logo tut wuri handayani

Arti dari Logo Tut Wuri Handayani [Lengkap]

Logo Tut Wuri Handayani – Wajib pendidikan 9 tahun adalah salah satu program pemerintah yang memang harus dirasakan oleh setiap orang di Indonesia, maksudnya adalah setiap warga Indonesia wajib menepuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar selama 6 tahun dan jenjang pendidikan Sekolah Menengan Pertama selama 3 tahun.

Selain itu juga pemerintah sangat menganjurkan untuk terus melanjutkan jenjang pendidikan paling minimal ini hingga jenjang Sekolah Menengah Keatas atau juga Sekolah Menengah Kejuruan.

Sebagai seorang pelajar kita pasti pernah memperhatikan logo yang sudah sangat kental dengan dunia pendidikan dan kebudayaan. Logo tersebut adalah logo tut wuri handayani.

Tapi, apakah kamu mengetahui arti dari logo tut wuri handayani itu?

Sekarang, maudisini akan membahas dengan detail logo tut wuri handayani yang sering kita temukan dimana-mana

Logo Tut Wuri Handayani

logo tut wuri handayani
kemdikbud.go.id

Jika kamu memperhatikan pada sebagian seragam anak sekolah, portal berita, di kantor atau bahkan juga di media sosial terdapat sebuah logo yang bernama logo tut wuri handayani. Logo ini di tentukan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui proses keputusan Menteri.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Kemendikbud pada tangga 6 September 1977, No.: 0398/M/1977 tentang penetapan Lambang Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Logo ini juga sudah di tetapkan menjadi lambang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Arti Tut Wuri Handayani

Logo Tut Wuri Handayani
scontent.cdninstagram.com

Tut Wuri Handayani adalah sebuah slogan yang di populerkan oleh Bapak Pendidikan kita, yakni Ki Hajar Dewantara dalam melaksakan sistem pendidikan yang ada di Indonesia pada masa lampau. Maka atas jasa beliau lah setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan nasional.

Slogan tut wuri handayi ini adalah potongan kaimat dari beberapa kalimat bahasa Jawa yang memiliki makna sangat mendalam sehingga digunakan oleh Ki Hajar Dewantara pada ajarannya kepemimpinannya, berikut ini adalah penjelasannya;

Ing Ngarso Sun Tulodo

Arti dari Ing Ngarso Sun Tulodo terdiri dari beberapa susunan kata yakni

  • Ing ngarso berarti di depan / dimuka.
  • Sun berasal dari kata ingsun yang artinya saya.
  • Tulodo berarti tauladan.

Sehingga makna dari Ing Ngarso Sun Tulodo adalah ketika menjadi seoerang pemimpin harus bisa memberikan suri tauladan kepada orang-orang yang berada di sekitarnya. Sehingga yang harus sangat dipegang teguh dalam diri kita adalah menjadi suri tauladan bagi khalayak.

Ing Madyo Mbangun Karso

Arti dari Ing Nganrso Sun Tulodo terdiri dari beberapa susunan kata yakni

  • Ing Madyo berarti di tengah-tengah.
  • Mbangun berarti menggugah atau membangkitkan
  • Karso berarti sebuah bentuk kemauan atau niat.

Sehingga makna yang dari Ing Madyo Mbangun Karso adalah seseorang yang berada di tengah kesibukan harus bisa menjaga dan mampu membangkitkan semangat.

Oleh karena itu seseorang juga harus bisa memberikan inovasi untuk banyak orang orang dan lingkungan dengan cara menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk keamanan dan kenyamanan.

Tut Wuri Handayani

Arti dari Tut Wuri Handayani terdiri dari beberapa susunan kata yakni

  • Tut Wuri berarti dari belakang
  • Handayani berarti memberi semangat atau dorongan moral.

Sehingga makna dari Tut Wuri Handayani adalah seseorang harus bisa memberikan semangat dan juga dorongan moral dari belakang.

Dorongan moral inilah yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita untuk menumbuhkan motivasi dan semangat dalam melakukan apapun.

