silica gel

Jenis, Cara Menggunakan Serta Manfaat Silica Gel Agar Aman Dalam Pemakaiannya

Silica Gel – Silica gel adalah suatu zat yang terbuat dari silikon silikat yang kemampuannya mampu menyerap kelembapan suatu tempat yang ia tempati.

Silica Gel

manfaat silica gel
youtube.com

Meskipun istilah “gel” digunakan, tapi sebenarnya bentuknya adalah padat dan sama sekali bukan berbentuk gel. Silica gel umumnya berbentuk bubuk atau sering juga yang kita jumpai berbentuk manik-manik.

Silica gel sendiri bukan hanya dapat digunakan pada barang elektronik saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menyerap kelembapan pada produk-produk makanan yang dimana kelebihan kadar kelembapan akan membuat makanan cepat jamuran.

Pada umumnya silica gel banyak ditemukan oleh orang-orang berupa paket kecil yang mengandung pengawet silica gel di dalamnya entah, makanan, dan produk elektronik dan sejenisnya.

Selain itu, ada beberapa produk vitamin juga yang memiliki silica gel, dalam penggunaan entah itu untuk mencegah kelembapan produk berlebih pada kemasannya.

Jumlah maksimum kelembapan yang mampu atau dapat penuh diserap oleh zat ini sekitar 40% dari berat maksimal totalnya.

Beberapa orang mungkin sudah berpikir bahwa, ketika jumlah kapasitas penyerapan silica gel sudah habis maka silica gel tidak bisa dipakai lagi. Padahal hal semacam ini salah, silica gel bisa dipakai secara berulang kali walaupun telah habis kapasitas penyerapannya.

Malah sebenarnya, silica gel bisa atau dapat secara berulang-ulang digunakan sampai beberapa kali penggunaan. Sebelum kembali digunakan, silica gel yang telah habis kapasitas penyerapannya ini perlu dipanaskan terlebih dulu sampai angka drajat sekitar 150 derajat Celcius.

Baca Juga  Memprihatinkan Sekali! Ini Dia Bencana Alam yang Disebabkan Oleh Manusia

Pemanasan nantinya bisa membuat kadar dalam air silica menguap selanjutnya menyerap kelembaban didalamnya.

Beberapa orang menggunakan silica gel untuk mengeringkan bunga. Metode ini sering memakan waktu, namun tetap digunakan karena metode pelestarian lainnya tidak berproduksi sebaik silika gel.

Ada pula jenis lain dari silika gel yang disebut pasir silika (pasir silika) yang digunakan khusus untuk mengeringkan bunga.

Pengeringan dilakukan dengan menempatkan bunga segar ke dalam wadah kedap udara bersama dengan pasir silika untuk jangka waktu tertentu.

Pasir silika ini berfungsi untuk menyerap kelembaban dari bunga, membuatnya tidak rontok dan tidak kehilangan warnanya.

Silica gel ini memang bahan kimia tapi cukup aman, malah sebetulnya tidak beracun, banyak sebagian orang merasa beracun, ketika membaca label yang biasanya bertuliskan;

JANGAN DIMAKAN atau JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK-ANAK.

Penggunaan silica gel pun ada 2 jenis, yakni silica gel berwana biru dan siica gel berwarna putih. Penggunaan silica gel yang berwarna biru ini kebanyakan dipakai untuk barang elektronik, bunga dan sebagainya.

Sedangkan silica gel yang berwarna putih ini sering disebut juga dengan silica gel food grade, yakni silica gel yang khusus untuk dipakai pada makanan, sehingga sangat aman ketika memakai silica gel dalam mencegah kelembapan pada makanan.

Silica gel juga bisa beracun, tergantung dari kandungan apa yang telah diserap. Misalnya, ketika penggunaan gel silica ini ditempatkan dalam wadah yang isinya mengandung racun, lalu racunnya bisa diserap dan menyebabkan bahaya saat tidak disadari termakan oleh kita.

