Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Amalan Serta Dzikir Menjelang Tidur

Doa Sebelum Tidur – Doa tidur dalam islam itu meliputi doa sebelum tidur dan doa bangun tidur. Sebagai ummat islam, kita memang dianjurkan untuk mengawali sesuatu dengan membaca doa. Paling minimal adalah membaca basmallah, jika kita mengetahui doa dari aktivitas yang akan kita lakukan, itu akan semakin bagus.

Doa mau tidur ini sangat bermanfaat untuk keselamatan kita, agar ketika tidur kita terhindar dari marabahaya, gangguan jin, godaan syaiton serta gangguan binatang yang mengancam keselamatan kita.

Maka dari itu kita sangat dianjurkan sekali untuk membaca doa tidur ini yang terdiri dari doa sebelum tidur dan doa bangun tidur. Jika kamu belum hafal jangan khawatir, karena artikel maudisini akan membahasnya lengkap dengan latin, arti serta sunnah-sunnah apa saja yang harus dilakukan sebelum tidur.

Doa Tidur

doa bangun tidur
wikihow.com

Sebelum masuk ke pembahasan doa tidur malam dan doa sesudah tidur, mari kita bernyanyi sejenak untuk mengingatkan pada masa kecil yang begitu menyenangkan. “Berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki dan tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita”. Pastinya kamu sudah hafal kan dengan lagu anak islami ini?

Lagu ini di populerkan oleh Tasya ketika masih menjadi penyanyi cilik dan Duta vokalis band legenda Sheila On 7. Lagu tersebut adalah lagu anak-anak yang mengajarkan kepada kita semua agar selalu berdoa sebelum kita tidur. Tidak hanya itu saja, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah bangun dari tidur.

Tentunya kita semua sudah hafal betul dengan bacaan doa sebelum tidur. Karena doa tidur ini adalah salah satu doa sehari-hari yang sangat populer dan pastinya orang tua pun sudah mengajarkan doa ini kepada anak-anaknya sejak masih balita.

Meskipun kita sudah mengetahui dan hafal, tidak ada salahnya kita saling berbagi bacaan lafadz doa sebelum tidru dan doa setelah bangun tidur lengkap dalam bahasa arab, latin dan mungkin juga ada beberapa teman kita yang juga belum hafal dan ingin mempelajarinya. Berikut lafadz doa akan tidur lengkap.

Setelah doa sebelum tidur kita dianjurkan pula membaca Ayat Kursi, Surah Al Ikhlash, Surah Al Falaq, Surah An Naas dan Surah Al Fatihah. Tidur tidak jauh dengan beda dengan kematian, hanya saja tidur, bisa dibilang mati untuk beberapa saat. Sedangka Mati ialah tidur untuk selamanya. Firman Allah s.w.t. :

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَى أَجَلٌ مُسَمًّى ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya :

“Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur (mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.” (Q.S Al-An’am : 60)

Doa Sebelum Tidur Islam

Yang pertama adalah doa sebelum tidur islam. Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita supaya ketika hendak mau tidur, kita dianjurkan memohon kepada Allah agar diberi keselamatan dan tidur kita yang notabene tidak melakukan apa-apa itu termasuk ke dalam sebuah amalan ibadah..

Baca Juga  Tujuan dan Sejarah Terbentuknya ASEAN

Berikut ini lafal doa tidur malam yang dapat dibacakan lengkap dengan latin dan artinya.

doa bangun tidur
cintasunnahku.blogspor.com

Tulisan Arab Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

Tulisan Latin Doa Sebelum Tidur
BISMIKAL LOOHUMMA AHYAA WA AMUUTU

Artinya:
Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati.

Dengan membaca doa diatas ketika akan tidur, semoga Allah SWT selalu melindungi dan menjaga tidur kita hingga fajar tiba.

Doa Bangun Tidur

Sebelum tidur yang diawali dengan membaca doa sebelum tidur. Setelah selesai tidur pun kita kembali dianjurkan untuk kembali membaca doa bangun tidur.

Tujuan dari membaca doa bangun tidur ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang Maha Pemberi Segala telah menghidupkan kita kembali dari kematian yang beberapa saat.

Berikut ini lafal doa bangun tidur yang dapat dibacakan lengkap dengan latin dan artinya.

doa bangun tidur
cintasunnahku.blogspor.com

Tulisan Arab Doa Bangun Tidur;

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Tulisan Latin Doa Bangun Tidur;
AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA’DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR(U)

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan.”

