13+ Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Masih maudisini kan? Artikel kali ini akan membahas salah satu kendala yang hampir semua orang miliki, yaitu karang gigi. Banyak sekali cara menghilangkan karang gigi secara alami dan mudah. Langsung simak saja uraian berikut.

Karang Gigi

http://wowcelebritydental.com

Tidak bisa dipungkiri lagi, hanya sebagian orang saja yang selalu membersihkan giginya setelah makan dan sebelum tidur. Karang gigi atau biasa kita menyebutnya adalah kotoran yang selalu menempel pada bagian mulut kita yaitu gigi.

Setelah makan gigi kita akan kotor akibat mengunyah makanan. Kotoran yang menempel itu lah yang lama kelamaan akan menjadi karang gigi jika tidak segera dibersihkan.

Bakteri yang ada pada mulut kita akan mencampurkan protein dan sisa makan untuk membentuk lapisan bertekstur lengket yang dinamakan karang gigi atau plak. Karang gigi inilah yang akan menutupi permukaan gigi.

Selain menutupi permukaan gigi, karang gigi juga dapat merusak email dan memicu penyebab terjadinya lubang pada gigi.

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Lama kelamaan sisa makanan yang menempel ini akan menjadi keras dan semakin melekat pada gigi. Masalah utamanya adalah rasa malas untuk menggosok gigi.

Terlebih lagi petingnya menggosok gigi secara rutin saat sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan. Menggosok gigi secara rutin pun sedikitnya mampu menghilangkan karang gigi. Jika tidak dibersihkan maka karang gigi akan semakin berkembang dan mengeras.

Penyebab Terjadinya Karang Gigi

Pada dasarnya susunan gigi memiliki celah yang sempit dan disanalah biasanya makanan akan menyangkut. Celah ini biasanya sangat sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi.

Selain menggunakan sikat gigi, sebaiknya kita juga menggunakan obat kumur untuk membersihkannya. Karena zat cair dapat menjangkau seluruh celah-celah sempit pada susunan gigi.

Jika saja kitu rutin untuk membersihkan gigi, maka kemungkinan akan tumbuh karang gigi pun semakin kecil. Namu jika plak tadi tidak dibersihkan dapat menyebabkan hal yang lebih serius.

Bukan hanya saja karang gigi yang terbentuk, tapi dapat membuat gusi menjadi bengkak dan kendur. Jangan sampai terkenan gangguan gusi seperti periodontitis ataupun gingivitis.

Sebelum membahasa bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara alami, perhatikan pula hal hal yang dapat memicu terjadinya karang gigi.

  1. Tidak rutin dalam menggosok gigi sebelum dan sesudah tidur.
  2. Tidak bersih ketika menggosok gigi sehingga masih terdapat sisa makanan yang berada pada celah-celah gigi.
  3. Sering mengkonsumsi makan yang manis.
  4. Tidak rajin berkumur sesaat setelah makan
  5. Sering merorok, selain membuat karang gigi, merokok juga dapat membuat gigi menjadi berwarna kuning.

Karang gigi akan merusak gigi dan juga dapat memperburuk penampilan kita seperti bau tidak sedap dan gigi yang kotor.

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

invorma.com

Lakukan pencegahan sedini mungkin agar karang gigi tidak tumbuh. Namun jika karang gigi atau plak tetap tumbuh, maka cobalan beberapa cara dari bahan alami yang dapat menghilangkannya.

Walaupun agak susah untuk dihilangkan, pasti ada cara untuk menghilangkan karang gigi. Berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi dari bahan-bahan alami dan mudah diperoleh:

Arang Aktif

gannett-cdn.com

Sebelum populernya pasta gigi, arang aktif atau karbon aktif sering digunakan oleh masyarakat kuno untuk membersihkan gigi. Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis.

Campurkan 1/3 cangkir bubuk arang aktif dengan 2/3 cangkir minyak kelapa mentah organik. Lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint dan campur merata hingga terbentuk pasta.

Gunakan pasta dari arang aktif tadi untuk membersihkan gigi kita

Cuka Putih

c1.staticflickr.com

Kandungan yang terdapat pada cuka putih adalah asam asetat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya demineralisasi email sekaligus pembentukan karang gigi.

Karang gigi juga mengandung agen bakteri, kombinasi dari zat-zat tersebuat akan mempermudah untuk menghilangkan karang gigi. Caranya pun sangat mudah.

Campurkan 2 sendok teh cuka putih dengan 1 sendok the garam ke dalam ½ cangkir yang berisikan air hangat. Lalu usapkan pada gigi dan mulut sebanyak 1 sampai 2 kali sehari.

Cengkeh

c1.staticflickr.com

Selain berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Cengkeh juga sangat ampuh untuk melawan bakteri penyebab terjadinya karang gigi yang terdapat pada mulu.

Campurkan 1 sendok teh cengkeh yang sudah dihaluskan, campur dengan sedikit minyak zaitun. Lalu gosokan pada gigi. Diamkan beberapa menit sebelum membersihkannya dengan air hangat.

Lidah Buaya

c1.staticflickr.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 silam dalam Journal of Oral Healt and Dental Mangement bahwa lidah buaya dapat memberikan manfaat seperti obat kumur berbahan chlorhexidine.

