Jadwal, Jalur dan Rute KRL Commuterline Jabodetabek Terbaru 2017 Lengkap dengan Google Maps

Rute KRL – Mungkin belum semua orang mengetahui apa itu commuter line, tapi itu hal sangat wajar karena di Indonesia sendiri commuter line hanya berada di kawasan Jabodetabek. Bagi warga Jabodetabek pasti sudah mengenal bahkan sering menggunakan alat transportasi ini.

Namun bagi masyarakat yang berada diluar wilayah tersebut terlebih lagi di luar Pulau Jawa mungkin masih sebagian kecil yang mengetahui jenis transportasi commuter line Jabodetabek.

Kali ini maudisini akan membahasan secara rinci apa itu commuter line lengkap dengan rute krl, jadwal krl dan jalur krl di wilayah Jabodetabek

Istilah Commuter Line

Sebetulnya alat transportasi kereta yang menghubungkan wilayah Jabodetabek itu sudah ada sejak jaman dahulu. Nama alat transportasi tersebut adalah Kereta Api Listrik atau lebih dikenal dengan nama KRL yang dioprasikan oleh PT KAI (sebelumnya oleh PJKA)

Seitar tiga tahun lalu, kepengurusan KRL ini dipisahkan dari PT KAI. Pengelolaan KRL dberikan pada anak perusahaannya yakni PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). PT KAI sendiri memfokuskan lebih kepada pengembangan kereta jarak jauh.

Oleh Pihak PT KCJ, semua jalur KRL diistilahkan dengan Line (serupa dengan sistem commuter di mancanegara). Maka sejak itu istilah KRL mulai diganti dengan Commuter Line.

Commuter Line Sebagai Terobosan Transportasi Modern

rute krl
jakartabytrain.wordpress.com

Walaupun pada bagian sarana dan prasarananya masih menggunakan semua jalur yang dulu dipakai oleh KRL, namun pihak PT KCJ sudaj melakukan proses pembenahan agar lebih nyaman dan layak dipakai.
Proses perbaikan dilakukan bukan hanya pada rangkaian kereta yang dipergunakan. Berbagai hal lain yang berkaitan dengan kenyamanan penumpang baik sebelum , selama dan sesudah naik kereta mulai dibenahi.
Berbagai perbaikan yang telah dilakukan oleh PT KCJ adalah sebagai berikut;

Baca Juga  Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Nakal Tanpa Kekerasan

1. Stasiun

Tidak akan lagi ditemukan pedangan dan toko di pinggir peron stasiun seperti zaman dulu. Peron telah dirubah dan dikembalikan fungsinya untuk tempat penumpang menunggu.

Hampir seluruh stasiun juga telah mengalami perubahan dengan penambahan ruang tunggu yang lebih layak, gate elektronik , konter tiket , toilet dan juga ruang ibadah.

2. Tidak Adanya Penjual DI Dalam Gerbong

Di masa KRL, seringkali kenyamanan penumpang terganggu oleh lalu lalangnya pedagang kaki lima dan para pengamen. Bahkan di masa tersebut sering para pedagang merasa berkuasa dan sangat menyusahkan para penumpang.

Pada kereta commuter line sama sekali tidak ada pedagang atau pengamen yang diperkenankan untuk bahkan memasuki stasiun. Sehingga gerbong sudah steril dari pengamen dan pedagang

3. Sudah Menggunakan Sistem Tiket Elektronik

Berbeda dengan masa KRL dimana tiket masih berupa kertas dan pemeriksaan masih dilakukan secara manual oleh kondektur, di masa Commuter Line, semua sudah berubah. Tiket sudah menggunakan sistem elektronik.

Bentuk tiket berupa kartu mirip dengan kartu kredit yang harus ditempelkan ke pintu elektronik ketika masuk dan keluar. Seorang yang ingin masuk atau keluar stasiun harus memiliki e-ticket ini yang bisa didapatkan di loket.

4. Pihak Keamanan yang Tersedia di Setiap Gerbong

Selain kenyamanan yang ditingkatkan, PT KCJ juga memberi perhatian lebih pada keamanan. Di setiap stasiun dan bahkan di dalam rangkaian kereta, akan sering terlihat petugas keamanan seting melintas

Mereka bukan hanya menjaga keamanan tetapi sering memberikan bantuan kepada para penumpang yang membutuhkan.

5. Perberitahuan Informasi di Setiap Stasiun

Petugas bagian informasi akan terus menerus menyampaikan informasi kepada penumpang. Sebuah hal yang mempermudah penumpang untuk menentukan kereta mana yang harus mereka naiki.
Tentunya hal Ini sangat berbeda jauh dengan masa KRL dimana petugas-petugas seperti malas memberikan keterangan.

6. Jumlah Kereta yang Lebih Banyak

Kereta-kereta tua yang dulu dipakai untuk KRL sebagian besar sudah diganti dan dijadikan besi tua. Walaupun kereta-kereta yang ada sekarang memang masih merupakan kereta bekas pakai dari Jepang, hanya usinya masih lebih muda dan lebih terawat.

Baca Juga  12+ Makanan Khas Indonesia yang Mendunia dan Mudah Dibuat

Jumlah frekuensinya juga terus ditambah. Untuk melayani para penggunanya. Jadwal Commuter Line menjadi banyak setiap harinya. Kereta pertama sudah berjalan pada pukul 04.25 pagi dan berakhir pada jam 24.00. Bisa dikata hampir 24 jam setiap hari beroperasinya.

Gambar Rute dan Jalur KRL  Commuterline Jabodetabek

Jadwal dan rute krl terbaru ini mulai diterapkan pada 1 April 2017. Berikut ini adalah Peta Rute KRL Jabodetabek terbaru 2017;

**klik gambar untuk memperbesar**

rute krl
transportumum.com

Rute dan Jalur KRL Commuterline Jabodetabek

RELASI / RUTE BERANGKAT
Bogor/Depok – Manggarai – Jakarta Kota 04.00 sampai 22.40
Jakarta Kota – Depok/Bogor 05.40 sampai 23.45
Depok – Bogor 04.05 sampai 07.02
Bogor – Sudirman – Tanah Abang – Jatinegara 04.15 sampai 21.51
Sudirman – Tanah Abang – Jatinegara 04.48 sampai
Jatinegara – Tanah Abang – Sudirman – Bogor 05.08 sampai 22.53
Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Jakarta Kota 05.10 sampai 21.31
Jakarta Kota – Manggarai – Bekasi 06.13 sampai 22.54
Parung Panjang – Sudirman (langsung) 04.20
Maja – Parung Panjang – Serpong – Tanah Abang 04.45 sampai 21.40
Serpong – Tanah Abang 05.00 sampai 22.30
Parung Panjang – Tanah Abang 04.30 sampai 22.30
Tanah Abang – Serpong – Parung Panjang – Maja 05.30 sampai 22.30
Tangerang – Duri 05.00 sampai 22.20
Duri – Tangerang 05.55 sampai 20.00
Nambo – Cibinong – Duri 05.20| 08.53| 12.25| 15.57
Nambo – Cibinong – Depok 19.24
Depok – Cibinong – Nambo 04.25
Duri – Sudirman – Manggarai – Nambo 07.08 | 10.34 | 14.09 | 17.41

berikut ini adalah stasiun, rute ,jalur KRL Commuterline Jabodetabek secara rincinya;

BOGOR/ DEPOK – JAKARTA KOTA (PP)

BOGOR – Cilebut – Bojonggede – Citayam – DEPOK – Depok Baru – Pondok Cina – Universitas Indonesia – Universitas Pancasila – Lenteng Agung – Tanjung Barat – Pasar Minggu – Pasar Minggu Baru – Duren Kalibata – Cawang – Tebet – MANGGARAI (transit) – Cikini – Gondangdia – Gambir (langsung) – Juanda – Sawah Besar – Mangga Besar – Jayakarta – JAKARTA KOTA (PP)

Baca Juga  Pengalaman Skripsi yang Tidak Akan Terlupakan Seumur Hidup

BOGOR/ DEPOK – JATINEGARA (PP)

BOGOR – Cilebut – Bojonggede – Citayam – DEPOK – Depok Baru – Pondok Cina – Universitas Indonesia – Universitas Pancasila – Lenteng Agung – Tanjung Barat – Pasar Minggu – Pasar Minggu Baru – Duren Kalibata – Cawang – Tebet – MANGGARAI (transit) – Mampang – Sudirman – Karet – TANAH ABANG (transit) – DURI (transit) – Angke (langsung) – KAMPUNG BANDAN (transit) – JATINEGARA (PP)

NAMBO – DURI (PP)

NAMBO – CIBINONG – CITAYAM (transit Bogor) – DEPOK – Depok Baru – Pondok Cina – Universitas Indonesia – Universitas Pancasila – Lenteng Agung – Tanjung Barat – Pasar Minggu – Pasar Minggu Baru – Duren Kalibata – Cawang – Tebet – MANGGARAI (transit) – Mampang – Sudirman – Karet – TANAH ABANG (transit) – DURI (transit) (PP)

BEKASI – JAKARTA KOTA (PP)

BEKASI – Kranji – Cakung – Klender Baru – Buaran – Klender – Cipinang (langsung) – JATINEGARA (transit) – MANGGARAI (transit) – Cikini – Gondangdia – Gambir (langsung) – Juanda – Sawah Besar – Mangga Besar – Jayakarta – JAKARTA KOTA (PP)

MAJA/ PARUNG PANJANG/ SERPONG – TANAH ABANG (PP)

MAJA – Tigaraksa – Tenjo – Daru – Ciejit – PARUNG PANJANG – Cicayur – Cisauk – SERPONG – Rawa Buntu – Sudimara – Pondok Ranji – Kebayoran – Palmerah – TANAH ABANG (PP)

TANGERANG – DURI

TANGERANG – Tanah Tinggi – Batu Ceper – Poris – Kalideres – Rawa Buaya – Bojong Indah – Taman Kota (langsung) – Pesing – Grogol (langsung) – DURI (transit) (PP)

 

Untuk mempermudah, kalian juga bisa menggunakan Rute dan Stastiun Pada Google Maps

informasi ini didapat dari www.krl.co.id

***

Itulah rute krl, jadwal krl dan jalur krl terbaru di Jabodetabek pada tahun 2017 ini.

Terima kasih

Leave a Comment