11+ Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut Sehat Alami [LENGKAP]

Masih maudisini kan? Pada artikel ini akan membahas mengenai manfaat buah mengkudu untuk rambut. Rambut merupakan mahkota bagi kaum wanita, sehingga sebaik mungkin harus bisa merawat agar tetap sehat dan baik.

Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang tetap sehat, apapun aktivitasnya. Terutama bagi kaum hawa yang sering beraktifitas di luar ruangan. Wanita yang terlalu sering terkena sinar matahari akan lebih mudah mengalami masalah pada rambut jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk melakukan perawatan pada rambut bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan atau bahan alami yang telah diolah menjadi obat-obatan.

Salah satunya adalah buah mengkudu ini, yuk simak artikel dibawah ini menengai manfaat buah mengkudu untuk rambut.

Kandungan Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
deherba.com

Buah mengkudu merupakan salah satu buah asli dari kawasan Asia Tenggara. Bentuk yang lonjong serta terdapat bintik-bintik pada permukaannya menjadi ciri khas tersendiri untuk buah ini.

Buah ini memiliki rupa yang kurang menarik serta bau yang kuran sedap pula. Tapi dibalik itu semua, buah mengkudu menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang sangat berkhasiat bagi tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NCCAM terkait buah mengkudu menunjukan bahwa buah ini sangat berkhasiat untuk pemulihan kanker, mencegah gelaja tumor dan merangsang daya tahan tubuh.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
ganendra.net

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah mengkudu pun bisa mencegah berbagai kerusakan tubuh serta menjaga agar tubuh bisa berfungsi sesuai dengan sistemnya.

Ini dia kandungan yang terdapat dalam buah mengkudu:

Xeronine dan Proxeronine

Kandungan Xeronine dalam buah mengkudu tidak terlalu banyak, tapi memiliki kandungan Proxeronine yang sangat melimpah.

Fungsi dari Xeronine ini akan diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein yang tidak aktif, serta mengatur struktur dan bentuk sel tubuh.Sedangkan Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid lainnya.

Baca Juga  Doa Mandi Wajib Laki-laki dan Perempuan | Landasan Hukum, Niat, Tata Cara, Syarat, Rukun, Sunnah dan Larangan

Zat Nutrisi

Buah mengkudu ini adalah salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak. Kandungan nutrisi ini akan memenuhi kebutuhan tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral.

Selenium merupakan salah satu mineral yang terdapat dalam mengkudu, selenium juga termasuk ke dalam salah satu jenis antioksidan yang paling hebat.

Antioksidan ini dapat menangkal berbagai radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. rambut yang merupakan bagian dari tubuh juga bisa terhindari dari radikal bebas yang dapat merusaknya.

Zat Anti Kanker

Pada buah mengkudu memiliki kandungan zat-zat anti kanker yang sangat ampuh untuk melawan sel-sel abnormal yang sering timbul pada masalah gelaja kanker.

Scolopetin

Senyawa ini sangat efektif untuk anti peradangan dan alergi-alergi. Serta bernfungsi untuk memperbaiki pembuluh darah yang mulai menyempit. Zat ini juga dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk kepala.

Apabila aliran darah lancar hingga kulit kepala, akan membuat pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala.

Zat Anti Bakteri

Kandungan yang terdapat dalam sari buah mengkudu dapat membunuh berbagai bakteri penyebab infeksi. Serta mengontrol bakteri mematikan seperti Pathogen.

Terpenoid

Kandungan zat terpenoid yang terdapat pada buah mengkudu dapat membantu proses sintesis organik yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.

Pada perawatan rambut, senyawa ini dapat membantu perbaikan pertumbuhan rambut. Serta memperbaiki kondisi sel pada kulit kepala yang diakibatkan oleh bahan kimia pada produk-produk sampo.

Antiseptik

Antiseptik pada buah mengkudu dihasilkan dari kandungan zat anti bakteri, yaitu vitamin C dan antioksidan. Sehigga bisa berguna untuk mengobati berbagai macam peradangan pada kuit kepala yang diakibatkan oleh adanya infeksi dari bakteri dan jamur.

Vitamin B3

Vitamin B3 yang terkandung pada buah mengkudu dapat memperlebar pembuluh darah kapiler, sehingga aliran darah ke kulit kepala tetap lancar.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
balihealthdigest.com

Manfaat buah mengkudu untuk rambut, buah iniĀ memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit kepala serta rambut kita. Selain itu bahan alami yang terkandung dalam buah ini tidak memiliki efek samping yang terlalu berbahaya.

Sebelum menggunakan buah mengkudu untuk pemeliharaan rambut, sebaiknya kita memilih buah yang sudah matang agar khasiat yang diperoleh pun terasa maksimal.

