7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya yang Terbaru [LENGKAP]

Masih maudisini kan? Dunia yang menjadi persinggahan kita ini memiliki berbagai tempat yang bisa dibilang keajaiban dunia atau 7 Wonders Of the World. Dibawah ini akan dibahas mengeani 7 keajaiban dunia dan penjelasannya.

Jika kita melihat dengan kasat mata, maka tempat-tempat yang menjadi 7 keajaiban dunia ini seolah-olah mustahil untuk dibuat pada masanya. Namun berkat akal serta usaha manusia pada zaman itu, tempat tersebut masih bisa kita nikmati hingga saat ini.

Daftar 7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya

Tujuh keajaiban dunia merupakan tempat yang unik di dunia. Orang yang mempunyai jasa sebagai pencetus dari 7 keajaiban dunia adalah Antipater Sidon. Beliau membuatnya dalam struktur puisi sekitar 140 SM.

Terdapat beberapa pertentangan mengenai berbagai sumber tentang keajaiban dunia ini. Karena setiap zaman ilmu dan teknologi terus berkembang. Maka semakin lama akan semakin banyak tempat yang bisa dijadikan 7 keajaiban dunia.

Mengenai perihal tersebut akhirnya kebanyakan orang mengelompokan 7 keajaiban dunia dalam beberapa set, terdapat 6 set yang menjadi keajaiban dunia.

  • Keajaiban Dunia Kuno.
  • Keajaiban Dunia Pertengahan.
  • Keajaiban Dunia Alami.
  • Keajaiban Dunia Bawah Air.
  • Keajaiban Dunia Modern.
  • Keajaiban Dunia Baru.

Pada tahun 2007 silam, tepatnya di ibukota Portugis yaitu Lisbon telah ditetapkan 7 keajaiban dunia terbaru atau New 7 Wonder of the World.

Pemilihan tempat ini dilakukan dengan pemungutan suara yang dilakukan sebanyak 100juta voting terhadap situs-situs serta bangunan-bangunan penting. Kantor pusat dari New 7 Wonder of the World berada di Zurich, Swiss.

Terdapat 21 situs yang berhasil masuk sebagai kandidat dari New 7 Wonder of the World, dan yang menjadi finalis adalah sebagai berikut;

Taj Mahal Agra, India

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
pixabay.com

Taj Mahal didirikan oleh pada tahu 1631 oleh aisar Mughal ke-5 yang bernama Shah Jahan. Pembuatan Taj Mahal ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 22 tahun. Banguna dibuat untuk mengenangnistri ketiga beliau yang bernama Mumtaz Mahal.

Mumtaz Mahal wafat karena melahirkan anak Shah Jahan yang ke-14 bernama Gauhara Begum. Maka dari itu sebagai bentuk penghormatan maka dibuatlah bangunan ini sebagai tanda bukti kaisar kepada sang istri.

Karena kecintaan tersebutlah Kaisar Shah Jahan tidak sungkan mengeluarkan harta yang sangat banak untuk membagun Taj Mahal. Kaisat Shah Jahan adalah cucu dari raja Akbar dan anak dari Jahangir.

Kaisar Shah Jahan dilahirkan pada tahun 1592 dengan nama Yudis Al Yusuf, lalu beliau diangkat menjadi menjadi pangeran dengan gelar Pangeran Khurram. Saat memimpin, beliau sukses membangun serta memimpin kekaisarannya.

Pada saat sedang menginspeksi wilayah kekuasaan di Meena Bazaar. Kaisar bertemu dengan seorang gadis yang sangat cantik jelita sedang menjajakan kain sutra dan manik kaca. Gadis yang kasiar temui ini bernama Mumtaz ul Zamani.

Baca Juga  Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Amalan Serta Dzikir Menjelang Tidur

Pada saat jatuh hati kepada gadis ini, sebenarnya Kaisar Shah Jahan telah memiliki dua orang istri. Namun karena pesona dari Mumtaz ul Zamani. Tak lama kemudian kaisar segera menikahi gadis itu. Mumtaz ul Zamani sendiri merupakan cucu dari bangsawan Persia bernama Arjumand Banu Begum.

Pernikahan dilakukan pada tahun 1612.. kaisar menggantikan ayahnya sedangkan Mumtaz ul Zamani mendapat julukan Mumtaz Mahal yang memiliki arti permata istana.

Pada saat melahirkan anaknya yang ke-14 inilah sang istri wafat, tepatnya pada tahun 1631. Atas kematian ini kaisar bersumpah tidak akan menikah lagi dan membangunkan kuburan megah untuk sang istri. Hal ini merupakan bukti kecintaannya kepada sang istri.

Ustadz Ahmad yang menjadi Menteri Kerajaan Mughal diutus untuk merancang pembangunan Taj Mahal. Maka dikerahkanlah sebanyak 20.000 pasukan untuk membangun bangunan megah ini. Arsiter dari Taj Mahal sendiri adalah Isa Muhammad.

Pada awalnya bangunan ini akan dibangun dengan warna hitam sebagai tanda duka. Namun anak dari Kaisar Shah Jahan Melarangnya karena akan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam mengumpulkan bahannya.

Taj Mahal Sendiri dibangun dengan 44 jenis batu permata seperti berlian, jed, topaz dan lainnya. Makam dari Mumtaz Mahal berada di tengah-tengah bangunan ini. Pada tahun 1983 resmi Taj Mahal dijadikan salah satu dari 7 keajaiban dunia hingga saat ini.

Pyramid at Chichén Itza, Meksiko

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
pixabay.com

Pada zaman dahulu Bangsa Maya memiliki sebuah piramida yang dijadikan sebagai pusat dari berbagai kegiatan politik. Piramida ini terletak di semenanjung Yucatan Meksiko. Terdapat beberapa bangunan disekitarnya yaitu bangunan seribu tiang., , Candi Chac Mool, dan Piramida Kulkucan.

Piramid chichen Itza jadi destinasi paling terkenal di Meksiko. karena keunikannya. Piramid warisan Yucatan dijaga oleh UNESCO. Chichen Itza merupakan situs terbesar dari Suku Maya, paling mudah diakses dan paling terkenal.

Piramid itu terleteak kira-kira 125 KM dari kota Cancun dan Conzumel. Kurang lebih tercatat 1,4 juta turis yang datang ke Chichen Itza tiap tiap tahunnya. Chichen Itza berada di sebelah timur dari Yucatan State di Meksiko.

Piramid Chichen Itza ini mempunyai empat sisi. Ke empat itu masing-masing mempunyai 365 anak tangga yang mewakili tahun matahari. Juga mempunyai 52 panel yang mewakili jumlah minggu dalam satu tahu.

Di dalam piramida ini terdapat sumur yang sangat sakral bagi warga setempat. Sumur ini dijadikan tempat pengamatan astronomi, candi para jawara serta peninggalan lainnya.

Hingga saat ini masih bisa ditemukan berbagai pengaruh kebudayaan dari Suku Maya. Kebudayaan dari Suku Maya ini masih sangat kental di derah Yucatan. Sejarah mencatat bahwa Chicen Itza ditinggalkan oleh Suku Maya pada tahun 900m.

Hingga saat ini belum ada penjelasan yang pasti mengenai hilangnya peradaban dari Suku Maya ini.

Baca Juga  Belajar SEO Itu Inventasi Di Era Digital, Ayo Mulai Dari Sekarang!

Roman Colosseum, Roma Italia

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
pixabay.com

Roman Colosseum adalah tempat untuk pertunjukan para petarung atau lebih dikenalnya sebagai gladiator. Situs ini dibangun oleh Kaisar Vespasian pada masa Domitianus tahun 72 masehi. Namun baru selesai pada tahun 80 Masehi oleh anaknya yang bernama Titus.

Bangunan ini berbentuk elips dan sering disebut dengan nama Flavian Amphiteatre. UNESCO menetapkan Roman Colosseum sebagai warisan dunia pada tahun 1980.

Roman Colosseum berlantaikan pasir guna darah dari para gladiator tidak mengalir saat pertarungan. Penamaan bangunan ini diambil dari sebuah patung dengan tinggi 40meter. Patung tersebut bernama Colosus.

Patung ini dibangun sebagai perumpamaan dari Dewa Matahari. Roman Colosseum memiliki tinggi 48 meter, panjang 188meter dan lebar 156meter. Jika dihitung maka luas keseluruhannya hingga 2.5 hektar.

Bentuk bulat dan elips menjadi bentuk dari Coloseum ini. Hal ini bertujuan agar para gladiator tidak kabur kea rah suduh serta mencegah pula para penonton agar tidak terlalu dekat dengan para gladiator saat pertarungan.

Pada tahun 442 M dan tahun 508 M terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat hingga membuat Coloseum rusak parah. Tidak hanya itu, tejadi kerusakan yang lebih parah lagi pada tahun 847 M dan 1349 M karena gempa bumi.

Machu Picchu, Peru

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
kondorpathtours.com

Macho Picchu berada di Pegunungan Uramba, Peru. Machu Picchu adalah kota yang dibangun pada tahun 1450 oleh Kerajaan Inka, namun sekarang Machu Picchu telah menjadi sebuah reruntuhan.

Kota ini ditinggalkan seratus tahun setelah pembuatannya karena Kerajaan Inka kalah dari Spanyol.

Kota Machu Picchu ditemukan oleh seorang arkeolog benama Hiram Bingham pada tahun 1911. Pada tahun 1983 Machu Picchu resmi masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO,

Kerajaan Inka merupakan kerajaan yang terletak di Peru pada tahun 1438 hingga 1538. Selama masa kekuasaanya Kerajaan Inka berhasil menaklukan beberapa wilayah di Amerika Selatan yang berpusat di Pegunungan Andes.

Atahualpa merupakan raja terakhir dari Kerajaan Inka. Raja tersebut tewas setelah dibunuh oleh penjelajah Spanyol bernama Fancisco Pizzaro. Hal ini lantas merupakan awal kekuasaan Spanyol di wilayah ini.

Tembok Besar, China

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
crystalinks.com

Tembok Besar China ini pada awalnya dibangun untuk menghubungkan banteng pertahanan. Banteng ini berfungsi untuk melindungi wilayah China dari serangan Suku Mongol. Tembok in dibangun pada tahun 722 SM hingga 1655 SM.

Tembok Besar China ini membentang sejauh 8850 km. Selama pembangunannya, membutuhkan waktu serta para pekerja yang sangat banyak, hingga ratusan ribu pekerja. Raja yang menjadi pencetus dari pembangunan ini adalah Kaisar Qin Shihuang.

Kaisar Qin Shihuang adalah seorang penguasa militer yang mampu menyatukan daratan China pada tahun 221 SM. Sangat banyak sekali pengaruh yang ia bawa, terlebih dalam bidang pendidikan serta mulai memperkenalkan mata uang.

Sebanyak 300ribu pekerja membangun Tembok Besar China dengan sistem kerja paksa. Banyak sekali para pegawai yang tewas selama pembangunannya. Banyaknya korban yang berjatuhan membuat Tembok Besar China mendapat julukan “Pemakan Terpanjang di Dunia”.

Baca Juga  Arti dari Logo Tut Wuri Handayani [Lengkap]

Setiap periode dinasti menggunakan bahan baku yang berbeda dalam pembuatannya. Pada masa Dinasti Ming pembangunan Tembok Besar China lebih canggih. Bahan yang digunakan adalah batu besar untuk pondasi, serta adukan batu kapur dan beras ketan menjadi semennya.

Petra, Yordania

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
hecktictravels.com

Petra merupakan kota yang sangat unik di dunia. Hal itu karena kota ini didirikan di tebing batu. Kata Petra sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang berarti batu. Petra dibandung oleh Raja Aretas IV pada tahun 9 SM dan selesai 40 SM.

Pada tahun 1812 situs ini ditemukanoleh Johann Ludwig Burckhardt. Pada tahun 1985 kota ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Letak kota ini berada di tengah-tengah antara Laut Mati dan Teluk Aqaba.

Jika menggunakan kendaraan bermobil, situs ini berada 200km dari arah selatan kota Amman. Meskipun berada di tebing bebatuan, Petra memiliki pasokan air yang cukup baik sehingga bisa dijadikan sebagai kota mandiri.

Pada proses pembuatannya, Petra dibandung dengan cara memahat dinding yang berada di Yordania ini, serta mengukir dan menggali tebing setinggi 40m. Petra adalah ibukota dari Kerajaan Nabatean. Sang Raja Aretas mengklaim bahwa Petra sangat aman dari bencana alam dan serangan musuh.

Christ the Redeemer, Rio de Janeiro Brasil

7 Keajaiban Dunia dan Penjelasannya
ancientworldwonders.com/

Christ the Redeemer adalah patung yang berlokasi di Gunung Corcovado, Rio de Janeiro. Perlu waktu sekitar 5 tahun untuk membangun patung setinggi 38 meter ini.

Pada tangga 12 Oktober 1931 patung Christ the Redeemer diresmikan oleh pihak setempat dan menjadi salah satu dari 5 monumen terbaik yang berada di dunia. Tangan yang terbuka menjadi simbol bahwa kehangatan penduduk Brazil.

Patung yang menjadi ciri khas dari Negara Brazil ini adalah ide dari Pedro Maria Boss, beliau adalah seorang pendeta dari Vinsensian. Beliau berencana membuat sebuah monument di puncak Gunung Corcovado untuk menghormati Putri Isabel.

Karena Brazil berubah menjadi Negara Republik, maka ide sang pendeta tidak bisa di realisasikan. Mulai lah ide tersebut bisa di realisasikan pada tahu 1921. Hal ini terlaksana berkan bantuan dari Lingkaran Katolik Rio.

Pada awalnya patung ini dibuat dengan model Yesus yang sedang memegang salib yang terdapat di tangan kanannya. Insinyur yang merangcang patung ini adalah Heitor da Silva Costa. Namun desai tersebut diganti oleh Carlos Oswald, dia adalah seniman asal Brazil.

Akhirnya desain yang disetujui adalah Yesus yang sedang merentang tangan dan pematung yang membuat ini adalah pria asal Prancis bernama Paul Landowski. Biaya yang diperlukan untuk membuat patung ini sebesar $3.2juta.

***

Nah, itulah 7 keajaiban dunia dan penjelasannya yang terbaru. Apakah kalian berniat mengunjungi salah satu atau seluruhnya..

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment