WOW! Ini Dia 21+ Ikan Hias Termahal Di Indonesia dan Dunia

Ikan Hias Termahal – Siapa sih orang yang tidak mengetahui ikan hias? Belakangan ini ikan hias sering dicari untuk dipelihara atau dijadikan budidaya dalam dunia bisnis. Tapi percaya kah kalian bahwa terdapat beberapa ikan hias termahal yang satu ekornya saja dapat di banderol dengan harga 1 Milyar.

Ikan hias ini merupakan jenis ikan yang dipelihara dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya, atau hobi dan bukan untuk di konsumsi. Ikan hias ini juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai hiburan untuk pengusir penat setelah bekerja.

Bagi sebagian orang, memelihara ikan hias adalah sebuah hobi yang sangat menyenangkan. Bahkan mereka tidak segan pergi keliling dunia demi mendapatkan ikan hias yang diburu. Harga berapa mahal pun akan ditebus demi membawa pulang sang ikan hias.

Bagi orang yang sudah kecanduan dengan ikan hias ini, mereka akan merasa kurang lengkap jika di rumah tidak terdapat ikan hias. Ikan hias ini akan mereka simpan dalam aquarium dan dinikmati keindahannya sehingga orang-orang akan merasa senang dan takjub ketika melihatnya.

Pada dasarnya ikan hias itu terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Sudah sangat jelas kedua jenis habitat ikan hias ini berbeda dalam hal perawatannya. Biasanya perbedaan ini terletak pada air untuk mengisi aquarium, pakan dan cara perawatannya.

Merawat ikan hias bukanlah perkara yang mudah dan simpel, diperlukan perawatan yang ekstra agar ikan hias ini tetap sehat dan tidak stress. Menurut para pelaku hobi ikan hias, jenis ikan hias yang agak sulit dalam segi perawatannya adalah ikan hias air laut.

Kerumitan tersebut berasal dari jenis pakan serta ketersediaan ikan hias itu sendiri. Tapi, jika sudah menjadi hobi, sesulit apapun tantangannya pasti akan terus dicari permasalahannya oleh para kolektor ikan hias ini.

Tapi belakangan ini, ikan hias menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Kita bisa saja menjadikan ikan hias ini menjadi salah satu investasi kelak di kemudian hari. Harga tiap ekor ikan hias ini semakin hari akan semakin melonjak seiring terus meningkatnya permintaan dari pasar.

Pada artikel ini maudisini akan membahas secara tuntas ikan hias termahal yang ada di dunia dan Indonesia, simak terus sampai selesai oke.

Ikan Hias Termahal Di Dunia

Apakah kalian bisa menebak ikan hias termahal dunia?

Terdapat beberapa alasan yang membuat ikan hias ini mendapat predikat ikan hias termahal seperti tingkat kesulitan dalam mendapatkannya. Bahkan beberapa sangat sulit ditemukan karena hanya memiliki habitat di wilayah tertentu saja.

Adapula ikan hias termahal ini yang untuk mendapatkannya saja harus menyelam hingga ke dasar lautan yang sangat dalam. Itu semua dilakukan demi mendapatkan ikan hias yang sangat cantic yang berasa dari tekstur warna dan bentuk tubuhnya.

Berikut ini ikan hias termahal di dunia;

Peringkat 10: Ikan Candy Basslet – Rp. 13.500.000,-

ikan hias termahal
cdn.reefs.com

Ikan Candy Basslet adalah salah satu ikan hias terhamal yang hidup di laut. Bisa dikatakan juga ikan ini memiliki warna tubuh yang sangat unik karena berwarna-warni. Untuk mendapatkan ikan ini cukup sulit yaitu hanya berada di lepas Pantai Curacao, Karibia.

Para kolektor harus menyelami wilayah-wilayah tertentu demi mendapatkan ikan hias ini. Biasanya ikan ini ditemukan di sela-sela batu karang.

Tapi jangan khawatir, belakangan ini sudah terdapat budidaya untuk penangkaran Ikan Candy Basslet. Jadi para kolektor tidak perlu jauh-jauh datang ke Karibia untuk mendapatkan ikan ini. Satu ekor Ikan Candy Basslet bisa dibanderol hingga Rp. 13.500.000,-

Peringkat 9: Ikan Clarion Angelfish – Rp. 30.000.000,-

ikan hias termahal
duniatrik.com

Clarion merupakan salah satu nama pulau yang sangat indah di lepas pantai Pasifik Meksiko yang merupakan bagian dari Kepulauan Revillagigedo. Untuk mendapatkan ikan ini makan kolektor harus kesana yang berada di pulau Clipperton.

Kelebihan ikan hias ini adalah memiliki warna yang sangat cerah. Saat ini seiring terus meningkatnya peminat dari ikan ini maka sudah ada penangkarannya. Ikan ini mampu bertahan hidup hingga usia 40 tahun.

Untuk harga satu ekornya saja sekitar 30 juta dan harus mendapat izin dari pemerintah Meksiko untuk bisa membawa pulang ikan ini. Ribet juga ya untuk satu ekor ikan saja harus mendapat surat izin dari pihak pemerintah.

Peringkat 8: Ikan Wrought Iron Butterflyfish – Rp. 32.000.000,-

ikan hias termahal
duniatrik.com

Ikan Wrought Iron Butterflyfish memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu sekitar 6 inch. Ikan ini berada di perairan Jepang dan termasuk ke dalam keluarga ikan Butterflyfish. Ikan ini sangat aktif dalam berenang dan dapat bergerak dengan sangat cepat.

Akan terasa indah siapa pun yang melihat ikan ini berenang dengan sangat cepat kesana kemari di dalam aquarium. Terdapat beberapa warna yang sangat indah yaitu hitam keabu-abuan dengan garus kuning yang sangat cerah pada siripnya.

Tahukah kalian bahwa ikan yang berukuran 6 inch ini di banderol dengan harga Rp. 32.000.000,-

Baca Juga: 69+ Macam Ikan Hias Mulai Dari Air Tawar, Air Laut dan Ikan Hias Termahal

Peringkat 7: Ikan Australian Flathead Perch – Rp. 66.500.000,-

ikan hias termahal
aquaria-info.ru

Dari namanya saja kita sudah bisa menerka bahwa ikan ini berasal dari Negara Kangguru, Australia. Ikan ini termasuk ke dalam salah satu ikan hias termahal di dunia karena untuk mendapatkannya sangat sulit.

Bayangkan saja, ikan ini hidup di dalam celah batuan, dan baru keluar ketika akan mencari makan. Setelah itu kembali lagi dengan sangat cepat ke dalam celah tadi yang menjadi sarangnya. Sudah terbayang bukan sulitnya mendapatkan ikan ini?

Ikan ini pertama kali dijual di Amerika pada tahun 2011. Sejak saat itulah para kolektor ikan hias terus memburunya hingga harga per ekornya melonjak mencapai harga Rp. 66.500.000,-

Peringkat 6: Ikan Neptune Grouper – Rp. 80.000.000,-

ikan hias termahal
10cainhat.com

Ikan Neptune Grouper adalah ikan yang tidak pernah didapatkan di pasaran. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang tinggal di perairan yang sangat dalam, dan hanya sesekali saja dapat ditemukan di perairan yang dangkal.

Corak warna pada ikan ini sangat unik dan khas, warna pada tubuhnya ini juga berbeda ketika usia muda dan usia dewasa. Ikan Neptune Grouper muda akan berwarna kuning dan oranya sedangkan ketika dewasa akan berubah menjadi merah mudah dan nuansa kuning. Harga satu ekor ikan ini mencapai Rp. 80.000.000,-

Peringkat 5: Ikan Golden Basslet – Rp. 107.000.000,-

ikan hias termahal
i.ytimg.com

Ikan Golden Basslet adalah salah satu anggota terkecil dari ikan kerapu. Ikan ini banyak terdapat di peraira Atlantik dan Pasifik. Ikan Golden Basslet adalah ikan yang sangat pemalu, bahkan untuk melihatnya saja cukup sulit.

Ikan ini lebih sering bersembunyi di dalam sarangnya ketimbang berada di luar sarang. Bahkan untuk mendapatkan ikan ini diperlukan perangkap khusu dalam menangkapnya. Harga di pasaran dapat mencapai Rp. 107.000.000,- sehingga termasuk ke dalam gologan ikan hias termahal di dunia.

Peringkat 4: Ikan Bladefin Basslet – Rp. 133.000.000,-

ikan hias termahal
ilmusiana.com

Ikan yang memiliki panjang kurang lebih 1,5 inch ini memiliki bentuk yang sangat kecil dan lucu, jika anak-anak melihatnya pasti akan langsung menyukainya. Ikan ini banyak terdapat di sekitaran karang-karang yang berada di perairan dalam Karibia.

Dengan ukuran yang sangat kecil tadi, ikan ini cukup sulit untuk ditemukan ditambah lagi ikan ini berdomisili di tempat yang minim oleh cahaya. Biasanya para penyelam atau orang yang mencari ikan in memerlukan peralatan khusus untuk bisa menangkap ikan ini.

Kita harus membayar sebesar Rp. 133.000.000,- untuk bisa membawa pulang ikan dengan ukuran 1,5 inch ini. Mahal sekali bukan untuk ikan dengan ukuran 1,5 inch.

Peringkat 3: Ikan Peppermint Angelfish – Rp. 400.000.000,-

ikan hias termahal
cdn.reefs.com

Ikan Peppermint Angelfish adalah salah satu hewan yang sangat langka. Ikan ini ditemukan oleh tim ekspedisi penelitian dari Smithsonian Institute dan pada tahun 2012 pertama kali dipertontonkan di depan publik.

Ikan ini termasuk ke dalam salah satu ikan yang hidup di perairan yang sangat dalam. Bahkan untuk mencari ikan ini diperlukan kendaraan khusus dalam menyelami perairan. Dengan corak warna garis merah dan putih ikan ini terlihat sangat memesona dan lucu.

Jika kalian ingin ikan ini berada di dalam aquarium, siapkan saja uang sebesar 400 juta. Mantap sekali bukan harga untuk ikan ini.

Peringkat 2: Ikan Polka Dot Stingray – Rp. 1.300.000.000,-

ikan hias termahal
blog.joins.com/

Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan pari yang memiliki habitat di air tawar. Ikan ini banyak ditemukan di Brazil tepatnya di Sungai Xingu. Ikan Polka Dot Stingray hidup di habitat berpasir dan banyak menghabiskan waktunya di dasar perairan. Dia baru muncul ke permukaan ketika akan mencari makan.

Hal unik dari ikan ini adalah warnanya, tubuhnya yang didominasi oleh warna hitam serta terdapat pula corak berupa bulatan-bulatan berwarna putih kekuningan yang berada di seluruh tubuhnya. Corak ini membuat Ikan Polka Dot Stingray terlihat sangat eksotis.

Jika ingin memelihara ikan ini maka diperlakukan aquarium yang cukup besar dengan dasar pasir dan juga siapkan uang sebesar 1.3 Milyar untuk membawa pulang ikan ini.

Peringkat 1: Ikan Arwana Platinum – Rp. 5.300.000.000,-

ikan hias termahal
damaichong.blogspot.co.id

Ini dia peringkat pertama dalam ikan hias termahal di dunia adalah Arwana Platinum. Memang tidak heran ikan ini menjadi ikan termahal di dunia. Bahkan, saking mahalnya ikan ini hingga dipasangi chip identitas untuk membedakan hewan ini dengan ikan arwana lainnya.