Itulah doa tidur yang terdiri dari doa sebelum tidur dan doa bangun tidur yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat beliau hendak tidur dan bangun tidur. Kita selaku ummat muslim yang taat menjalankan sunnahnya sebaiknya pun mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad.

Semoga dengan doa sebelum tidur islam dan doa bangun tidur Allah senantiasa melindungi kita ketika sedang tertidur lelap hingga bangun tidur, melindungi kita dari godaan syaiton yang terkutuk dan marabahaya yang mengintai. Biasakanlah diri kita membaca doa sebelum tidur dan doa bangun tidur

Amalan Sunnah Sebelum Tidur yang Dianjurkan Oleh Rasulullah

Allah mengutus Nabi Muhammad ke dunia ini adalah untuk menjadi suri tauladan yang baik untuk para ummat manusia. Salah satu amalan sunnah yang beliau contohkan adalah ketika akan tidur. Sunnah sebelum tidur merupakan bagian dari ajaran islam. Islam merupakan agama yang lengkap dan akan memberikan petunjuk dari mau tidur hingga bangun tidur.

Adanya tuntunan ini tentunya bukan untuk mempersulit manusia, melainkan untuk mempermudah dan memberikan jalan kebenaran kepada manusia.

Meskipun tidur adalah hal yang sangat mudah, tetapi dibalik fungsi tidur sangat penting sekali dan banyak sekali aspek kesehatan di dalamnya yang diperlukaan oleh manusia. Maka itu, Islam pun mengajarkan apa saja amalan sunnah sebelum tidur Rasulullah, ini juga bisa memberikan arahan mengenai masalah tidur.

Berikut adalah amalan sunnah sebelum tidur yang bisa kita lakukan sebelum melaksanakan istirahat atau tidur dari berbagai hadist yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

1. Biasakan Berwudhu Sebelum Tidur

doa sebelum tidur
deviantart.net

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwasannya:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Berwudhu dianjurkan agar badan kita menjadi segar dan juga tubuh kita sudah dalam keadaan suci, apabila kita dipanggil oleh Allah dalam keadaan sedang tertidur dan menghadap-Nya, kita sudah dalam kondisi mensucikan diri. Masya Allah

2. Tidurlah Menghadap Ke Kanan dengan Posisi Berbaring

doa sebelum tidur
drdina.ca

Rasulullah menjelaskan posisi tidur yang tepat yakni dijelaskan dalam hadits berikut ini;

“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).
Dalam riwayat lain riwayat lain yang menjelasakan bahwa

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

Baca Juga  Kegiatan yang Menyenangkan Saat Sendirian Dirumah

Rasulullah telah melarang tidur tengkurap, Silakan teman teman perhatikan hadist berikut,

“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Selain dari apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, tidur menyamping ke kanan juga merupakan sebagai posisi tidur yang paling sehat dan paling baik menurut para pakar kesehatan. Hal ini disebabkan tidur dengan posisi seperti itu dapat membantu proses detoks dan lancarnya pernafasan.

3. Bersihkanlah Tempat Tidur Kita dari Segala Kotoran

doa sebelum tidur
mirgallery.com

Pasti kita pernah mendengan bunyi hadist dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. Pada hadist lain disebutkan kibasannya tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

Meskipun secara kebiasaan kita sudah melakukannya, ketika sudah tahu hadits di atas, perbaiki niatnya bahwa membersihkan pembaringan itu demi mengamalkan sunnah Rasulullah. Dengan niat yang lurus dan ikhlas, amalan biasapun jadi memberikan pahala buat kita.

4. Tidur Sesegera Mungkin Setelah Isya

doa sebelum tidur
thefuturisticlovers.files.wordpress.com

Jika setelah isya terdapat kegiatan bermanfaat yang biasa kita lakukan bermanfaat dan dibolehkan menurut syariat, boleh tetap menunda tidur agak malam. Akan tetapi ada hadist yang menyatakan bahwa

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)]

Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil jika tidur sesegera mungkin setelah Insya yakni kita bisa bangun lebih cepat untuk melaksanakan qiyamul lain dan tidak telat untuk bangun ketika subuh menjelang. Ingat ya sebelum tidur harus membaca doa sebelum tidur.