Baca Juga  Pakaian Adat Jawa Timur dengan Ciri Khas-nya yang Menarik dengan Nilai Historis Tinggi

Ciri-ciri buah mengkudu yang sudah matang adalah warna buah yang kuning serta keputih-putihan mengkilap. Bintik-bintik pada bagian permukaan kulit sudah tidak telalu menonjol dan hampir sama rata dengan kulit buahnya

Berikut ini akan dijelaskan manfaat buah mengkudu untuk rambut sehat, alami dan mengkilau;

Mengatasi Masalah Rambut Rontok

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
abiummi.com

Siapa sih yang tidak jengkel jika melihat rambutnya terus rontok setiap harinya. Pada dasarnya kerontokan adalah hal yang wajar dan normal dengan jumlah rambut rontok sebanyak 100 helai perhari.

Rambut yang rontok akan digantikan oleh rambut pula setiap harinya, sehingga tidak akan mengurangi jumlah rambut.

Namun kebanyakan yang terjadi adalah rontok dengan jumlah lebih dari 100 helai perharinya, hal ini menunjukan bahwa telah terjadi sesuatu yang aneh dalam rambut serta kulit kepala kita. Buah mengkudu menjadi solusi alami untuk mengatasi kerontokan ini.

Caranya pun sangat mudah, campurkan kuning telur bebek dengan mengkudu lalu haluskan keduanya. Gunakan adonan tadi untuk masker pada rambut. Sebelum mengunakan adonan ini, ada baiknya keramas untuk membersihkan rambut terlebih dahulu.

Setelah rambut dipastikan bersih, oleskan adonan buah mengkudu ini ke rambut lalu ratakan hingga ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit agar kandungan nutrisi bisa meresap. Setelah itu bilas dengan sampo untuk menghilangkan bau yang menyengat.

Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali semingu untuk hasil yang maksimal

Menghilangkan Ketombe Membandel

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
estilobifasico.com

Buah mengkudu bisa membantu untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Rambut akan terasa gatak dan panas jika terdapat ketombe yang membandel pada kulit kepala kita. Apalagi pada saat cuaca sedang panas dan berkeringat.

Ketombe juga dapat menganggu penampilan karena sering sekali ketombe berjatuhan pada bagian bahu atau kerah baju, sehingga terlihat orang banyak. Tapi jangan khawatir, buah mengkudu bisa menjadi alternative untuk menghilangkan ketombe.

Pilihlah buah mengkudu yang telah matang, lalu haluskan dengan blender atau perkakas lain. Setelah itu oleskan ke kulit kepala kita. Lakukan pijatan-pijatan ringan pada kulit kepala kita agar nutrisi dapat meresap.

Bilas dengan sampo untuk menghilangkan bau yang kurang sedap dari buah mengkudu ini, lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali agar ketombe bisa segera hilang.

Baca Juga  101 Kata-Kata Ucapan Hari Raya Idul Fitri yang Unik dan Menyentuh Hati [LENGKAP]

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
modernparentingcenter.com

Rambut hitam berkilau menjadi impian setiap orang, buah mengkudu bisa menjadikan rambut kita hitam berkilau seperti pada iklan sampo umumnya.

Caranya sangat praktis, siapkan 7 lembar daun pandan lalu cuci hingga bersih. Setelah itu potong-potong dan rebus dengan air sebanyak 1 liter. Simpan air hasil rebusan tadi selama satu malam.

Peraslah 3 buah mengkudu, lalu campurkan airnya dengan hasil rebusan daun pandan yang telah didiamkan selama satu malam.

Oleskan air campuran mengkudu dan pandan ke rambut secara merata, diamkan beberapa menit agar nutrisi dapat meresap hingga kulit kepala. Untuk hasil yang maksimal, gunakan selama 3 kali seminggu.

Jika dilalukan secara rutin maka setelah beberapa minggu rambut kita akan terlihat lebih hitam dan berkilau.

Efek Samping Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut
mengkudu.org

Jika ingin hasil yang maksimal dari manfaat buat mengkudu untuk rambut, kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini,baik dimakan atau diminum. Akan tetapi itu semua harus sesua dengan dosis yang sudah dianjurkan sebelumnya.

Jangan karena kita ingin hasil yang instan lantas menghiraukan dosis-dosis yang telah dianjurkan. Dalam mengonsumsi buah mengkudu juga kita disarankan agar tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan medis.

Jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsi mengkudu tedapat efek samping berupa;

  • Menyebabkan tekanan darah naik.
  • Menyebabkan penyakit ginjal yang diakibatkan dari tingginya kandungan kalium pada buah mengkudu, sehingga membuat kerja ginjal semakin berat.
  • Menyebabkan penyakit jantung dan hati.
  • Menyebabkan kemungkinan keguguran bagi wanita hamil.

Untuk dosis nya kita bisa konsultasikan kepada dokter agar lebih akurat, dosis juga tergantung usia dan riwayat penyakit kita. Buah mengkudu sangat sehat bila dikonsumsi sesuai dengan aturan yang berlaku.

***

Nah itu lah beberapa manfaat buah mengkudu untuk rambut, mudah kan cara membuatnya. Kita bisa mendapatkan bahan-bahanya dengan mudah dan murah, jadi silakan coba dirumah untuk mendapatkan rambut yang indah dan belikalauan.

Buat kamu yang memiliki masalah badan yang terlalu kurus, kamu bisa membaca artikel mengenai cara menggemukan badan agar kamu bisa memiliki badan yang ideal.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment