cara berkembang biak hewan

Pengertian, Ciri-ciri, Gambar, dan Contoh Cara Berkembang Biak Hewan

Masih maudisini kan? Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah berkembang biak, tapi apakah kalian tahu bahwa terdapat beberapa jenis cara berkembang biak hewan? Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki berbagai cara dalam berkembang biak.

Pada dasarnya, tujuan makhluk hidup dalam berkembang biak adalah untuk memperbanyak serta meneruskan keturunannya. Sehingga dengan terus berkembang biak maka makhluk hidup ini tidak akan punah. Simaklah penjelasan lengkapnya dibawah ini agar kalian lebih mengetahui cara berkembang biak hewan.

Cara Berkembang Biak Hewan

terdapat berbagai jenis hewan yang ada dimuka bumi ini, mulai yang hidup di darat, udara maupun air. Setiap hewan tersebut memiliki cara yang berbeda-beda ketika berkembang biak. Berdasarkan cara berkembang biaknya, hewan ini dibedakan menjadi 3 jenis.

Ketiga jenis tersebut adalah vivipara, ovipar, dan ovovivipar. Ovipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Vivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Jenis hewan yang terakhir adalah ovovivipar, yaitu jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak.

Sebelumnya, apabila kalian ingin mengetahui suatu hewan termasuk ke dalam cara berkembang biak vivipar, ovipar dan ovovivipar maka tidak perlu memperhatikan secara langsung. Kalian bisa menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri-ciri dari jenis hewan.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian, ciri-ciri dan contoh cara berkembang biak hewan.

Pengertian Hewan Vivipar

Hewan vivipar merupakan jenis hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Itu berarti dalam proses reproduksi hewan vivipara ini embrio hewan tumbuh dan berkembang di dalam rahim dengan memanfaatkan nutrisi dari induknya.

Nutrisi yang diperoleh langsung dari induknya ini disalurkan melalui plasenta. Setelah organ tubuh dari jabang bayi telah sempurna, maka ia akan keluar melalui proses melahirkan. Pada umumnya hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah jenis hewan mamalia atau menyusui.

Ciri-ciri Hewan Vivipar

Kalian bisa mengetahui hewan termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara vivipar. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan vivipar, yaitu;

  • Merupakan golongan hewan mamalia
  • Memiliki puting susu dan kelenjar susu untuk menyusui anaknya
  • Memiliki penutup tubuh berupa rambut
  • Memiliki daun telinga
  • Janin tumbuh didalam rahim
  • Individu baru akan dilahirkan melalui induknya.

Contoh Hewan Vivipar

Kucing

cara berkerbang biak hewan
binatang.web.id

Anjing

cara berkerbang biak hewan
griyagawe.wordpress.com

Harimau

cara berkerbang biak hewan
hello-pet.com

Jerapah

noticias24.com
noticias24.com

Gajah

cara berkerbang biak hewan
byaki.net

Pengertian Hewan Ovipar

Hewan ovipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Pada saat proses reproduksinya, embrio hewan tumbuh dan berkembang biak di dalam cangkang telur tetapi di luar tubuh induknya.

Embrio ini akan menjadi bayi saat terjadi proses pengeraman oleh oleh induknya. Calon anak ini mendapatkan nutrisi dan cadangan makanan yang berasal dari dalam telur. Pembuahan nya sendiri bisa terjadi didalam tubuh (internal) atau bisa juga diluar tubuh (eksternal).

Ovipar ini dibedakan menjadi dua jenis terjadinya pembuahan.

  • Hewan ovipar atau bertelur yang pembuahannya terjadi di dalam tubuh induk betina. Contohnya adalah jenis unggas.
  • Hewan ovipar atau bertelur yang pembuahannya terjadi di luar tubuh induk betina. Contohnya adalah jenis amfibi dan ikan.

Ciri-ciri Hewan Ovipar

Kalian bisa mengetahui hewan termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara ovipar. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan vivipar, yaitu;

  • Tidak memiliki daun telinga.
  • Tidak memiliki putting kelenjar susu.
  • Tidak menyusui anaknya.

Contoh Hewan Vivipar

Ayam

cara berkembang biak hewan
valerieann.com

Ikan

cara berkerbang biak hewan
ikanlagaaquarium.blogspot.co.id

Burung

cara berkerbang biak hewan
trendburung.blogspot.co.id

Serangga

cara berkerbang biak hewan
visboo.com

Katak

cara berkerbang biak hewan
pchome.net

Pengertian Hewan Ovovivipar

Ovovivipar adalah cara berkembang biak hewan dengan cara bertelur dan beranak. Embrio dari hewan ovovivipar ini berkembang di dalam telur, lalu telur tetap berada dalam tubuh induknya hingga menetas. Barulah setelah telur menetas maka bayi akan keluar dari tubuh induknya.

Embrio hewan ovovivipar tidak mendapatkan nutrisi langsung dari tubuh induknya, melainkan mendapatkan nutrisi yang tersedia dalam telur tadi, sama seperti pada pembuahan ovipar.

Pada awalnya zigot ini akan tumbuh menjadi embrio, embrio ini ada pada telur. Proses ini disebut dengan proses kehamilan. Barulah setelah sempurna pertumbuhannya dalam telur sempurna maka induk akan mengeluar bayi hewan.

Ciri-ciri Hewan Ovipar

Kalian bisa mengatahui hewan termasuk ke dalam golongan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan ovovivipar, yaitu;

  • Pembuahan terjadi pada tubuh induk.
  • Setelah terjadi pembuahan, maka akan terbentuk telur.
  • Embrio tumbuh di dalam telur yang berada dalam induk, lalu setelah pertumbuhan embrio sempur maka akan menetas anak hewan yang keluar dari dalam tubuh induk.
  • Cadangan makanan berasal dari dalam telur itu sendiri, bukan berasal dari induknya.

Contoh Hewan Ovovivipar

Bunglon

cara berkerbang biak hewan
flipada.com

Iguana

cara berkerbang biak hewan
amigospetshop.com

Ikan Guppy

cara berkerbang biak hewan
keywordhut.com

Ikan Hiu

cara berkerbang biak hewan
dokumen.tips

Platipus

cara berkerbang biak hewan
adeanita.com

 

Leave a Comment