5. Melaksanakan Shalat Witir

doa sebelum tidur
thelittlemuslims.com

“Kekasihku yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku tiga wasiat: (1) berpuasa tiga hari setiap bulannya, (2) mengerjakan dua rakaat shalat Dhuha, (3) mengerjakan witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

Nabi Muhammad mengajurkan untuk menunaikan shalat witir sebelum tidur. Shalat witir sangat baik dilakukan sebab selain mendapatkan pahala dari Allah, dapat membantu menenangkan diri dan berdoa sebelum tidur.

Shalat witir atau Shalat Malam Sebelum Tidur Menurut Islam tentu saja diperbolehkan, dan akan lebih baik jika dilanjut dengan tahajud setelah tidur, dan bangun dini hari.

6. Membaca Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur
portaldakwah.com

Membaca doa sebelum tidur dapat bisa memberikan ketenangan serta menjadikan tidur sebagai ibadah yang kita lakukan. Maka dari itu, Nabi Muhammad sangat mengajurkan untuki membaca doa sebelum tidur yang disampaikan dalam riwayat hadist berikut.

Dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)

7. Meniup Telapak Tangan

doa sebelum tidur
twimg.com

“Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas).

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

Dari hadits yang dijelaskan diatas bisa menunjukan bahwa maksudnya meniup telapak tangan bukan sekadar meniup saja, namun juga mempunyai makna doa dan dzikir yang ditujukan kepada Allah SWT lalu dilanjutkan membaca doa sebelum tidur. Jangan terjebak kepada persoalan teknis meniupnya, maksudnya adalah dengan berdoa dan membaca kalimat dzikir lainnya.

Baca Juga  75+ Gambar Mewarnai Hello Kitty, Barbie dan Doraemon untuk Kreativitas Anak

Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Dzikir adalah cara kita untuk mengingat Sang Khalik, maka dari itu setiap kegiatan yang kita lakukan harus tetap mengingap atas kekuasan Allah, pun sebelum tidur kita juga dianjurkan untuk berdzikir. Berikut ini adalah bacaan dzikir sebelum tidur yang bisa kamu amalkan sebelum membaca doa sebelum tidur.

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

Allahumma aslamtu nafsii ilaik, wa fawwadh-tu amrii ilaik, wa wajjahtu wajhiya ilaik, wa alja’tu zhohrii ilaik, rogh-batan wa rohbatan ilaik, laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaik. Aamantu bikitaabikalladzi anzalta wa bi nabiyyikalladzi arsalta.

Artinya:
“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan).

Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan meninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam)”.

Sudah sangat jelas sekali manfaat apabila seseorang membaca dzikir di atas ketika hendak tidur lalu ia mati, maka ia mati di atas fithrah (mati di atas Islam). (HR. Al-Bukhari no. 6313 dan Muslim no. 2710.)
Berikut adalah bacaan dzikir sebelum tidur yang sudah sangat familiar kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membaca Surat Al-Iklhas, Al-Falaq dan An-Naas

Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Baca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas satu kali lalu ditiupkan ke telapak tangan. Gunakan telapak tangan tersebut guna mengusap seluruh tubuh dari wajah, tangan, kaki sampai area area yang bisa dijangkau.

Selepas mengusap, baca lagi surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas lalu usapkan hingga total 3 x. (HR. Al-Bukhari no. 5017 dan Muslim no. 2192, Malik dalam al-Muwaththa’, Abu Dawud no. 3902, at-Tirmidzi no. 3402, Ibnu Majah no. 3529, dan an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 793)

2. Membaca Ayat Kursi

Membaca Ayat Kursi alias Quran Surat Al Baqarah 255 sebanyak satu kali. (HR. Al-Bukhari no. 2311/ Fat-hul Baari V/487)

3. Membaca Surat Al-Kafirun

Surat Al Kafirun,berdasarkan pada hadits yang menceritakan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi).

4. Membaca Dua Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

Dua ayat terakhir dari surat Al-Baqoroh,berdasarkan sabda Rasulullah SAW “Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Membaca Surat Al-Mulk dan Surat As-Sajdah

Surat Al Mulk dan As Sajdah, hal ini berdasarkan keterangan sahabat Jabir bin Abdillah, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al Mulk)” (HR Bukhari).

***

Nah, itulah penjelasan mengenai doa tidur yang meliputi doa sebelum tidur, doa bangun tidur sunnah sebelum tidur yang dianjurkan oleh Rasulullah dan bacaan dzikir sebelum tidur.

Mulailah dari sekarang kita mulai membiasakan kebiasaan-kebiasaan baik ini seperti membaca doa sebelum tidur agar kita senantiasa diberi keselamatan oleh Allah.

Semoga Bermnfaat 😊

Leave a Comment