efek globalisasi di bidang ekonomi

Pengertian, Ciri-ciri, Pengaruh dan Dampak Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik dan Budaya

Masih maudisini kan? Di zaman yang serba modern ini pasti terdapat berbagai pengaruh dari luar negeri. Globalisasi setiap harinya terus berkembang dengan cepat. Maka perlu kita ketahui juga efek globalisasi di bidang ekonomi, politik dan budaya agar kita lebih paham dan berhati-hati.

Pengertian Globalisasi

efek globalisasi di bidang ekonomi
pixabay.com

Globalisasi merupakan proses yang mendunia atau menyeluruh dimana setiap orang tidak terikat oleh Batasan negara atau wilayah. Itu berarti, denga nada globalisasi membuat setiap individu di bumi ini bisa saling bertukan informasi.

Informasi tersebut tidak terikat tempat dan waktu, jadi walaupun berbeda negara masih bisa saling bertukar informasi melalui media elektronik maupun media cetak. Kemudahan komunikasi antar negara dalam berbagai bidang seperti pertukaran informasi dan pedangangan.

Pengaruh Globalisasi

efek globalisasi di bidang ekonomi
peka.umk.ac.id

Tentu dengan adanya globalisasi akan memberikan dampak, entah itu dampak positifi ataupun dampak negative. Sebisa mungkin kita harus bisa menyaring serta memilah mana yang sekiranya dampak yang baik untuk diambil.
Berikut ini akan dijelaskan dampak positif dan dampak negatif dari globalisasi;

Pegaruh Positif Globalisasi

  • Mempermudah mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi dari berbagai daerah atau negara karena kecanggihan teknologi yang terus berkembang.
  • Akan mempermudah dalam menjalin komunikasi dengan teman atau kerabat yang jauh.
  • Mobilitas yang tinggi akan membuat kita lebih sampai ke tempat tujuan, serta dimudahkannya dengan adanya peta digital.
  • Menimbulan sikap yang lebih kosmopolitan dan toleran.
  • Memberikan semangat untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam meningkatkan kualitas diri.

Pegaruh Negatif Globalisasi

  • Sikap solidaritas serta gotong royong akan berkurang karena globalisasi di bidang teknologi membuat apatis dan individualisme bagi para penggunanya.
  • Budaya serta adat istiadat bangsa akan berkurang karena tergerus oleh budaya luar.
    Informasi lebih mudah didapat dan tidak bisa tersaring antara informasi yang baik serta yang buruk.
  • Individu akan semakin konsumtif dalam bertindak.
  • Perusahaan dalam negeri akan semakin berkembang karena mulai terkalahkan oleh perusahaan luar negeri.
  • Sikap serta gaya hidup yang kebarat-baratan semakin meluas.

Faktor-Faktor Terjadinya Globalisasi

efek globalisasi di bidang ekonomi
kumardeepak.wordpress.com
  • Terus berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta transportasi yang mempermudah pengiriman barang ke luar negeri.
  • Perkembangan teknologi serta informasi yang memiliki peranan penting dalam kemudahan bertransaksi antar negara dan wilayah.
  • Kerja sama ekonomi dalam cakupan internasional yang mempermudah terjadinya kesapakatan antar negara terjalin dengan erat

Ciri-Ciri Globalisasi

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka akan semakin cepat pula terjadinya globalisasi. Dibawah ini akan dijelaskan ciri-ciri yang menjadi tanda bahwa fenomena globalisasi di dunia.

  • Terus meningkatnya iteraksi yang kultural melalui perkembangan media seperti televise, film, music, berita dalam dan luar negeri. Saat ini kita sangat mudah jika ingin mengakses berbagai macam informasi baik di dalam maupun luar negeri
  • Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Salah satu yang menjadi penyebab pesatnya ini semua adalah internet. Internet menjadi bagian penting dalam komunikasi global. Hal ini membuat sebuah massa seperti turis bisa mudah masuk ke berbagai negara dan merasakan budaya yang berbeda.
  • Produksi ekonomi di berbagai negara menjadi saling ketegantungan terhadap perdangan internasional dan pengaruh perusahaan multinasional di setiap negara.

Dampak Globalisasi

efek globalisasi di bidang ekonomi
footofan.com

Negara Indonesia sendiri yang notabene merupakan negara kesatuan yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Globalisasi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi bangsa ini. Apakah dengan adanya globalisasi akan membuat negara Indonesia akan semakin maju atau sebaliknya.

Tantangan dari era globalisasi ini akan mengancam keutuhan bangsa andai saja setiap individunya tidak cermat dan pandai memilih dampak dari globalisasi tersebut.

Tantangan itu muncul dari berbagai aspek seperti ekonomi, budaya dan politik. Bisa dikatakan bahwa negara Indonesia telah ketergantungan dengan ekonomi internasional dan sangat sulit untuk melepaskannya.

Ketika faktor ekonomi sudah sangat ketergantungan, maka selanjutnya akan semakin larut ke dalam ranah politik. Maka sejak saat itulah akan muncul suatu kelompok berdasarkan entis nya saja. Apabila kelompok etnis ini semakin menguat, maka sumpah pemuda yang satu nusa, bangsa dan bahasa hanya sebatas sejarah saja.

Efek Globalisasi di Bidang Ekonomi

efek globalisasi di bidang ekonomi
radiofarda.com

Dari aspek ekonomi, globalisasi memiliki efek yang sangat signifikan bagi kehdirakyat. Beikut ini adalah contoh globalisasi dalam bidang ekonomi;

Terciptanya Pasar Bebas

Pasar bebas merupakan dampak dari adanya globalisasi. Contohnya saja yaitu Masyarakat Ekonomi Eropa. Negara Indosia juga menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dimana tenaga kerja luar boleh bekerja di Indonesia.

Terciptanya Ekspor dan Impor

Kegiatas ekspor dan impor merupakan implikasi dari proses globalisasi. Kedua negara yang melakukan kegiatan ini sama-sama diuntungkan. Terlebih lagi pelaku ekspor karena akan menambah devisa negara dan pelaku impor akan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Masuknya Perusahaan Asing

Dampak globalisasi adalah semakin terbukanya suatu negara. Hal yang paling mudah adalah masuknya perusahaan asing ke Indonesia. Bahkan tidak hanya di Ibukota saja perusahaan asing ini. Kota-kota besar di berbagai pulau pun sudah terdapat perusahaan asing.

Masuknya Produk Luar Negeri

Selain perusahaan asing, globalisasi juga mempermudah masuknya berbagai produk asing ke dalam negeri. hal ini juga juga dipengaruhi oleh kegiatan ekspor dan impor. Saat produk luar negeri masuk ke Indonesia maka sifat konsumtif individu akan semakin meningkat pula.

Efek Globalisasi di Bidang Politik

efek globalisasi di bidang ekonomi
justicemujahiddotcom.wordpress.com

Globalisasi juga akan sangat berpengaruh terhadap politik dalam negeri ini. Simak baik-baik ulasan dibawah ini mengenai efek globalisasi di bidang politik;

Terbentuknya Organisasi Internasional

Sudah banyak sekali organisasi internasional yang ada di dunia ini. Banyak sekali faktor terbentuknya organisasi ini, salah satunya adalah kesamaan visi dan missi antar negara. Organisasi ini akan membuat negara satu sama lain akan saling ketergantungan.

Masuknya Ideologi Asing

Idoelogi negara Indonesia adalah Pancasila. Maka dari itu kita harus mempelajarinya sebagai dasar dalam berbangsa dan bernegara. Tapi, globalisasi ini membuat ideologi asing akan sangat mudah masuk. Terlebih lagi ideologi yang ke barat-baratan.

Sudah sepantasnya kita mulai berjaga-jaga dan serta pandai dalam memilah agar ideologi kita tetap kokoh dan tidak mudah runtuh.

Hadirnya Politik Suatu Negara

Indonesia memiliki politik luar negeri dengan prinsip bebas aktif. Bebas berarti tidak memihak pada blok mana pun. Serta aktif berarti ikut andil dalam aktivitas internasional seperti membantu kegiatan PBB serta ikut mendeklarasikan kemerdekaan Palesina.

Kerjasama Antarnegara

Kerja sama antar negara disebut juga kerja sama bilateral jika terjadi antara dua negara, serta kerja sama multilateral jika kerja sama tersebut dilakukan lebih dari dua negara. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini akan terbentuk sebuah hubungan erat.

Saling menguntungkan menjadi tujuan dari kerja sama ini, tapi tidak sedikit pula kerja sama ini pada saat berlangsungnya justru merugikan salah satu pihak.

Campur Tangan Negara Lain

Campur tangan dari negara lain itu seolah-olah menunjuka rahasia dapur dari negara kita. Hal ini sangat disayangkan sekali, tidak ada lagi privasi dari setiap negara. Padahal kerahasiaan negara itu sangat penting. Contohnya saja negara di Timur Tengah yang sedang di eksploitasi oleh negara barat.

Efek Globalisasi di Bidang Budaya

efek globalisasi di bidang ekonomi
manoxmano.it

Globalisasi juga akan sangat berpengaruh terhadap budaya dalam negeri ini. Contoh dibawah ini mungkin menjadi hal yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari;

Terjadinya Pertukaran Budaya

Pertukaran budaya memiliki dampak negatif dan dampak positif pula. Budaya Indonesia akan semakin eksis di kalangan luar negeri dengan adanya globalisasi ini. Tapi, dampak negartifnya adalah budaya kita akan di akusisi atau di tiru oleh negara asing.

Terkikisnya Budaya Nasional

Tidak dipungkiri lagi bahwa sudah sekali banyak warga Indonesia yang lebih menyukai budaya barat. hal ini akan membuat budaya nasional semakin luntur contohnya yang paling sering kita jumpai adalah maraknya trend K-Pop yang sangat marak di kalangan remaja sekarang.

Jangan sampai remaja sekarang hanya sebatas mengetahui tetapi tidak mencintai budaya leluhur kita. Hal paling terburuk dari terkikisnya budaya ini adalah hilangnya budaya bangsa.

Berkembangnya Budaya Asing

Sama seperti pada penjelasan diatas. Media menjadi senjata dari negara asing untuk terus mengembangkan budayanya di Indonesia ini. Tidak masalah jika budaya asing masuk ke Indonesia selama warganya tetap mencintai budaya sendiri.

Namun pada kenyataannya warga Indonesia lebih menyukai budaya luar ketimbang budaya sendiri. Oleh sebab itu kita harus pandai-pandai dalam menyaring segala sesuatu yang masuk dari luar negeri.

Masuknya Mode Luar Negeri

Mode budaya dari Amerika, Korea dan Jepang sedang sangat marak di Indonesia. Budaya tersebut banyak sekali yang bertentangan dengan norma-norma dari Indonesia sendiri. Contohnya saja dalam berpakaian.

Hampir seluruh mode dari luar negeri adalah memiliki cara berpakaian yang menunjukan aurat. Padahal negara Indonesia memiliki wayoritas warga islam.

Meningkatnya Imigrasi

Data yang tercatat menunjukan bahwa setiap tahunnya Indonesia kedatangan jutaan orang, bukan hanya turis saja yang termasuk di dalamnya. Namun para imigran asing yang masuk untuk mengadu nasib di Indonesia.

Tidak sedikit dari mereka saat sudah berada di Indonesia mulai menyebar luaskan budaya serta mengajak warga lain untuk datang ke Indonesia.
***

Itulah beberapa contoh dari ciri-ciri serta pengertian globalisasi. Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif. Kita selaku warga negara yang bertanggung jawab harus bisa memilih yang postifi untuk menghadapi globalisasi ini. Jika kita bisa memilah dengan baik, maka kita akan jauh mendapatkan manfaat serta dampat positif dari globalisasi ini.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment