barakallah fii umrik

Arti Barakallah Fii Umrik dan Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia Lengkap

Arti Barakallah Fii Umrik – Ucapan ulang tahun Islami harus dipanjatkan karena setiap tahunnya setiap orang pasti akan kembali pada tanggal dan bulan yang tepat ketika dilahirkan ke bumi. Yaaa hari itu adalah hari lahir mereka, kebanyakan dari mereka ada yang merayakan ulang tahun atau juga hanya sebatas memberi ucapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan hingga saat itu.

Bagi kebanyakan orang akan merayakannya pula dengan cara membuat pesta atau hanya sebatas traktir teman atau kumpul keluarga.

Namun jika kita pikirkan lebih jauh lagi, dan di tafakuri lagi maka ketika umur kita bertambah, maka sudah bukan saatnya lagi untuk bersenang-senang atau juga malah berpesta hura-hura menghambur-hamburkan materi.

Sebaiknya kita melakukan muhasabah diri dan jangan lupa untuk mengucapkan “barakallah fii umrik ” kepada sanak saudara atau kerabat yang sedang berulang tahun.

Apakah kalian tahu makna dari dari kata “barakallah fii umrik” ini?

Kalimat tersebut bukan hanya sebatas ucapan biasa, melainkan sebuah doa yang apabila kita mengucapkannya In Shaa Allah kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Karena sebaik-baiknya ucapan adalah doa.

Mulailah kita membiasakan kata-kata baik dalam mengucapkan ketika milad ini, agar kita mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Arti Barakallah Fii Umrik

barakallah fii umrik
www.canva.com

Arti dari “Barakallah fii umrik” adalah “Semoga Allah memberi berkah atas umurmu.”

Baarakallaaah merupakan kalimat yang berasal dari bahasa Arab, Baarakallah berasal dari dua kata yakni Baaraka dan Allah.
Kata “baraka” memiliki arti berkah, sedangkan “Allah” tetap Allah. Jika kedua kata tersebut digabungkan, maknanya adalah “Semoga Allah memberkahi”.

Pengucapan kata atau doa “Barakallah” biasanya akan diiringi dengan tambahan “fiika” yang artinya kepadamu (untuk laki-laki), “fiiki” yang aratinya kepadamu (untuk perempuan) atau “fiikum”, yang bermakna kepada kalian (banyak orang).

Sebagai seorang muslim memang ada baiknya mengucapkan saudara seiman yang sedang merayakan ulang tahun adalah dengan doa-doa yang bisa mengetuk pintu langit.

Biasanya ketika ulang tahun diucapkan dalam bahasa arab yang adalah “idul milad atau selamat milad”. Kata “milad” sendiri berasal dari bahasa arab yang artinya selamat hari kelahiran.

Selamat milad ini biasanya juga diikuti oleh ucapan lainnya yakni “Barakallah fii Umrik”

Maka, ketika ada orang lain yang mengucapkan “Barakallah fii Umrik” kepada kita, sepatutnya kita merasa bersyukur atas doa yang lantunkan. Semoga Allah memberi rahmat kepada kita semua agar diberi kemudahan dan kelancaran.

Baca Juga  33 Contoh Announcement Text Singkat Bahasa Inggris dan Artinya yang Bisa Kamu Tiru!

Jawaban Doa Barakallah Fii Umrik

barakallah fii umrik
canva.com

Dalam sebuah riwayat dari perkataan Bunda Aisyah ra. Riwayat Imam An-Nasa’i seperti berikut;

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya;

“Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Dalam hadits diatas kita dapat mempelajari bahwa Aisyah ra telah biasa menjawab barakallah dengan ucapan ‘wa fiihim barakallah’ yang memiliki arti “Semoga Allah juga memberkati mereka”.

Hal itu tergantung siapa objek yang mengucapkannya;

  • “wa fiika baarakallaah” apabila orang keduanya laki-laki,
  • “wa fiiki baarakallaah” apabila orang keduanya perempuan
  • “wa fiikum baarakallaah” apabila orang keduanya berjumlah lebih dari tiga.

Maka, mulailah membiasakan menjawab doa “Barakallah fii umrik” dengan “wa fiikum barakallah” agar senantiasa kita saling mendoakan satu sama lain. Aamiin Allahuma Aamiin.

Waktu dan Cara Mengucapkan Barakallah

barakallah fii umrik
canva.com

Jika kita resapi dan pikirkan lebih dalam lagi makna dari kata Barakallah ini sangat dalam sekali, Allah akan memberikan keberkahan dalam hidup kita, entah itu keberkahan harta, keberkahan ilmu dan keberkahan-keberkahan lainnya.

Namun, tidak semua momen bisa kita ucapkan barakallah. Kiranya kita mengetahui waktu-waktu yang tepat agar doa tersebut bisa tersampaikan dengan baik. Ada beberapa waktu yang biasanya umum seorang muslim mengucapkan doa yang maha dahsyat ini.

Bayi Baru Dilahirkan

barakallah fii umrik
www.canva.com

Anak adalah salah satu rezeki yang patut harus disyukuri, karena tentunya setiap pasangan pasti mengiginkan anak, namun jika Allah belum menghendaki, maka kita hanya bisa berserah diri dan terus berdoa serta berusaha.

Hendaknya kita menghaturkan doa ketika ada sanak saudara, kerabat dan tetangga yang baru saja melahirkan agar sang anak diberi keberkahan dalam hidupnya.

Berikut ini adalah bacaannya;

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Dibaca;

“Barakallahu laka fil mauhub, wa syakarta al wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu.”

Artinya:

Semoga Allah memberkati kamu pada anak yang dikurniakan-Nya kepadamu, semoga kamu mensyukuri Tuhan Yang Maha Pemberi, semoga anak itu akan mencapai umur kuat/matangnya dan semoga kamu akan diberi rezeki kebaikannya.

Baca Juga  Manfaat Kurma Muda dan Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW untuk Kesehatan Tubuh

Ketika Berlangsung Acara Pernikahan

barakallah fii umrik
www.canva.com

Seringkali pernikahan disebut juga adalah suatu hal yang menyempurnakan separuh agama. Maka dari itu pernikahan dibangun sekali untuk selamanya, perlu adanya pondasi yang kuat agar pernikahan bisa berlangsung terus seumur hidup tanpa adanya perceraian.

Sudah seharusnya kita mendoakan pasangan yang melangsungkan pernikahan agar pernikahan mereka langgeng hingga ajal menjemput. Selain mendoakan kita juga bisa memberikan pesan singkat berupa kata kata bijak cinta kepada kedua mempelai.

Nabi Muhammad mengajarkan ummatnya agar senantiasa mendoakan pengantin yang baru menikah dengan doa sebagai berikut;

بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير

Dibaca:

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fi khoyr.

Artinya:

Semoga Allah senantiasa memberkahimu dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit, serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan.

Ketika Ulang Tahun

barakallah fii umrik
www.canva.com

Terkadang orang terlalu bersuka cita yang berlebihan dalam menyambut ulang tahun, padahal ketika ulang tahun itu umur seseorang di dunia telah berkurang selama satu tahun. Hendaknya kita mendoakan kerabat, saudara dan tetangga yang genap merayakan ulang tahun dengan doa-doa terbaik;

Doanya adalah;

Baarakallaah fii ‘umrik

Artinya:

“Semoga Allah memberkahi umurmu”

Hendak Memberi Hadiah

barakallah fii umrik
www.canva.com

Apabila kita berniat memberikab hadiah atau barang apapun kepada orang lain, maka sangat disarankan kita mendoakan kebaikan. Hal ini bermaksud supaya barang atau hadiah yang kita berikan itu memiliki keberkahan bagi sang penerima.

Lantas Allah SWT pun akan memberkahi barang yang kita beri kepada orang lain tadi. saat kita akan menyerahkan barang atau hadiah maka berdoalah “barakallah” dan dapat dijawab dengan ”wa fiikum barakallah”.

Mendapat Pemberian

barakallah fii umrik
www.canva.com

Rezeki dari Allah itu datangnya dari mana saja, salah satu perantara yang paling sering kita jumpai adalah manusia sendiri yang menjadi perantaranya. Maka apabila kita mendapat barang dari seseorang hendaknya kita mendoakan kebaikan kepada orang yang memberi.

Sebagaimana telah dicontohkan oleh para sahabat Nabi Muhammmad terdahulu ketika mendapat kiriman daging dari Aisyah. Meskipun meodakan bukanlah sebuah kewajiban, namun itu harus dijadikan adab agar barang yang kita terima mendapat keberkahan dari Allah.

Ketika kita mendapat barang dari orang lain hendaknya berdoa “Barakallah lakum”

Doa Ulang Tahun Islami dengan Bahasa Arab

barakallah fii umrik
www.canva.com

Ulan tahun sudah seharusnya menjadi momen bagi diri kita untuk lebih jauh introspeksi diri, apa saja hal yang dan pencapaian yang telah kita lakukan selama satu tahun terakhir ini. Ulang tahun juga sudah sepantasnya kita syukuri karena masih diberikan nikmat umur agar senantiasa terus memperbaiki diri.

Dibalik rasa syukur itu, hendaknya kita berdoa dan bermunajat kepada Allah SWT dengan doa terbaik agar bisa sampai ke pintu langit dan bisa dikabulkan doa-doa kita. Aamiin.

Berikut ini adalah doa-doa pilihan terbaik untuk orang yang sedang berulang tahun Semoga Allah senantiasa memberikan kita umur yang panjang agar bisa mendapat keberkahan dan keridhoan-Nya.

Baca Juga  Berbagai Jenis Ikan Hias Cupang yang Populer dan Harganya

Doa Ulang Tahun Mohon Panjang Umur

barakallah fii umrik
www.canva.com

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Dibaca:

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya:

Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Mohon Kemuliaan untuk Keluarga

barakallah fii umrik
www.canva.com

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Dibaca:

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Mohon Keselamatan dan Kesejahteraan

barakallah fii umrik
www.canva.com

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Dibaca:

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya:

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.

Doa Mohon Rezeki Yang Halal dan Baik

barakallah fii umrik
www.canva.com

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Dibaca:

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya:

Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Mohon Anak yang Sholeh

barakallah fii umrik
www.canva.com

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Dibaca:

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

Artinya :

Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).

***

Itulah penjelasan dari arti barakallah fii umrik serta doa ulang tahun islami dengan Bahasa Arab, semoga lidah kita basah dengan ucapan-ucapan munajat kepada Allah agar hidup ini penuh berkah dan ridho dari Allah. Mulailah dari sekarang dibiasakan untuk mengamalkan setiap doa-doa yang ada di dalam artikel ini.

Semoga bermafaat.

Leave a Comment