Pada dasarnya ikan ini berwarna merah, perak, kuning, dan hijau. Sedangkan corak platinum yang dihasilkan ini berasal dari mutase genetik yang bisa dibilang sangat langka. Ikan arwana ini termasuk ke dalam hewan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Selatan.

Dalam penangkarannya, ikan arwana platinum membutuhkan air sebanyak 300 galon dan pakannya dapat berupa cacing beku atau jangkrik. Usia dari ikan ini bisa mencapai 50 tahun dengan panjang ingga 35 inch.
Siapkan uang sebesar 5.3 Milyar untuk mendapatkan ikan dengan harga yang sangat fantastis ini. Bersedia?

Ikan Hias Termahal Di Indonesia

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki orang dengan tingkat kecintaan yang tinggi pada ikan hias. Selain itu, negara Indonesia juga menjadi salah satu negara di kawasan Asia yang menjadi penyumbang ekport ikan hias.

Di Indonesia sendiri banyak ikan hias yang harganya selangit bahkan bisa mencapai 1 Milyar. Tapi sekali lagi bahwa harga sudah bukan menjadi kendala bagi orang-orang yang memang benar-benar hobi dan menekuni bisnis di bidang ikan hias ini.

Meskipun harganya yang mahal, namun ikan hias ini bisa menjadi investasi yang cukup menggiurkan. Berikut ini adalah ikan hias termahal di Indonesia.

Peringkat 10: Ikan Neon Tetra – Rp. 150,-

ikan hias termahal
infopeternakan.com

Ikan Neon Tetra dikenal dengan nama latin, Paracheirodoninnesi, ikan ini banyak terdapat di daerah Amerika Latin seperti Peru, Kolombia dan Brazil. Ikan ini memiliki warna biru terang dibagian punggung dan putih perak di bagian abdomen.

Ikan ini sering dijadikan ikan hias. Harga ikan ini bervariasi tergantung dengan ukurannya. Untuk ukuran 0.8 cm (usia 40 hari) dihargai sekitar Rp. 150 setiap ekor.

Peringkat 9: Ikan Angel – Rp. 3.500,-

ikan hias termahal
baidu.com

Ikan Angel memiliki nama lain Angelfish atau Pterophyllum Sclare, ikan ini termasuk ikan hias karena bentuknya yang unik seperti pipih dan mulutnya yang tajam.

Jenis ikan hias termahal ini sangat mudah dipeliharra karena makananya mudah diperoleh seperti jentik nyamuk atau pelet. Harga ikan ini berkisar Rp. 3.500 untuk ukuran sekitar 3 cm.

Peringkat 8: Ikan Guppy – Rp. 10.000,-

ikan hias termahal
keywordhut.com

Ikan Guppy atau juga sering disebut dengan nama lain ikan seribu atau ikan cere, ikan hias ini tinggal di air tawar dan suka menyukai pakan jenis jentik nyamuk. Ikan ini bisa mengkonsumsi hingga 100 jentik sehari sehingga dianggap dapat menumpas penyakit demam berdarah. Harga ikan ini sangat murah, berkisar Rp. 2.500 hingga Rp.10 ribu setiap ekornya.

Peringkat 7: Ikan Cupang Crowntail – Rp. 15.000,-

ikan hias termahal
canlilaralemi.net

Ikan Cupang Crowntai merupakan salah satu jenis ikan cupang yang diperlombakan untuk kontes keindahan di beberapa negara Asia. Ikan ini memiliki sirip yang unik seperti berbentuk kipas atau layar yang sobek.

Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama cupang serit. Harga ikan ini sangat beragam mulai dari harga Rp. 15.000

Peringkat 6: Ikan Mas Koki – Rp. 20.000,-

ikan hias termahal
satujam.com

Ikan Mas Koki merupakan salah satu ikan hias yang hidup di air laut, ikan ini memiliki keunikan di sisiknya yang berwarna emas dengan bentuk mata yang besar dan juga melotot.

Ikan koi ini sangat rawan terhadap kandungan ammonia maka ikan ini membutuhkan perawatan yang sangat besar terutama pemenuhan kebutuhan gelembung udara dan makanan. Harga jualnya mencapai Rp. 20.000 setiap ekor.

Peringkat 5: Ikan Discus – Rp. 100.000,-

ikan hias termahal
fokus.co.id

Ikan Hias termahal yang satu ini berasal dari lembah Sungai Amazon, ikan air tawar ini banyak sekali dipelihara untuk ikan hias di akuarium memiliki bentuk serta warna sisiknya yang indah.

Jenisnya sangat beragam terbagi dalam 3 warna: hijau, coklat dan biru. Untuk ukuran 3 inchi, ikan ini berharga Rp. 75.000 hingga Rp.100.000.

Peringkat 4: Ikan Oscar – Rp. 250.000,-

ikan hias termahal
ebayimg.com

Ikan Oscar memiliki bentuk dan juga warna yang menarik, kuning kemerahmerahan. Ikan Oscar ini populer dan juga sudah mulai dikembangbiakkan di Indonesia. Terdapat berbagai jenis varietas dari ikan Oscar ini karena perkawinan silang.

Ikan ini sebaiknya hidup sendiri di aquarium karena tidak ramah dengan ikan lain. Harga ikan ini sangat beragam mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000.

Peringkat 3: Ikan Koi – Rp. 7.000.000,-

ikan hias termahal
pbs.twimg.com

Ikan Koi ini berasal dari negeri China dan dikenal dengan nama ikan karperi. Ikan hias ini masih berkerabat dekat dengan ikan mas dan juga bisa dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Dalam memelihara ikan Koi menjadi ikan yang cantik dan sehat termasuk punya nilai jual yang tinggi, ada 3 faktor yang perlu diperhatikan yaitu bibit ikan, pakan ikan serta kualitas air untuk pemeliharaan.

Terdapat 24 varietas ikan ini yang tersebar di seluruh dunia. Harga untuk Koi Jepang berkisar Rp. 5 juta – 7 juta untuk ukuran 30-40 cm.

Peringkat 2: Ikan Louhan – Rp. 40.000.000,-

ikan hias termahal
fishshare.blogspot.co.id

Ikan Louhan juga dikenal dengan nama Flowerhorn dalam Bahasa Inggris. Ikan hias Lohan ini terkenal karena indahnya warna sisik dan juga terdapat benjolan kelam di bagian kepalanya.

Terdapat tiga jenis Ikan Louhan yang ada di Indonesia merupakan Golden Base, Cecu dan SRD. Makanan ikan ini dapat berupa makan kering dan beku seperti cacing darah, udang Prawn dan pelet. Harga ikan ini bisa mencapai Rp. 40 juta setiap ekor. Mahal sekali bukan

Peringkat 1: Ikan Arwana Rp. 1.000.000.000,-

ikan hias termahal
gambar.maknyus.net

Ikan Arwana dikenal ddengan nama Siluk Merah atau Ikan Naga. Ikan hias air tawar ini dapat ditemukan di daerah negara-negara di Asia Tenggara. Disamping keindahan sisiknya, ikan ini memiliki daya tahan fisik yang kuat.

Karena populasinya sudah mulai punah dan sangat langka lantas ikan arwana memiliki harga jual yang sangat fantastis. Ikan Arwana jenis Super Red Albino berhasil terjual dengan harga Rp. 1 Milyar pada Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) tahun 2010.

***

Itulah jenis-jenis ikan termahal di dunia dan di Indonesia, apakah kamu tertarik mulai memelihara ikan hias itu?
Semoga bermanfaat.

 

3 thoughts on “WOW! Ini Dia 21+ Ikan Hias Termahal Di Indonesia dan Dunia

Leave a Comment