Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar, Penjelasan dan Cara Melakukannya [LENGKAP]

Teknik Dasar Bola Voli – Menguasai teknik dasar permainan bola voli merupakan hal yang penting buat untuk sebagai sebuah tolak ukur terhadap kemampuan kamu dalam bermain bola voli.

Tentunya bukan hanya teknik dasar bola voli saja yang wajib kamu miliki jika ingin menjadi seseorang yang handal dalam permainan bola voli. Terdapat faktor lain yang menjadi faktor penduku kamu dalam permainan bola voli ini.
Faktor tersebut adalah kondisi fisik, mental, penyusunan strategi dan skill yang mumpuni.

Nah, apabila kamu bertekad menjadi seorang pemain bola voli yang handal, kamu wajib menguasai teknik dasar bola voli. Banyak sekali tentunya keuntungan yang bisa kamu dapat jika menguasai teknik dasar bola bola voli ini. jika sebuah tim bola voli memiliki pemain yang menguasai teknik dasar permainan bola voli maka tim tersebut pastinya mempunyai kualitas serta kemampuan yang hebat sehingga bisa mengalahkan lawan-lawannya.

Coba kamu perhatikan video dibawah ini, video tersebut akan membantu kamu dalam mempelajari teknik bola voli dan bisa menambah semangat kamu agar lebih termotivasi dalam mempelajarinya.

Tapi, sebelum mempelajari teknik dasar bola voli ini, alangkah baiknya kamu mengetahui bagaimana sejarah bola voli ini, mulai dari penemu hingga sejarah awal bola voli.

Hal-hal seperti ini memang masih sedikit sekali yang mengetahuinya, maka dari itu ayok kita cari sama-sama mengenai sejarah bola voli ini.

Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
fivb.org

Singkatnya, permainan bola voli itu merupakan salah satu cabang olah raga yang dimainkan oleh 2 kelompok 2 dimana kedua tim tersebut saling berlawanan untuk saling mengalahkan dengan cara mengumpulkan poin tertinggi sehingga bisa memenangkan pertandingan.

Permainan bola voli tersebut dimain dengan cara melakukan service atau lemparan yang mengarah pada wilayah lawan, kita harus bisa melemparkan bola ke area lawan hingga melewati net yang menjadi pembatas kedua tim.

Ketika melakukan permainan bola voli maka usahakan bola harus kita jaga sehingga tidak sampai terjatuh di wilayah kita, kita juga harus sebisa mungkin agar bola yang kita arahkah ke wilayah tim lawan bisa menjadi poin dengan cara menjatuhkan bola di wilayah tim lawan.

Agar bola bisa masuk ke wilayah tim lawan tentunya tidak asal lempar, ada teknik dasar bola basket yang harus kuasai. Selaku pemain bola voli atau penyuka cabang olah raga voli harus bisa melemparkan bola kea rah lawan dengan teknik secara khusus dan benar.

Sejarah Bola Voli

teknik dasar bola voli
hotlasmanalu24.blogspot.com

Orang yang menciptakan bola voli ialah William G. Morgan, dia adalah seorang guru dengan profesi sebagai pengajar pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA) di wilayah ko9ta Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Ketika awal perkembangan sejarah boal voli, Morgan menciptakan permainan bola voli dengan cara memukul bola melewati net atau jarring-jaring yang menjadi pemisah antara tim musuh dengan tim kita.
Hingga perkembangan zaman berikutnya, permainan bola voli ini terus mengalami perkembangan hingga lebih baik lagi dan semakin modern. Pada awalnya permainan bola voli ini bernama mintonette dan berubah menjadi volley ball.

Perkembangan hingga bisa menjadi permainan bola voli ini diawali dengan alat yang dipakai dalam permainan, awalnya permainan ini menggunakan bola dan jarring. Hingga pada akhirnya Morgan mulai memesan bola khusus untuk permainan bola voli ini kepada perusahaan yang mampu memproduksi perlengkapan olah raga. Bola itulah yang sekarang kita kenal dengan nama bola voli.

Perkembangan Permainan Bola Voli di Dunia

teknik dasar bola voli
wikimedia.org

Pada awal terbentukanya permainan bola voli, nama permainan ini adalah mintonette. Sahabat Morgan yang bernama Dr. Halsted Springfield memberi masukan kepada beliau agar mengganti nama permainan ini.

Akhirnya Morgan pun menyetujui dan menggani nama mintonette menjadi volleyball, maka mulai saat itulah permainan bola boli ini semakin terkenal di dunia hingga saat ini.

Lembaga Pendidikan YMCA, dimana Morgan bekerja sebagai guru juga mulai mengadakan sebuah perlombaan bola voli. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan pamor serta menyebarluaskan permainan bola voli. Akhirnya pada tahun 1922, kejuaraan bola voli nasional berhasil diselenggarakan untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1929, Organisasi Nasional yang membawahi permainan bola voli berhasil didirikan dan diketuai oleh George J. Fisher. Semenjak saat itulah permainan bola voli ini mulai berkembang di berbagai negara seperti Jepang, Pakistan, Rumania, Inggris dan Uni Soviet.

Baca Juga  Surga Kecil di Pedalaman Kabupaten Pangandaran

Bahkan, pada tahun 1961 organisasi bola voli di Pakistan menyelenggarakan turnamen kompetisi dengan nama Morgan Cup Tournament. Turnamen ini diadakan sebagai bentuk rasa penghargaan terhadap William Morgan sebagai penemu dari permainan bola voli.

Di Indonesia sendiri, permainan bola voli mulai dikenal pada tahun 1928. Permainan bola voli ini dikenalkan kepada rakyat Indonesia melalui serdadu Hindia Belanda. Lalu pada 22 Januari 1955 dibentukan organisasi yang menaungi olahraga bola voli ini yakni Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
zimbio.com

Teknik dasar bola voli merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan permainan bola voli. Sehingga seorang pemain yang bola voli yang mampu menguasai permainan bola voli dengan baik bisa bermain dalam tim secara efektif serta efisioen. Sehingga dengan kemampuan seperti itu dapat mendukung dalam sebuah pertandingan.

Menurut pendapat seorang pakar yakni Dieter Beutelstah (2007:8) menyatakan bahwa teknik adalah sebuah prosedur yang telah dikembangkan berdasarkan praktik yang memiliki tujuan untuk menyelesaikan suatu masalah pergerakan dngan cara yang paling ekonomis, berguna dan mudah.

Berkenaan dengan teknik dasar bola voli, pakar lain yakni Aip Syarifudin, Muhadi (1991:187) berpendapat bahwa teknik merupakan pemahaman untuk melakukan berbagai macam gerakan yang berhubungan dengan permainan bola voli.

Jika melihat pada pernyataan diatas akan membuat kita bertanya-tanya bagaimana teknik dasar bola voli yang sesuai dengan prosedur serta gerakan teknik dasar sehingga bisa terciptanya sebuah teknik dasar yang optimal.

Mengetahui gerakan teknik dasar saja masih belum cukup untuk bisa menguasai permainan bola voli ini, kamu harus bisa mempraktikannya dengan baik dan benar, karena banyak yang telah mengetahui teorinya namun pada praktiknya masih banyak yang mengalami kesalahan.

Sehingga meskipun teknik dasar ini terkesan mudah dan simpel, namun harus terus dilatih dan dilatih lagi hingga tubuh kita mulai terbiasa dengan berbagai macam gerakan dari teknik dasar bola voli ini.

Macam-macam Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambarnya

teknik dasar bola voli
trunkweed.com

Permainan bola voli memerlukan tempo dengan waktu yang cukup cepat, maka untuk memainkan bola sangat terbatas. Apabila seorang pemain bola voli ini tidak memiliki teknik dasar yang cukup matang, maka kemungkinan besar akan sering terjadi kesalahan-kesalahan yang diakibatkan olehnya.

Dalam penguasaan permainan bola voli sangat penting bagi seluruh pemain yang ada di dalam lapangan. Hal seperti ini bisa dikatakan sangat penting dan fundamental sebagai salah satu proses keberhasilan sebuah tim dalam memenangkan pertandingan.

Sehingga dalam penguasaan bola yang baik dan sesuai harus ada teknik dasar yang mumpuni agar tim tidak dirugikan oleh pemain yang sering melakukan kesalahan. Berikut ini adalah teknik dasar permainan bola voli yang wajib kamu miliki jika ingin bermain bola voli.

  1. Teknik servis (service)
  2. Teknik passing bawah.
  3. Teknik passing atas.
  4. Teknik smash.
  5. Teknik menghadang (block).

Untuk kamu yang sebelumnya memang hobi dalam bermain bola voli pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai istilah-istilah teknik dasar diatas. Setelah kamu tahu dan paham mengenai berbagai istilah dalam teknik dasar permainan bola voli ini maka kita langsung saja praktik bagaimana caranya.

Teknik Service Dasar dalam Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
isamel-wwwcibanac20010.blogspot.com

Servis merupakan sebuah gerakan awal yang dilakukan oleh pemain utnuk memulai suatu pertandingan bola voli. Walaupun servis adalah tindakan awal dalam sebuah permainan, tapi bisa juga digunakan sebagai serangan awal yang cukup mematikan.

Jika kita menonton turnamen bola voli, pasti para pemain melakukan servis dengan sangat kuat sehingga menyebabkan bola melaju ke arah lawan dengan cepat dank eras, hal ini bisa saja membuat lawan merasa kesulitan dalam mengantisipasi sehingga bisa menambah poin untuk tim.

Service dilakukan ketika bola terjauh ke tanah, sehingga salah satu tim mendapatkan poin, dan tim yang melakukan service adalah tim yang memperoleh poin.

Dalam praktiknya, service ini dibagi menjadi tiga cara, yakni sebagai berikut;

Service bawah

Teknik service bawah dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Pemain berdiri dengan salah satu kaki di depan, dan menghadap ke arah jarring / net.
  2. Berat badan bertumpu ke kaki yang di belakang.
  3. Lambungkan dengan rendah bola voli ke atas.
  4. Gerakkan tangan kanan ke belakang, kemudian ayunkan ke depan untuk memukul bola ke arah daerah lawan.
  5. Pukulan dilakukan dengan mengepalkan tangan dengan kuat.
  6. Saat memukul bola voli, pindahkan berat badan ke kaki yang di depan.
  7. Terakhir, sebagai gerakan penutup, pindahkan kaki yang di belakang ke depan.

Service samping

  1. Teknik service samping dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  2. Pemain berdiri dengan kedua kaki dihadapkan ke segi lapangan.
  3. Pegang bola voli dengan tangan yang dijulurkan setinggi kepala.
  4. Lalu, lambungkan bola voli ke depan badan.
  5. Ayunkan ke belakang tangan yang digunakan untuk memukul.
  6. Tumpu berat badan ke belakang dengan sedikit menekuk kedua lutut.
  7. Angkat tangan dengan membentuk gerakan melingkar untuk memukul bola.
  8. Putarkan badan sedemikian rupa sampai menghadap net, lalu pindahkan berat tubuh ke depan.

Service Atas

Cara melakukan service atas adalah dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pemain berdiri dengan sedikit menekuk kedua lutut dan salah satu kaki di depan.
  2. Pegang bola voli dengan kedua tangan.
  3. Lambungkan bola voli dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian kira-kita 1 meter di atas kepala di depan bahu.
  4. Lalu, secepatnya tarik tangan kanan ke belakang atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke depan.
  5. Lentingkan tubuh ke belakang, dan selekasnya pukul bola dengan telapak tangan. Dalam hal ini, posisi tangan tetap lurus dan semua badan ikut bergerak.
  6. Ketika memukul bola, pindahkan beban tubuh ke depan.
Baca Juga  Pidato Bahasa Sunda (Biantara) Beserta Contoh Tentang Pendidikan, Perpisahan, Kebersihan, Kesehatan dan Lainnya

Jump service

Cara melakukan jump service adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pemain berdiri dengan merapatkan kedua kaki.
  2. Pegang bola voli dengan kedua tangan di depan tubuh.
  3. Lambungkan bola ke atas.
  4. Ketika bola melambung, lakukan tolakan dengan salah satu kaki ke depan agar mendapatkan lompatan yang optimal.
  5. Ketika mendapatkan ketinggian yang optimal, serta bola sudah di jangkauan lengan, maka pukullah bola tersebut.
  6. Saat memukul bola, pindahkan berat tubuh ke depan.
  7. Lalu, mendaratlah dengan baik.

Teknik Dasar Passing dalam Permainan Bola Voli

teknik dasar bola voli
tqn.com

Ketika kamu sudah mulai dikuasai makan teknik selanjutnya ialah teknik passing. Passing adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pemain untuk memberikan bola voli kepada kawan satu tim, biasanya teknik passing ini digunakan untuk menyusun strategi dalam merancang penyerangan.

Ketika kita melakukan teknik pasing yang tepat dan akurat terhadap sasarang makan bola bisa diarahkan kepada pemain selanjutnya dengan baik pula, sehingga bisa menyusun strategi penyerangan agar tim kita mendapat poin tambahan.

Secar umum, dalam teknik dasar bola voli terdapat 2 jenis passing, yakni passing atas dan passing bawah. Tentunya kedua passing ini berbeda sehingga memerlukan keahlian yang berbeda pula.

Teknik Bola Voli Passing Atas

teknik dasar bola voli
instructables.com

Teknik passing atas ini sangat efektif dan optimal untuk mengambil bola-bola atas. Biasanya passing atas ini lebih mudah dilakukan untuk mengumpan kepada pemain sesama tim, umpan-umpan passing atas ini sangat optimal untuk melakukan smash ke arah lawan.

Passing atas juga merupakan salah satu teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai untuk kamu yang cukup serius dalam menggeluti permainan bola voli ini. Hati-hati lah ketika melakukan passing atas, karena jika sampai salah maka jari-jari akan keseleo.

Teknik passing atas dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan sikap tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki sampai selebar bahu.
  2. Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan merendah dan dibungkukkan ke depan.
  3. Tumpu berat badan di ujung kaki bagian depan.
  4. Ketika bola datang, secepatnya tempatkan badan di bawah bola.
  5. Tangan diangkat dan lengan sedikit ditekuk, serta buka lebar jari-jari tangan dengan renggang sehingga membentuk seperti mangkuk.
  6. Ketika bola sudah sampai ke atas badan, dengan menekuk bagian siku atau pergelangan tangan, dan posisi tangan sedikit berada di atas dahi, lakukan perkenaan bola dengan baik, yaitu tepat di jari-jari tangan.
  7. Ketika bola menyentuh jari-jari, tegangkan jari supaya bola bisa memantul dengan baik, lalu dorong dengan menggerakkan pergelangan tangan untuk selanjutnya diikuti dengan meluruskan siku.
  8. Dalam mendorong bola, jari yang paling dominan untuk digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.
  9. Akhiri gerakan mendorong dengan sedikit mengangkat tumit dari tanah / lantai, menaikkan pinggul dan lutut, meluruskan kedua lengan, dan pandangan mengikuti ke arah gerakan bola.

Teknik Bola Voli Passing Bawah

teknik dasar bola voli
hubstatic.com

Teknik passing bawah dapat digunakan sebagai benteng pertahanan dalam menahan smash dari pihak lawan dan bisa juga untuk pengambilan bola setelah terjadinya block atau bola pantulan net.

Teknik passing bawah dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan membuka kedua kaki selebar bahu.
  2. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan sehingga kedua ibu jari sejajar.
  3. Ayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas sampai setinggi bahu.
  4. Ketika bola tersentuh kedua lengan, luruskan lutut.
  5. Perkenaan bola yang baik tepat yaitu di atas pergelangan tangan.
  6. Ketika melakukan passing bawah ke arah depan, lengan diayunkan tidak lebih dari 90 derajat dengan bahu atau badan.

Teknik Bola Voli Smash

teknik dasar bola basket
volleyballtechniquesforbeginners.blogspot.co.id

Smash atau lebih kita kenal dengan istilah pukulan kerans adalah sebuah bentuk serangan yang baling banyak dilakukan guna mendapatkan poin dalam suatu pertandingan boal voli. Seorang smasher sudah sepatutnya menguasai teknik ini dengan sempurna, teknik bola voli smash ini sangat efektik dalam mengalahkan lawan.

Teknik dasar bola voli smash ini harus dilakukan dengan tepat, cepat dan kencang sehingga bola yang diarahkah ke wilayah lawan sulit untuk diterima. Ketika melakukan teknik dasar bola voli smash terdapat beberapa juga jenis variasinya.

Hal itu terjadi karena setiap pemain memiliki kemampuan yang berbeda dalam melakukan smash, berikut ini adalah jenis jenis smash yang ada dalam permainan bola voli;

  • Frontal smash (smash depan).
  • Frontal smash twist (smash depan dengan memutar).
  • Dump (tipuan).
  • Smash dari pergelangan tangan.

Nama lain smash adalah spike, teknik bola voli ini dilakukan dengan cara memukul bola dengan kekuatan penuh sambil melompat, lalu bola diarahkan ke wilayah lawan yang kosong. Pada permainan bola voli, teknik smash ini adalah pukulan ketiga.

Baca Juga  33 Contoh Announcement Text Singkat Bahasa Inggris dan Artinya yang Bisa Kamu Tiru!

Urutan dalam menerima bola yakni yang pertama biasa dilakukan dengan teknik passing bawah, lalu yang kedua dilakukan adalah teknik passing atas dan yang terakhir adalah teknik smash.

Seorang spiker atau orang yang melakukan teknik smash ini diharapkan memiliki postur tubuh yang cukup tinggi agar lompatannya pun tinggi. Hal ini diharapakan agar spiker bisa memukul bola dengan keras dan terarah dengan tepat, serta bisa memukul bola pada puncak tertinggi bola ketika di udara.

Dalam melakukan smash pun harus dilakukan sedemikian rupa agar bola bisa menukik dengan keras sehingga lawan kesulitan untuk menghadangnya. Cara melakukan teknik smash ini terbagi menjadi 4 bagian, yakni sebagai berikut;

Awalan

Langkah-langkah melakukan awalan dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awalan normal berjarak 2,5 sampai 4 meter dari net.
  2. Tubuh rileks dan condong ke depan.
  3. Berat tubuh diseimbangkan pada kedua kaki saat persiapan awalan.

Tolakan

Langkah-langkah melakukan tolakan dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Jari kaki dan tumit menghentak tanah atau lantai.
  2. Kedua lengan diayunkan ke depan.
  3. Telapak kaki, pinggul, dan badan digerakkan dengan serasi secara sempurna.
  4. Lakukan gerakan eksplosif dan lompatan vertikal.

Pukulan bola

Langkah-langkah memukul bola dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Jarak bola di depan atas jangkauan lengan pemukul.
  2. Lecutkan lengan dengan cepat, pukul bola secepat dan setinggi mungkin.
  3. Perkenaan bola dengan telapak tangan tepat di tengah bagian atas bola.
  4. Setelah berhasil memukul bola, lengan melakukan gerakan lanjutan ke arah garis tengah badan.
  5. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola top spin dan cepat.

Sikap mendarat

Langkah-langkah melakukan sikap mendarat dalam teknik smash bola voli adalah sebagai berikut:

  1. Setelah berhasil memukul bola, kembalikan tubuh ke posisi semula dengan sikap sempurna.
  2. Tubuh tetap dalam keadaan rileks dan siap untuk serangan berikutnya.
  3. Mendarat dengan kedua kaki mengeper.
  4. Mendarat dengan lutut dan jari-jari kaki dalam keadaan lentur.

Teknik Bola Voli Block (Menghadang)

teknik dasar bola basket
mrid31.wordpress.com

Block adalah banteng pertahanan utama dalam menahan serangan dan gempuran dari lawan, keberhasilan sebuah tim dalam menghadang bola agar tidak sampai menyentuh tanah di wilayahnya ini sangatlah penting. Block sendiri ditentukan oleh faktor ketinggian pemain saat melompar serta jangkauan tangan pada bola yang dipukul oleh lawan.

Pertahanan ini bisa dilakukan dengan memakai kedua tangan lalu dibarengi dengan lompatan yang tinggi lalu menahan laju boloa agar tidak masuk ke wilayah sendiri. Teknik block sendiri sangatlah diperlukan oleh tim sehingga para pemain diusahakan bisa melakukan teknik bola voli block ini.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan teknik block adalah sebagai berikut:

  1. Berdiri dengan posisi kaki yang sejajar dengan kedua tangan berada di depan dada dan posisi tangan menghadap ke arah net.
  2. Kemudian lakukan lompatan mengikuti arah bola yang akan dipukul oleh pemain dari tim lawan.

Posisi Pemain Bola Voli

teknik dasar bola voli
wikimedia.org

Dalam permainan bola voli secara keseluruhan ada terdapat 4 posisi utama dalam 1 tim, yakni sebagai berikut;

  • Tosser.
  • Spiker.
  • Libero.
  • Defender.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai posisi pemain bola voli

1. Posisi Pemain Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Tosser merupakan pemain yang memiliki peran untuk memberi operan bola kepada rekan satu timnya dan mengatur ritme jalannya permainan bola voli.

2. Posisi Pemain Spiker Dalam Permainan Bola Voli

Spiker merupakan pemain yang memiliki tugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan tim lawan.

3. Posisi Pemain Libero Dalam Permainan Bola Voli

Libero merupakan pemain yang memiliki tugas sebagai pemain bertahan dengan cara menahan bola dari pukulan lawan.

Pemain di posisi libero bisa bebas untuk keluar masuk pertandingan. Tapi tidak boleh melakukan teknik smash. Pemain libero hanya dibolehkan untuk melakukan teknik passing bawah atau passing atas kalau bola akan melewati jarring net.

4. Posisi Pemain Defender Dalam Permainan Bola Voli

Defender merupakan pemain yang mempunyai tugas untuk bertahan dan menerima serangan pemain dari tim lawan.

***

Itulah berbagai macam teknik dasar bola voli yang harus kamu kuasai jika kamu ingin menjadi seorang pemain bola voli yang handal dan professional. Pada praktiknya di lapangan, kamu harus mampu menjalankan setiap teknik dasar bola voli ini agar bisa membawa kemenangan pada tim yang kamu bela.

Ingat, permainan bola voli itu adalah pemainan tim, jadi pastikan setiap pemain dalam tim tersebut menguasai teknik dasar permainan bola voli. Selain itu harus mampu menyusun strategi yang optimal agar para pemain bisa bermain secara efektif dan bermain secara tim.

Semoga bermanfaat 😊

Terms : teknik dasar bola voli / sejarah permainan bola voli / pemain bola voli / pencipta bola voli / permainan bola voli diciptakan oleh / teknik bola voli / pengertian permainan bola voli / penemu permainan bola voli / sejarah bola volly / permainan voli / permainan bola volly / teknik permainan bola voli / teknik dasar permainan bola voli / permainan poli / cara / melakukan passing atas / sejarah voli / sebutkan teknik dasar permainan bola voli / tujuan permainan bola voli / pemain voli / pengertian voli / sejarah singkat bola voli

Leave a Comment