Kupas kulit dari lidah buaya dan potong-potong. Potongan lidah buaya tadi gosokan ke gigi dan gusi, lalu diamkan sekitar 10 menit hingga 15 menit

Minyak Kelapa

icdn.posta.com

Kulum 1 sendok makan minyak kelapa murni kurang lebih selama 15 menit hingga 20 menit. Lalu setelah itu langsung gosok gigi seperti biasanya.

Lakukan hal tersebut setiap hari sebelum makan untuk hasil yang maksimal.

Hidrogen Peroksida

pad2.whstatic.com

Campurkan 1 sendok makan obat kumur antiseptic dengan 3 sendok makan hydrogen peroksida dengan kadar 3%. Gunakan 10 ml dari larutan tersebut untuk berkumur kurang lebih 1 menit hingga 2 menit.

Khasiat dari larutan tersebut adalah mampu melunakan dan menghilangkan karang gigi. Lakukan minimal sehari satu kali atau untuk hasil yang lebih efektif lalukanlah setiap setelah makan.

Buah Ara

wannabemagazine.com

Manfaat dari buah ara adalah dapat merangsang produksi air liur. Semakin banyak air liur yang diproduksi maka akan membantu membersihkan gigi serta menghilangkan karang gigi.

Caranya adalah dengan mengunyah buah ara setiap hari sebanyak 3 sampai 4 buah.

Biji Wijen

necturajuice.com

Ternyata biji wijen dapat menjadi scrub alami untuk gigi kita. Caranya adalah kunyah segenggam bij wijen namun jangan ditelan.

Setelah itu gosoklah gigi dengan sikat gigi kering ketika biji wijen masih berada didalam mulut.

Keju

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Keju yang berfungsi sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi adalah jenis Swiss dan Cheddar. Jika kita mengkonsumsinya sebelum makan bisa mentralkan asam yang dapat menimbulkan karang gigi.

Konon, semakin tua dari usia kejunya, maka khasiatnya akan semakin ampuh. Jika kita tidak memiliki biaya khusu untuk itu. Maka bisa menggunakan kacang mentah. Menurut penelitian dari The Student Care Center, kacang mentah memiliki khasiat yang sama dengan keju.

Pewarna Makanan

ecs7.tokopedia.net

Mafaat dari pewarna makanan ini adalah untuk mendeteksi keberadaan karang gigi dan plak. Caranya adalah bubuhkan sedikit petroleum jelly ke bibir untuk mencegahanya ternoda. Lalu teteska sedikit pewarna makanan ke dalam 1 sendok teh air.

Kumur-kumur sejenak dengan cairan tadi, lalu ludahkan. Setelah itu bilas dengan air dan periksa daerah yang berwarna. Fokuskan untuk menggosok gigi pada area tersebut dalam menghilangkan karang gigi.

Tomat dan Strawberry

i.telegraph.co.uk

Buah tomat dan strawberry adalah buat dengan kandungan sumber vitamin C. memiliki antioksidan yang baik untuk kesehatan mulut. Caranya pun sangat simple, gosokan buah ini langsung ke gigi, diamkan selama 5 menit.

Kandungan vitamin C dari buah akan memperlunak karang gigi dan plak. Setelah itu berkumurlah dengan air yang telah dicampukan dengan bakin soda untuk menghilangkan karang gigi dan plak.

Selain tomat dan strawberry ada pula beberapa buah untuk menggantinua seperti lemon, berry, paprika, papaya, jambu biji dan jeruk.

Selain itu kulit jeruk juga bisa digosokan pada gigi saat sebelum tidur. Manfaatnya adalah untuk mencegah bakteri penyebab karang gigi.

Baking Soda

cdn-jpg.thedailymeal.net

Bubuhkan baking soda ke atas sikat gigi yang telah dibasahi, lalu gosoklah gigi dengan baking soda tersebut. Bisa juga ditambahkan sedikit garam untuk hasil pembersihan yang maksimal.Selain menghilangkan karang gigi, baking soda juga berguna untuk obat kumur alami.

Caranya adalah dengan mencampur 1,5 cangkir baking soda denga 1 cangkir air, 10 tetes minya esensial lemon, 4 sendok teh gliserin (pilih dengan kandung 100% sayuran/tumbuhan) dan 1 sendok teh gel lidah buaya.

Gunakan antiseptic tadi untuk berkumur sebanyak 1 hingga 2 kali sehari

Teh Hitam

listaka.com

Gunakan teh hitam untuk berkumur sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Cara menghilangkan karang gigi dengan teh hitam memiliki manfaat untuk mengontrol bakteri yang ada pada mulut dan membantu mengurangi pembentukan karang gigi.

Teh hitam mengandung antioksidan dan sifat antimikroba. Selain itu teh hitam memiliki kandungan fluoride.

Mineral yang terkandung dalam teh hitam mampu mendorong enamel gigi menjadi lebih baik.

Hal yang harus kita garis bawahi dan kita tekankan adalah untuk tetap konsisten dan rutin untuk terus menjaga kesehatan gigi. Setiap hari membersihkannya.

Tidak semua cara dan bahan tersebut mudah dilakukan, tapi dengan banyaknya pilihan dapat mempermudah kita untuk memilih cara yang paling enak dan efektik dalam menghilangkan karang gigi.

Ada baiknya juga untuk menjaga kesehatan gigi dengan cara mengunjungi dokter setiap 6 bulan sekali untuk melakukan pengecekan.

Semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Comment