Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

Kurma Muda – Hai teman-teman, masih maudisini kan? Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai kurma Muda serta khasiat dan manfaat dari kurma Muda.

Sebagaimana yang telah Anda ketahui, kurma biasanya dibutuhkan dan sering dicari di bulan suci yang selalu ditunggu-tunggu oleh kaum muslimin seluruh dunia yaitu Bulan suci Ramadhan.

Bahkan di bulan suci tersebut banyak sekali penjual kurma dengan berbagai macam jenis dan varian. Yang salah satunya adalah kurma Muda. Disebut kurma Muda, dikarenakan mempunyai tekstur rasa yang sangat manis sebagaimana Anda mencicipi Muda. Selain rasanya yang manis, kurma ini memiliki tekstur yang lembut.

Kurma Muda (Ruthob)

Jual Kurma Muda
Jual Kurma Muda (Ruthab)

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui kurma muda atau bahasa lainnya adalah ruthab. Kurma muda ini berbeda dengan kurma yang lainnya, kurma muda ini belum dikeringkan.

Kurma muda juga adalah kurma yang masih mentah atau setengah matang sehingga masih segar karena tidak mengalami proses pengeringan seperti halnya kurma matang.

Kurma muda juga biasanya dibagi menjadi tiga jenis, ketiga jenis tersebut adalah;

  • Kurma muda merah.
  • Kurma muda hijau.
  • Kurma muda kuning.

Meskipun kurma muda ini belum matang, namun banyak sekali kandung klorida, zat besi, klorin, vitamin A, Kalsium, Vitamin C dan Vitamin K. selain kandungan tersebut, kurma muda juga banyak mengandung hormone biostin dan nerohipofisa yang sama fungsinya seperti oksitosin.

Di negara Arab, kurma muda ini bisa didapatkan di pasar tradisional atau sekitar tempat miqat di Saudi Arabia, tapi terkadang juga cukup diperoleh karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Indonesia menjadi negara yang cukup tinggi permintaan pasar terhadap kurma muda ini, namun kondisi tanah dan iklim tidak mendukung untuk menanam kurma di Indonesia, maka dari itu banyak warga Indonesia yang menitip kepada saudaranya yang pergi hari atau Umroh.

Baca Juga  Twitter, Riwayatmu Kini Tak Seramai Dulu

Pengiriman melalui jalur pesawat atau cargo karena daya tahan kurma yang tergolong basah ini tidak bisa berlangsung lama apabila disimpan di dalam lemari pendingin. Oleh karena itu dapat berisiko cepat matang atau busuk, sehingga harganya cukup mahal di Indonesia.

Buah kurma ini bisa di konsumsi langsung tanpa diolah, bisa juga diparut dan dijadikan bubuk lalu diseduh untuk mengatasi masalah kesuburan antara suami dan istri.

Untuk mendapatkan kurma muda ini memang tidak mudah, karena buah jarang dijual secara bebas di pasaran. Bisanya untuk mendapatkannya harus memesan langsung ke negara Timur Tengah.

Namun jangan khawatir, kami menyediakan kurma muda dengan kualitas terbaik. Kami menjualnya secara online dan dikirim langsung ke rumah anda.

Mendahulukan Makan Kurma Saat Berbuka

kurma muda
hellosehat.com

Anda pasti penasaran kenapa Rasulullah shallallhu alaihi wa sallam, menyuruh kita untuk memakan kurma terlebih dahulu di saat kita berbuka?.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam disetiap akan berbuka beliau mendahulukan makan kurma ataupun yang manis-manis. Karena kurma mengandung kaya glukosa yang bisa menggantikan energi yang terkuras selama sehari penuh berpuasa.

Dalam suatu hadits, Rasulullah shallallhu alaihi wa sallam pun pernah bersabda yang berbunyi,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya : “Rasulullah sallahu alaihi wa sallam bisanya berbuka dengan mengawali memakan ruthab (kurma basah) sebelum beranjak sholat (maghrib). Kalaupun tak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering yang matang), dan jika tidak ada tamr, beliau pun meminum dengan beberapa tegukkan air.” (HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud).

Manfaat dan Khasiat Kurma Muda dan Kurma lainnya

manfaat kurma muda
ambatyashir.com

Kurma Muda selain memiliki rasa yang manis serta tekstur yang lembut, kurma Muda juga mempunyai banyak sekali khasiat serta manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Sebagaimana yang terjadi di zaman sekarang ini, kurma diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman serta menjadi produk herbal untuk kesehatan.

Baca Juga  Belajar Aksara Sunda A-Z, Rarangken, Angka dan Contoh Soal [LENGKAP]

Hal tersebut disebabkan karena kurma sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta berkhasiat untuk tubuh dalam proses pemulihan. Karena kandungan yang terdapat pada kurma kaya dengan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Salah satu kandungan vitamin dari kurma adalah vitamin A.

Vitamin A yang terdapat pada kurma memiliki peran penting yaitu menjaga kesehatan mata,kulit serta menjadi antioksidan untuk tubuh. Selain itu, kandungan dalam buah kurma meliputi antioksidan yang biasa disebut dengan tanin. Tanin sendiri berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-infeksi dan anti-hemoragik.

Pada kandungan kurma juga terdapat kalium yang begitu penting untuk mengoptimalkan detak detak jantung serta tekanan darah bagi tubuh. Dengan itu semua, maka tubuh kita terjaga dari penyakit jantung maupun stroke.

Kalsium pun juga terdapat dalam buah kurma yang sangat berguna dalam pembentukan tulang, gigi, serta mengontraksi otot dan penggumpalan darah.

Namun, yang terpenting dalam kandungan kurma adalah kandungan serat yang begitu banyak. Sehingga saluran pencernaan pada tubuh tetap terjaga dengan baik, dan metabolisme atau daya tahan tubuh tetap terjaga kesehatannya. Dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam buah kurma.

Kurma Ajwa yang Paling Disukai Rasulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam

jual kurma muda
pixabay.com

Sebagaimana yang telah dibahas sedikit di atas, banyak sekali jenis kurma yang terdapat sekarang ini. Dan dari berbagai macam jenis kurma yang paling disukai oleh Rasulullah shallahu alaihi wa salam adalah kurma ajwa. Itu adalah kurma yang paling istimewa, sebab kurma tersebut ditanam langsung oleh beliau pada 1.400 tahun yang lalu.

Kurma ajwa ini memiliki sejarah tersendiri dari penamaannya yang disebut dengan kurma ajwa. Dikisahkan bahwa Salman Al-Farisi memiliki anak yang bernama Ajwah.

Baca Juga  Perkembangan, Istilah, dan Sejarah Baseball di Dunia

Ia adalah seorang Nasrani yang akhirnya masuk Islam, dan mewakafkan kebun kurmanya. Dengan itu semua, Beliau memberi nama kurma tersebut dengan kurma ajwa.

Manfaat dan Khasiat dari Kurma Ajwa

manfaat kurma ajwa
youtube.com

Buah kurma merupakan hasil dari pohon palem yang tumbuh di daerah yang gersang dan mempunyai hawa yang panas, begitu juga kurma ajwa. Kurma ajwa disebut juga dengan kurma Nabi dikarenakan beliau sangat suka dengan kurma ini.

Setelah dilakukannya suatu penelitian dan pengecekan oleh para pakar kesehatan, kurma ajwa memiliki banyak sekali vitamin dan mineral yang terkandung padanya.

Glukosa yang terdapat pada buah kurma tak seperti pada buah-buahan yang lainnya semisal tebu, dan lainnya yang harus memerlukan penyaringan supaya terpisah antara glukosa dan sukrosa.

Sedangkan kurma tak memerlukan sebuah pemisahan, mineral lain yang terdapat kurma ajwa adalah potasium yang mana sangat berfungsi untuk mengatasi penyakit semacam sembelit, otot lemah, bahkan sampai penyakit stress.

Selain itu terdapat juga kandungan zat besi dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit-penyakit seperti jantung dll.

Kurma ajwa juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, ibu hamil yang mengkonsumsi kurma ajwa dapat mencerdaskan anak yang berada dalam kandungannya. Kurma ajwa pun juga bisa menangkal sihir ataupun santet yang menghindarkan kita semua dari hal itu.

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam, bahwa barang siapa yang mengkonsumsi kurma ajwa 7 buah disetiap harinya, maka dia akan terhindar dari sihir dan racun. Nah, begitulah keistimewaan kurma ajwa yang sebaiknya kita mengkonsumsinya di keseharian kita.

Sekiranya pembahasan mengenai kurma Muda dan kurma ajwa beserta manfaat serta khasiat yang terkandung padanya sudah cukup jelas dan dapat dipahami. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah ilmu serta bermanfaat untuk kita semua, wassalam.

Jual Kurma Muda
Jual Kurma Muda (Ruthab)

1 thought on “Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Comment