Macam Macam Silica Gel

manfaat silica gel
ba-bamail.com

Berdasarkan cara pembuatannya ini, silica gel dibagi menjadi 2 jenis, yakni sebagai berikut;

Silica Gel Sintetis

Pembuatannya melalui proses dan pengolahan dari mesin, yang akhirnya terdapat perubahan jenis dan bentuk dari semula bahan mentah menjadi barang jadi. Menggunakan bahan dasar yaitu pasir Soda Ash dan kwarsa yang akhirnya menjadi jadikan Silica Gel (SiO3).

Baca Juga  Cara Budidaya Udang Vaname dengan Berbagai Teknik Lengkap Beserta Tahapannya

Contohnya White Silica Gel sebuah butiran putih/ bening lalu Blue Silica Gel yang berwarna biru. Indicator kondisi jenuh akan muncul bila Silica Gel mulai berubah warna menjadi merah. Lebih baik lagi jika Blue Silica Gel penggunaannya dijauhkan dari jenis produk makanan.

Silica Gel Natural

Barang langsung dari Alam, hasil tambang zeolite melalui proses screening dan aktivasi. Pada penggunaan kemasan sachet 1 hingga ukuran 5gram biasa digunakan dalam produk sepatu, electronic dan handycraft, 10 hingga ukuran 100 gram biasa penggunaan pada electronic dan furniture, sedang untuk 100 gram keatas cocok dalam product tembakau juga produk sejenis lainnya.

Manfaat Silica Gel

manfaat silica gel
anakregular.com

Silica gel adalah salah satu elemen yang bisa dikatakan cukup penting dalam merawat berbagai macam barang yang ada di rumah. Ketika kita merawata suatu barang, makan silica gel ini menjadi salah satu benda wajib yang ada tersedia.

Berikut ini adalah manfaat silica gel yang mungkin masih banyak orang belum mengetahuinya;

1. Menjaga Kelembapan Makanan dan Barang-barang

silica gel
couponraja.in

Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica gel merupakan produk yang aman dipakai untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun.

Silica gel sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.

2. Membuat Barang Lebih Awet dan Tidak Mudah Rusak

silica gel
tokopedia.net

Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica gel adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica gel juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.

Baca Juga  Game Ice Breaking Lucu dan Seru Untuk Para Trainer Ketika Mengisi Acara Pelatihan, Dijamin Ampuh

3. Silica Gel Biru dan Silica Gel Putih

silica gel
pacificwater.com.au

Silica gel blue (silica gel biru) dan silica gel white (silica gel putih ) dipakai selain untuk absorbsi kelembaban udara, fungi-jamuran dan bau-bauan serta ion-ion lainnya dan untuk menjaga kualitas produk terutama untuk barang-barang yang dieksport, misalnya untuk garment, textile, computer, Pharmaceutical, Electronic, Tas kulit, Shoes, Dry Food, Buku, Karet, Ban, Plastik, dan alat-alat laboratorium.

Silica gel yang siap untuk digunakan berwarna biru. Saat silica gel telah menyerap banyak kelembapan, silica gel akan berubah warnanya menjadi pink(merah muda). Ketika ia berubah menjadi warna pink (merah muda), silica gel tidak bisa lagi menyerap kelembapan.

Silica gel harus meregenerasi,. hal ini dapat dilakukan dengan menghangatkannya di dalam mesin oven. Panasnya mengeluarkan kelembapan, lalu ia akan berubah warnanya menjadi biru dan kembali bisa digunakan.

Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel ini tetap kering. Silica gel penyerap kandungan air bisa diaktifkan sesuai kebutuhan. Unit ini mempunyai indikator khusus yang akan berubah dari warna biru ke merah muda kalau produk mulai mengalami kejenuhan kelembapan.

Saat itulah alat ini aktif. Setelah udara mengalami kejenuhan/kelembapan, dia bisa diaktifkan kembali lewat oven.

Leave a Comment