Jadi, secara tersirat Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani bermakna figure seseorang yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan bagi banyak orang, tetapi juga harus bisa memberi semangat serta dorongan moral dari belakang agar setiap orang di sekitarnya bisa merasakan situasi yang baik dan kondusif.

Maka dari sini kita bisa mengambil makna bahwa dalam kehidupan ini kita patut menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Arti dari Logo Tut Wuri Handayani

logo tut wuri handayani
nettik.net

Setiap logo yang dibuat pasti memiliki makna tersendiri dalam penbuatannya, sama hal nya dengan logo tut wuri handayani yang memiliki makna, berikut ini adalah makna dari logo Tur Wuri Handayani;

(1) Bidang Segi Lima Berwarna Biru Muda

Masih sangat sedikit orang yang mengetahui makna dari bidang segi lima yang berwarna biru muda ini pada logo Tut Wuri Handayani, maknanya adalah sebagai alam kehidupan Pancasila.

Pancasila terdapat 5 poin yang menjadi dasar negara kita, maka itulah filosofi dari bidang segi lima ini, biasanya kita selalu mengabaikan segi lima pada logo-logo karena sudah terlalu sering melihatnya pada kegiatan sehari-hari.

(2) Semboyan Tut Wuri Handayani

Semboyan Tut Wuri Handayani adalah slogan yang dipakai oleh Ki Hajar Dewantara dalam ajaran sistem pendidikan dan juga ajaran kepemimpinannya. Penulisan logo Tut Wuri Handayani menjadi penghormatan kepada sosok Ki Hajar Dewantara yang telah dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

(3) Belencong Menyala Bermotif Garuda

Belencong adalah lampu yang biasa digunakan dalam pertunjukan wayang. Dalam belencong inilah pertujukan wayang akan lebih menarik dan terkesan hidup.

Burung Garuda

Burung garuda ini menjadi motif dari belencong memberikan makna dan sifat yang gagah perkasa, dinamis, mampu serta berani mandiri terbang mengarungi angkasa yang sangat luas.
Ekor dan sayap dari burung garuda digambarkan sebanyak lima, ini berarti satu kata dengan perbuatan Pancasila.

(4) Buku

Buku putih yang berada di bawah belencong memiliki makna bahwa buku adalah jendela dunia dan sumber ilmu pengetahuan. Buku menjadi sumber dari segala ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Buku juga adalah salah satu benda yang tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan dimana pun dan kapan pun.

(5) Warna Biru Emas dan Putih

Terdapat 3 warna dalam logo Tut Wuri Handayani, yakni warna biru, emas dan putih. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap warnanya;

  • Warna putih
    Warnah putih ini ada pada belencong dan buku memiliki makna putih, bersih dan juga tanpa pamrih alias balas budi.
  • Warna Biru
    Warna biru menjadi latar belakang pada logo Tut Wuri Handayani yang berbentuk segi lima ini memiliki makan pengabdia abadi dengan memiliki pandangan hidp yang sangat mendalam.
  • Warna Emas
    Warna emas dijadikan sebagai warna api yang ada pada belencong ini memiliki makna dan rahasia tersendiri. Makna api belencong emas berarti keluhuran dan keagungan dalam pengabdian.

Itulah makna tersembunyi yang ada pada logo Tut Wuri Handayani. Sudah jelas bukan sekarang.

Free Download Logo Tut Wuri Handayani

Berikut ini langkah-langkah download logo Tut Wuri Handayani yang kamu bisa gunakan untuk keperluan tugas atau pekerjaan

Pahami terlebih dulu makna logo Tut Wuri Handayani.

  1. Logo bisa kamu download berada di bawah.
  2. Klik kanan pada logo yang ingin di download.
  3. Pilih “Save Image As..” atau “Simpan Gambar sebagai..”
  4. Simpan gambar di folder yang kamu tentukan.
Logo Tut Wuri Handayani
logo-tutwuri-handayani-putih-1
Logo Tut Wuri Handayani
logo-tutwuri-handayani-outline
Logo Tut Wuri Handayani
logo-tutwuri-handayani-biru-1

***

Itulah makna dan arti logo tut wuri handayani, semoga dengan mengetahui makna dari logo tut wuri handayani kita akan semakin peduli terhadap makna kepemimpinan dan juga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Comment