

Patut kita acungi jempol atas kemandirian Indonesia dalam menciptakan senjata militer. Hal ini terkait karena keinginan untuk tidak ketergantungan terus menerus terhadap senjata militer buatan luar negeri.

Tidak sia-sia, senjata militer buatan Indoseia ini langsung bisa mengalahkan senjata buatan luar negeri. Hal ini ditandi dengan menjuarai ajang menembak jitu skala Internasional.

Kehebatan alutsista ini menjadi sebuah ancaman bagi negara-negara pesaing yaitu Amerika dan Australia. Bukan hanya takut karena kehebatannya saja. Amerika dan Australia pun takut jika Indonesia menjadi negara muslim dengan kemampuan militer dan teknologi paling canggih:

Baca Juga  Tips, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah 6 senjata militer buatan Indonesia yang ditakuti oleh Amerika dan Australia sebagai negara pesaing:

Senapan Serbu SS-2

Senjata Militer Buatan Indonesia
jakartagreater.com

Senapan Serbu (SS) ini diproduksi oleh PT PINDAD, Senapan Serbu ini menjadi senjata yang cukup mematikan. Berbagai jeni senapan serbu yaitu SSI-VI, SS2-V2, SS1-V3 dan SS1-V5).

Adapula tipe Senapan Sniper yaitu SPR-1, tipe pistol P-1 dan P-2, Revolver R1-V1, R1-V2 dan RG-1. Serta masih banyak lagi tipe senjata api tipe revolver dan senapan yang diproduksi oleh PT PINDAD ini.

Institusi luar negeri yang paling sering barang produksi PT PINDAD adalah Cabelas’. Produk-produk yang sering mereka pesan adalah senjata berburu dan camping.

Negara Zimbabwe, Nigeria dan Mozambik dari Benua Afrika pun memesan senjata militer dari Indonesia. Negara tersebut biasanya memesan Senapa Serbu-2 (SS-2). Ada juga Thailand dan Singapura yang telah menjadi langganan pemesan SS-2.

Senapan serbu SS-2 merupakan produk langganan negara-negara Afrika seperti Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria. Selain itu, Thailand dan Singapura juga kerap memesan senjata tersebut.

Amunisi dan Peluru

Senjata Militer Buatan Indonesia
3.bp.blogspot.com

Beberapa dekade terakhir PT PINDAD terus memproduksi amunisi serta peluru. Tidak hanya memproduksi, tetapi juga menjadi penyalur utama untuk amunisi serta peluru bagi TNI dan Polri.

Amunisi dan peluru yang paling banyak dicari adalah untuk sejata kaliber 5.56 mm, 7.62 mm dan 9 mm.

Jangan meragukan masalah kualitas peluru dan amunisi yang diproduksi PT PINDAD. Sudah banyak sekali negara yang memesan amunisi dan peluru dari PT PINDAD ini. Singapura, Bangladesh dan Amerika menjadi negara yang mengeskpor amunisi dan peluru ini.

Singapura telah memesan sebanyak 10 juta peluru. Sedangkan Amerika telah memesan 1 juta peluru dengan nilai transaksi USD 200.000.

Baca Juga  Letak Geografis Indonesia Pada Peta Dunia Secara Rinci dan Lengkap

Peluru dan amunisi dari PT PINDAD ini telah digunakan untuk berbagai keperluan pertahanan negara, termasuk Indonesia.

Fast Patrol Boat

Senjata Militer Buatan Indonesia
3.bp.blogspot.com

PT PAL menjadi perusahaan di balik alutsista yang telah mendunia ini. Negara seperti Timor Leste telah meminati kapal ini untuk kepentingan militer.

Kapal ini memiliki kecepatan dan kemampuan untuk melakukan patrol pengaman yang sangat cepat dan efisien.

Fast Patrol Boat ini memiliki kecepatan yang sangat lincah dan mampu bermanuver hingga 30 knot. Tidak heran jika Fast Patrol Boat dapat melakukan patroli pengaman dengan optimal dan efisien.

Teknologi yang sangat canggih pun sudah terpasang pada Fast Patrol Boat ini seperti Radar NavNet. Teknologi ini mampu mengintegrasikan data peratalatan sistem navigasi seperti Echo Sounder, Speed Log serta GPS ke dalam peta elekronik.

Pesawat CN 235-MPA

Senjata Militer Buatan Indonesia
3.bp.blogspot.com

Pesara MPA merupakan singkatan dari Maritime Patrol Aircraft. Pesawat CN 235-MPA ini diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Pesawa ini memiliki kemampuan yang sangat stabil dan sangat diminati oleh negara luar.

CN 235-MPA menjadi pesawat yang paling sering di ekspor. Korea selatan telah memesan 4 unit pesawat ini. TNI Angkatan Laut juga telah memesan 6 unit CN-235 MPA pada tahun 2014 silam.

Panser Anoa

Senjata Militer Buatan Indonesia
defence-blog.com

Panser Anoa adalah kendaraan lapis baja yang telah mengukir berbagai prestasi di kancah dunia. Alutsista yang diproduksi oleh PT PINDAD ini telah mulai menjamin keselamatan Tentara Nasional Indonesia.

Teknologi yang canggih serta kemampuan di segala medan cuaca menjadikan Panser Anoa ini menjadi sangat menakutkan bagi para lawan dan sangat keren.

Prestasi yang telah ditorehkan adalah mampun meredam pemberontakan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan menjalankan misi dengan pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Baca Juga  Arti dari Logo Tut Wuri Handayani [Lengkap]

Kemampuan Panser Anoa ini telah teruji di Libanon sehingga negara Malaysia dan Brunai Darussalam mulai meng-eksport senjata militer buatan Indonesia ini.

Smoke Warhead

Senjata Militer Buatan Indonesia
prokerala.com

Smoke Warhead atau Kepala Roket ini menjadi salah satu senjata militer buatan Indonesia yang mampu menarik perhatian dunia. Alutsista mematikan ini mampu digunakan dalam berbagai misi pertempuran.

Smoke Warhead ini memiliki diameter 70 ml. Apabila dikombinasikan dengan Pesawat Super Tucano maka akan menghasilkan kemampuan yang sangat mengerikan. Teknologi informasi pada Smoke Warhead ini dapat diatur hingga bisa dijatuhkan dengan ketepatan sasaran yang akurat.

Cara kerja dari Smoke Warhead ini adalah pasa saat roket mengenai tanah, maka kepala roket akan lepas dan mengeluarkan asap selama 2 menit. Selama waktu itu pilot akan memutar haluan pesawat untuk melihat ppsisi jatuhnya roket.

Senjata militer buatan Indonesia ini telah dipesan oleh Chile sebanyak 260 unit dan sangat diminati oleh negara-negara lain.

Itulah keenam senjata buatan Indonesia, tidak disangka karya anak bangsa pada bidang Militer mampu membuat negara adidaya pun akan menakutinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi penyemangat agar Negara Indonesia semakin eksis di kancah dunia dalam berbagai bidang.

3 thoughts on “5+ Senjata Buatan Indonesia ini Ditakuti oleh Negara Adidaya

Leave a Comment