Doa Sebelum Belajar dan Doa Selesai Belajar Lengkap dengan Artinya

Doa Belajar – Doa sebelum belajar dan doa selesai belajar lengkap ini adalah doa yang sangat dianjutkan dibacakan ketika seseorang akan memulai untuk menuntuk ilmu.

Belajar atau mencari ilmu merupakan perintah Allah SWT kepada kita selaku ummatnya agar terus mencari ilmu. Ilmu itu wajib dicarai oleh siapa pun juga, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun.

Ada pribahasa yang mengatakan “carilah ilmu sampai ke negri cina”, akan tetapi sebelum kamu menuntut ilmu atau mau belajar jangan lupa untuk membaca doa sebelum belajar dan doa selesai belajar.

Untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang ilmu yang sedang kita pelajari, selain dengan belajar secara giat dan sungguh-sungguh, sebagai seorang muslim hendaknya kita juga mengimbangi setiap kegiatan belajar dengan membaca doa belajar.

Buat kamu yang belum mengetahui doa sebelum belajar dan doa selesai belajar, maudisini akan membahas mengenai kumplan doa belajar lengkap dengan arab dan artinya.
Simak terus ya arikel mengenai doa mau belajar di sekolah.

Doa Belajar

doa belajar
gambarupdate.com

Belajar atau menuntut ilmu sangatlah penting bagi ummat islam, baik ilmu yang bersifat dunia maupun ilmu agama, berikut ini adalah hadits yang menganjurkan kita untuk mencari ilmu.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya:
“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi)

Berdasarkan hadits diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa bahwa belajar atau mencari ilmu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim baik itu laki-laki maupun perempuan. Namun sebelum belajar atau mencari ilmu kita dianjurkan untuk berdoa

Tujuan kita membaca doa belajar ini supaya dipermuda dalam belajar, agar ilmu yang kita pelajari bisa masuk kedalam pikiran, dan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita maupun orang yang berada di sekitar kita.

Membaca doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar selain bisa bermanfaat untuk melatih kepribadian anak-anak agar lebih memiliki sifat religius juga dapat menjadi permohonan kepada Allah agar kegiatan belajar yang dilakukan tersebut dapat memperoleh hasil yang optimal.

Nah, maka dari itu kita harus mulai membiasakan membaca doa belajar ini, mulai dari doa sebelum belajar hingga doa selesai belajar.

Bagi para guru juga sebaiknya membimbing murih-muridnya di sekolah agar membaca doa mau belajar di sekolah sebelum memulai kegiatan

Baca Juga  Letak Geografis Indonesia Pada Peta Dunia Secara Rinci dan Lengkap

Doa Sebelum Belajar

Yang pertama ialad doa akan belajar. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita aga ketika hendak belajar menuntut ilmu, kita dianjurkan memohon kepada Allah agar diberi kemudahan serta kelancaran dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Berikut ini lafal doa belajar rodhitubillah yang dapat dibacakan lengkap dengan latin dan artinya.

doa belajar
doaniatsholat.blogspot.com

Tulisan Arab:
رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latinnya :
Rodlittu billahirobba, wabi islamidiina, wabimuhammadin nabiyyaw-warasulla. Robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya :
Kami ridhoi Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.

Doa sebelum belajar diatas itu berisi mengenai ucapan terimakasih kita kepada Allah karena telah dilahirkan sebagai orang Muslim.

Selain doa di atas, kamu juga bisa mengamalkan doa lainnya sebagai permohonan supaya diberi kemudahan dalam pembelajaran. Atau akan lebih baik bila diamalkan keduanya. Berikut ini lafal dan artinya lengkap.

doa belajar
doaniatsholat.blogspot.com

Tulisan Arab Doa Akan Belajar:
رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Latinnya :
Rabbii zidnii ‘ilmaan, warzuqnii fahmaan, waj’alnii minash-shaalihiin.

Artinya :
Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia agar dapat memahaminya, dan jadikanlah aku masuk ke dalam golongan orang-orang yang shaleh.

Kedua doa sebelum belajar di atas dapat dibacakan baik ketika kita menuntut ilmu dunia maupun ilmu agama. Berdoalah sebelum belajar agar kegiatan yang kita lakukan dapat menjadi amal sholeh barokah dan kita dapat diberikan kemudahan dalam memahami apa saja ilmu yang kit aterima.

Selain itu, jika kita hendak mengaji ada juga do’a khusus yang bisa kamu bacakan, agar apa yang kita dapat dari majelis ilmu bisa berguna di dunia, dan menjadi pahala kelak nanti di akhirat.

Doa Sebelum Belajar Mengaji

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya:
“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

Setelah melakukan kegiatan belajar mengajar yang diawali dengan membaca do’a sebelum belajar. Setelah selesai belajar pun kita kembali dianjurkan untuk kembali membaca doa selesai belajar.

Tujuan dari membaca doa selesai belajar ini agar ketika kita mengawali sesuatu dengan doa, maka kita pun harus mengakhiri sesuatu dengan doa sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Selain itu, doa seselai belajar ini menjadi penolong kita supaya ilmu yang didapat memang Allah rhido.

Baca Juga  Perkembangan, Istilah, dan Sejarah Baseball di Dunia

Biasanya kita ketika selesai belajar pasti membaca surat Al-Fatihah sebagai penutup, agar lebih afdol bisa ditambahkan doa berukut sebagai doa sesudah belajar yang sesuai dengan sunnah.

doa belajar
doaniatsholat.blogspot.com

Tulisan Arab Doa Sesudah Belajar:
اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Latinnya :
Allohumma arinal haqqo haqqon, warzuqnattibaa’ahu. Wa arinalbaathila baa-thilan warzuqnaj-tinaabahu.

Artinya :
Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, agar kami dapat mengikutinya. Tunjukkanlah kepada kami keburukan agar kami dapat menjauhinya.

Selain doa di atas, Anda juga dapat mengamalkan doa setelah belajar dengan lafal berikut ini.

doa belajar
doaniatsholat.blogspot.com

Tulisan Arab Doa Selesai Belajar:
اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latinnya:
Allahumma innii-istaudi’uka maa-allamtaniihi fardudhu ilayya ‘inda haajati ilaihi, walaa tansaniihi yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan Pemelihara Alam.

Doa Selesai Belajar Lainnya

Selain kedua doa seselai belajar diatas, terdapat juga doa sesudah belajar yang bisa kamu amalkan, yakni sebagai berikut.

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihal

Artinya:
“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Kumpulan Doa Belajar

doa belajar
tutorquran.com

Masih banyak sekali doa-doa belajar yang bisa kamu amalkan setiap harinya, namun doa yang paling terkenal adalah doa belajar  rodhitubillah. Dibawah ini adalah doa doa belajar selain doa belajar  rodhitubillah

Doa Sebelum Belaja Di Sekolah

اللهم إنا نسئلك علما نافعا ورزقا طيبا وعملا متقبلا…

Alloohumma innaa nas-aluKa ‘ilman naafi’aa, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa

Artinya:
Ya Allah kami meminta pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang thoyyib serta amal yang Engkau terima

Doa Memulai Pelajaran Sekolah

اللهم إنا نعوذبك من علم لا ينفع ومن قلب لا يخشع ومن نفس لا تشبع ومن دعوات لا يستجاب لها

Alloohumma innaa na’uudzubiKa min ‘ilmin laa yanfa’ wa min qolbin laa yakhsya’ wa min nafsin laa tasyba’ wa min da’awaatin laa yustajaabu lahaa

Artinya:
Yaa Allah kami berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari (dorongan) nafsu yang tidak pernah kenyang dan dari doa-doa yang tidak dikabulkan.

Doa Mau Belajar

اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما ينفنا وزدنا علما من عندك

Baca Juga  Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

Alloohumman fa’naa bimaa ‘alamtanaa, wa ‘allimnaa ma yanfa’unaa, wa zidnaa ‘ilman min ‘indiKa

Artinya:
Ya Allah jadikanlah bermanfaat dari ilmu yang telah Engkau ajarkan, ajarilah kami ilmu-ilmu yang bermanfaat serta tambahkanlah ilmu dari sisiMu

Doa Akan Belajar

ربنا زدنا علما وارزقنا فهما

Robbanaa zidnaa ‘ilmaa, warzuqnaa fahmaa

Artinya:
Ya Robb, tambahkanlah kepada kami ilmu dari sisiMu dan berilah kami rizqi pemahaman(nya)

Doa Mau Belajar Islam

اللهم أرنا الحق حقا وارزقنا اتباعه وأرنا الباطل باطلا وارزقنا اجتنابه

Alloohumma arinal haqqo haqqon warzuqnat tibaa’ah, wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tinaabah

Artinya:
Yaa Allah perlihatkanlah kepada kami bahwa yang benar itu kebenaran yang sesungguhnya dan beri kami kemauan-kemampuan untuk mengikutinya. Dan perlihatkanlah bahwa yang batil itu sungguh batil dan beri kami kemauan-kemampuan meninggalkannya.

Doa Memulai Pelajaran Sekolah

رب اشرح لي صدري و يسرلي أمري واحلل عقدة من لساني يفقهوا قولي

Robbisy-rohliy shodriy wa yassirliy amriy wahlul ‘uqdatan min lisaaniy yafqohuu qowliy

Artinya:
Ya Robb, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah ikatan pada lidahku agar mereka memahami perkataanku

Adab Belajar dalam Islam

doa belajar
tutorquran.com

Sebagai seorang muslim yang taat dan patuh terhada sunnah Nabi Muhammad SAW dalam mengamalkan doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar itu cukup penting dalam pengaplikasiannya sehari-hari.

Selain itu terdapat juga adab-adab yang harus kita lakukan terhadap ilmu yang telah kita dapat, adab-adab ini sudah menjadi sebuah keharusan dalam Islam sendiri, semoga dengan adab-adab yang kita laksanakan maka ilmu yang diperoleh lebih berkah.

  • Mengikhlaskan niat semata karena Allah SWT dalam menuntut ilmu.
  • Rajin memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk memohon ilmu yang barakah dan bermanfaat.
  • Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan belajar.
  • Mengurangi serta menjauhkan diri dari segala sesuatu yang memiliki unsur maksiat dan menimbulkan dosa.
  • Jangan angkuh dan sombong dalam berbagi ilmu terhadap orang yang bertanya (belum mengetahui).
  • Mendengarkan pelajaran yang disampaikan ustadz, syaikh atau guru dengan baik-baik penuh perhatian.
  • Khidmat dan fokus ketika guru menyampaikan materi.
  • Berusaha memahami dan menghapalkan ilmu syar’i yang disampaikan serta mengikat ilmu dengan tulisan.
  • Mengamalkan ilmu yang sudah kita dapat dan harus memiliki kemauan untuk berbagi dalam menyebarkan ilmu dalam hal kebaikan. Sebarkan ilmu kepada orang yang belum mengetahui dan jangan sekali-kali untuk menyembunyikan ilmu.

***

Itulah penjelasan secara rinci mengenai doa belajar terkait doa sebelum belajar, doa selesai belajar, doa sebelum belajar rodhitubillah dan kumpulan doa belajar lainnya.

Amalkan lah doa doa belajar yang telah dijelaskan pada artikel ini, agar kita diberi kemudahan, kelancara, serta kebarokahan setiap ilmu yang kita dapat. Aamiin.

Semoga bermafaat 🙂

Leave a Comment