29+ Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor untuk Pekarangan Rumah

Masih maudisini kan? Pada artikel sekarang akan dibahas mengenai tanaman hias daun outdoor. Tanaman hias daun sudah menjadi tanaman favorit bagi para pecinta tanaman hias.

Selain memiliki bentuk daun yang unik, tanaman hias daun outdoor juga memiliki berbagai macam varian warna yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya. Pada saat ini, tanaman hias daun outdoor sering dikombinasikan dengan bunga-bunga untuk terlihat lebih indah.

Tanaman Hias Daun Outdoor

Tanaman hias daun outdoor adalah tanaman hias yang disimpan diluar rumah atau dibagian pekarangan rumah serta tidak terlalu membutuhkan banyak air.

Hal ini dilakukan karena tanaman hias daun outdoor akan lebih bagus dan maksimal dalam pertumbuhannya saat diletakan di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Tanaman hias daun outdoor sangat kuat terhadap sinar matahari dan udara yang sangat panas, kebanyakan tanaman hias daun outdoor berasal dari daerah panas seperti padang pasir dan lingkungan gersang.

Berikut ini tanaman hias daun outdoor yang bisa dijadikan penghias halaman rumah anda.

Bunga Geranium

Tanaman Hias Daun Outdoor
staticflickr.com

Bunga Geranium sering disebut juga dengan nama bunga Tapak Dara. Salah satu manfaat yang paling terkenal dari bunga ini adalah ampuh untuk mengusir nyamuk. Ketika anda menanam Bunga ini maka akan mendapat keuntungan dari segi keindahan dan kesehatan.

Warna bunga yang sangat variatif mulai dari merah, putih, dan pink membuat banyak orang menjadikan tanaman ini sebagai penghias halaman rumah. Cara menanam bunga ini terbilang mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam merawatnya.

Bunga Angelonia

ceritayna.blogspot.co.id/

Tanaman ini sering disebut sebagai rumpun dari bunga Lavender. Memiliki harum bungan yang sangat alami menjadi nilai tambah dari bunga Angelonia ini. Jika kita berada dekat dengan bunga ini maka akan tercium harumnya yang sangat khas dan sejuk.

Tanaman ini bisa disimpan dimana saja, baik itu di halaman depan rumah atau di halaman depan rumah. Jika kita percaya Feng Sui, bunga ini sangat cocok disimpan di halaman belakang rumah, konon katanya bisa memberikan ketentraman bagi sang pemilik rumah.

Bunga Marigold

alampedia.blogspot.co.id/

Bungan ini sering disebut oleh masyarakat Bali dengan nama bunga Gumitir, karena hampir mirip dengan bunga kenikir. Bunga Marigold tumbuh pada bagian tangkai dengan warna kuning, berbentuk bulat dengan kelopak berwarna merah.

Selain berwarna kuning, bunga Marigold memiliki warna warna oranye kemerahan serta warna putih. Saat musim berbungan tiba, bunga ini sering menjadi incaran kupu-kupu karena memiliki kandungan nektar yang banyak.

Pekarangan rumah anda akan terlihat jauh lebih indah jika banyak kupu-kupu yang hingga pada tanaman ini, akan terlihat seperti taman yang sejuk dan asri. Cantik bukan?

Bunga Sikat Botol

asopphotoblog.wordpress.com

Bunga Sikat Botol memiliki nama ilmiah yaitu Callistemon viminalis adalah salah satu bentuk bunga yang sangat unik. Bentuknya hampir mirip dengan sikat botol.

Bunga yang berasal dari Benua Australia ini akan berbunga secara terus menerus, sehingga akan terlihat indah dan menarik. Perpaduan warna merah, putih dan pink serta bunga yang lebat sangat digandrungi oleh pecinta tanaman hias outdoor.

Sebaiknya tanaman ini disimpan pada pekarangan yang agak teduh agar bunga yang bisa tumbuh lebah. Bunga ini tidak memerlukan terlalu banyak air dalam perawatannya sehingga.

Jadi ayo tanam bunga Sikat Botol ini, maka pekarangan rumah anda akan terlihat unik dan segar.

Bunga Madenvilla Sanderi

static.flickr.com/

Bunga yang tumbuh merambat ini bisa digunakan sebagai penutup atau peneduh dari tempat yang perlu perlindungan dari sinar matahari. Bunga ini sangat cocok ditanam untuk menciptakan suasana pekarangan rumah yang asri dan sejuk.

Bunga Madenvilla Sanderi juga sering disebut dengan bunga terompet karena bentuknya yang menyerupai terompet.

Bunga yang berasal dari wilayah Florida, Amerika Serikat ini membutuhkan paparan sinar matahari yang penuh untuk bisa tumbuh. Bagi yang tinggal di wilayah perkotaan sangat pas menanam tanaman ini karena memiliki suhu dan udara yang panas.

Bunga Thunbergia

poze.site

Jika dilihat sekilas, bunga ini terlihat seperti bunga terompet. Tapi, coba perhatikan pada bagian ujung bunga ini, akan terlihat mahkota bunga menyerupai kotak dengan daun seperti tanda hati.

Baca Juga  Perkembangan, Istilah, dan Sejarah Baseball di Dunia

Selain memiliki warna mahkota yang cantik, bunga thunbergia juga memiliki pola tumbuh yang sangat unik, bunga ini akan mekar pada pagi hari dan akan menguncup pada sore hari. Tanah yang lembab serta sinar matahari menjadi media tanam baik untuk bunga ini.

Arah tumbuhnya bunga ini yaitu menjuntai, sehingga bisa dijadikan alternatif bagi pekarangan dan ruang tanam yang terbatas. Pada saat sudah rimbun dan menjuntai, bunga ini akan terlihat seperti tirai yang hidup. Menakjubkan sekali bukan!

Bunga Kaliandra Merah

rynari.wordpress.com

Bunga ini didatangkan langsung dari Guatemala dan disebut dengan bunga rambut malaikat. Bunga ini sangat kuat dan kokoh dalam perakarannya karena tipe akar yang masuk hingga ke dalam.

Bunga ini sangat cocok ditanam pada pada tanah yang memiliki kemiringan yang cukup tajam. Kaliandra Merah sangat cepat bertunas serta memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, sehingga bisa dijadikan pakan ternak.

Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberantas tanaman liar seperti alang-alang, tembelekan dan gelagah.

Bunga Gaillardia

farmingstudygroup.blogspot.co.id

Bunga Gaillardia sangat kuat terhadap tanah yang kering serta cuaca yang panas sehingga sangat mudah tumbuh. Bunga yang cantik ini juga sering disebut sebagai bunga padang rumput karena memiliki habitat asli di daerah terbuka.

Bunga Gaillardia ini termasuk ke dalam tanaman semak, pada varietas yang bertangkai bunga panjang, bunga ini memerlukan tiang untuk proses pertumbuhannya.

Apabila dilihat sekilas maka bunga ini seperti bunga matahari, karena memang benar bahwa bunga ini masih tergolong ke dalam bunga matahari.

Bunga Portulaca

bibitbunga.com

Bunga Portulaca ini lebih dikenal dengan nama bunga pukul Sembilan. Bunga Portulaca merupakan salah satu tanaman hias daun yang tumbuh pendek seperti rumput berbunga. Bunga Portulaca sangat unik karena berukuran mini dan berwarna warni.

Bunga Portulaca bisa digolongkan ke dalam tanaman dengan pertumbuhan yang cepat serta sangat kuat terhadap kekeringan. Sangat cocok sebagai penutup tanah dan tidak memerlukan perawatan yang ekstra pula.

Tanaman hias ini juga bisa disimpan pada pot yang menggantung lalu simpan di pekarangan rumah, untuk menghasilkan kesan yang unik dan indah.

Bunga Kembang Sepatu

republika.co.id

Bunga Kembang sepatu sangat terkenal dengan keindahannya, warna yang beragam seperti merah, kuning, pink, oranye dan lainnya. Kebanyakan orang mengenal bunga ini dengan nama bunga wora-wari.

Bunga yang sangat cantik ini sudah banyak ditanam di halaman rumah rumah untuk penghias, menjadi salah satu bunga yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Bunga kembang sepatu pun sangat kuat terhadap cuaca yang sangat panas, jadi ayo tumbuhi pekarangan rumah kalian dengan bunga kembang sepatu ini. Pasti akan terlihat lebih indah dan menawan.

Daun Encok

deherba.com

Daun Encok sangat pas jika ditanam di seluruh daerah yang tropis, selain sebagai tanaman hias daun ini juga bisa sebagai obat yang lumayan mujarab. Tanaman ini sangat mudah tumbuh secara liar di ladang dan pekarangan rumah kita.

Daun Encok sudah sangat termasyhur di berbagai penjuru dunia. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa tanaman ini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit encok, rematik, sakit kepada dan sakit pinggang.

Apabila kita menanam daun Encok ini juga berarti kita memiliki apotek hidup di pekarangan rumah kita, bermanfaat sekali bukan.

Bunga Lantana Camara

pixabay.com

Bunga Lantana atau Bunga Lantana Camara ini bisa dikatakan unik karena bentuk bunga yang tersusun dari bunga-bunga yang kecil serta merumpun dalam satu ujung batang. Warnanya pun sangat beragam

Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman semak, sehingga sangat mudah ditemukan di daerah pegunungan.

Apabila ingin menghasilkan paduan warna yang unik dari bunga ini, bisa dilakukan dengan cara menyambungkan dengan bergam jenis warna dalam satu pohon. Maka akan menghasilkan bunga Lantara Camara yang indah dengan perpaduan warna yang unik.

Bunga Pentas

pixabay.com

Bunga Pentas sangat bisa memanjakan mata saat mekar tiba, bahkan bunga ini disebut dengan bunga tanaman yang rajin berbunga. Hal ini karena bunga Pentas bisa berbunga hingga 4 kali dala, kurun waktu 1 tahun.

Banyak yang menilai bahwa bunga Pentas lebih cantik dari bunga Soka. Bunga ini sudah dibudidayakan secara masal, sehingga untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit.

Meskipun tanaman ini sangat tahan panas, namun tidak terlalu suka dengan terik matahari yang berlebihan karena tangai dan daun yang mudah terbakar.

Tanaman Beringin

tipsmerawattanamanok.blogspot.co.id

Tanaman Beringin adalah salah satu tanaman yang memiliki ciri khas dibandingkan dengan tanaman hias outdoor lainnya. Tanaman Beringin memiliki batang yang sangat keras, serta akar yang menggantung.

Beringin memiliki daun yang bergerombol serta tidak mudah rontok sehingga sangat cocok untuk berteduh. Tanaman ini juga bisa ditanam didalam pot untuk tanaman hias.

Baca Juga  Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar, Penjelasan dan Cara Melakukannya [LENGKAP]

Sudah banyak sekali budidaya Beringin dalam pot ini, bisa dikatakan tanaman Beringin sangat kuat terhadap berbagai macam cuaca, termasuk juga cuaca yang sangat panas.

Bunga Euphorbia

tanaman–herbal.blogspot.co.id/

Bunga Euphorbia merupakan salah satu bunga yang cantik serta memiliki duri yang cukup banyak pada bagian batangnya. Tanaman hias ini sering sekali dijumpai di pekarangan rumah dan disimpan dalam pot.

Bunga ini termasuk ke dalam jenis bungan yang tidak terlalu suka dengan kandungan air yang terlalu banyak. Sinar matahari penuh sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bungan ini.

Selain untuk tanaman hias, bungan Euphorbia juga bisa digunakan untuk dijadikan obat herbal. Beberapa penyakit yang kerap sembuh dengan bunga ini adalah diare, malaria, hepatitis dan masih banyak lagi.

Tabebuya

biora.ru

Tabebuya adalah salah satu jenis pohoh yang sering digunakan untuk peneduh. Pohon ini akan tumbuh menjulang tapi akan ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah. Bunga ini akan tumbuh pada setiap ranting pohonnya.

Pada awalnya bunga ini hanya akan ditumbuhi daun kemudian berubah menjadi pohon yang ditumbuhi banyak sekali bunga. Bunga inilah yang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Bunga ini tumbuh pada musim kemarau, pada saat itulah daun pohon akan berganti menjadi pohon yang ditumbuhi oleh banyak bunga. Indah sekali melihat pohon ini berbunga.

Cemara Norfolk

whatgrowsthere.com

Cemara Norfolk adalah tanaman hias yang berasal dari Pulau Norfolk, Selandia Baru. Cemara Norfolk merupakan merupakan salah satu jenis pohon yang dijadikan tanaman hias. Pohon ini memiliki bungan dengan benar sari yang sangat banyak.

Secara keseluruhan, bentuk pohon ini seperti piramida dan sering sekali dimanfaatkan untuk pohon natal. Cemara Norfolk sangat cocok berada di lingkungan dengan sinar matahari yang penuh, tanah gembur dan drainase yang baik.

Selain sebagai tanaman hias, pohon ini sangat pas untuk dijadikan peneduh jalan, penahan banjir, erosi dan cocok untuk penghijauan lingkungan.

Siklok

amaliecodulces.wordpress.com

Siklok merupakan salah satu tanaman hias daun outdoor yang tahan terhadap cuaca yang panas. Tanaman ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh tanaman lain. Keunikan tersebut dalah daun yang berwarna hijau serta memiliki bentuk yang runcing.

Meskipun berbentuk runcing, tanaman Siklok ini aman dan tidak berduri. Untuk perawatannya pun sangat mudah, cukup disiram sebanyak 2 hari sekali dan disimpan langsung diluar agar terkena paparan sinar matahari.

Tanaman ini banyak digunakan sebagai sarana penghijauan yang efektif karena tidak memerlukan banyak tempat untuk menanamnya. Sehingga pekarangan rumah menjadi tempat yang sangat ideal untuk tanaman siklok ini.

Palem

tradera.com

Sebaiknya pekarangan rumah dijadikan tempat untuk menanam berbagai jenis tumbuhan yang dapat mempercantik dekotasi rumah. Palem menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk tanaman hias daun outdoor ini.

Palem merupakan tanaman yang cocok di wilayah tropis sehingga sangat mudah untuk tumbuh di wilayah Indonesia. Selama kebutuhan air dan cahaya yang cukup, maka Palem ini akan tumbuh dengan baik dan sehat di pekarangan rumah.

Pohon Palem dapat membuat pekarangan rumah menjadi lebih asri dan sejuk. Jadi tunggu apalagi, mulailah menanam pohon Palem mini di pekarangan rumah.

Lidah Mertua

rumahku.com

Tanaman hias ini memiliki naman yang sangat unik yaitu lidah mertua atau ada pula yang menyebutnya pedang-pedangan. Disebut demikian karena tanaman ini memiliki bentuk daun yang memanjang seperti sebilah pedang.

Lidah Mertua ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sering ditanam diluar ruangan. Perawatannya pun terbilang sangat mudah dan praktis. Pada musim kemarau, jika tanaman ini tidak disiram selama satu minggu pun masih akan tetap baik.

Jadi sangat cocok bagi kalian yang sering lupa untuk menyiram tanaman. Banyak sekali manfaat dari lidah mertua ini yaitu dapat menyerap berbagai macam polutan dan mereduksi gelombang elektromagnetik. Menakjubkan sekali bukan.

Bunga Kamboja

ummi-online.com

Bunga Kamboja adalah tanaman hias yang berasal dari wilayah Afrikan dan Amerika. Bentuk dari tanaman hias ini adalah pohon kecil dendan daun yang jarang namun lumayan tebal.

Bunganya pun memiliki harum yang sangat khas serta mahkota bunga yang berwarna putih, ungu dan merah.

Meskipun berasal dari luar negeri, namun bunga ini telah banyak tumbuh di Indonesia, terlebih lagi di wilayah Bali, karena bunga Kamboja menjadi bunga yang menjadi dari bagian adat masyarakat tersebut.

Bunga Kamboja ini memiliki daya Tarik dari kelopak warnanya yang sangat memikat. Bunga ini mampu tumbuh subur walaupun tidak terlalu sering disiram.

Bunga Kertas

jeqweb.com

Bunga Kertas disebuh juga dengan nama Bougenville dan sangat pupoler dana dunia tanaman hias. Bentuknya kecil dan agak sedikit susah untuk tegak. Keindahan bunga ini berasal dari bunga yang berwarna cerah.

Baca Juga  Cara Membuat Fidget Spinner Mudah dan Murah [Tutorial+Video]

Bunganya pun tumbuh dengan rimbun, seludang pada bunga ini sering kali dianggap sebagai salah satu bagian dari bunga nya. Bunga Kertas ini memiliki bagian tanaman yang beraneka ragam. Oleh sebab itu peminat dari bunga ini sangat banyak.

Perawatannya pun sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang banyak, karena tanaman ini cocok tumbuh di wilayah dengan iklim tropis. Pekarangan rumah bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk menanam bunga kertas ini.

Kaktus

cevaplarin.com

Kaktus adalah jenis tanaman yang mampu bertahan hidup di lingkungan yang panas, kering dan kurang air. Habitat asli dari kaktus sendiri adalah gurun pasir. Keunikan dari kaktus adalah daun yang berbentuk duri.

Daun yang berbentuk duri tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan serta batang yang berlapis lilin untuk menyimpan cadangan air dan akar yang sangat panjang.

Kaktus memiliki berbagai macam jenis, sehingga sering sekali digunakan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri kaktus sudah populer sejak lama. Keunikan dari bentuk dan warna bunganya menjadikan kaktus sebagai tanaman hias yang cukup favorit.

Jengger Ayam

anekuteun.com

Tanaman hias ini disebut Jengger Ayam karena memiliki bentuk bunga berwarna merah merekah seperti jengger ayam. Selain sebagai tanaman hias, Jengger Ayam juga sering digunakan untuk obat-obatan herbal.

Banyak sekali jenis warna yang dari Jengger Ayam ini, diantaranya adalah merah, oranye dan kuning. Tanaman ini sangat kebal terhadap panas matahari yang menyengat dan dapat berbunga selama beberapa kali dalam kurun waktu satu bulan.

Bayam Merah

kebonkembangbogor.blogspot.co.id/

Bayam merah adalah tanaman yang masih kerabat dengan bayam biasa yang berwarna hijau. Karena memiliki warna merah, maka tanaman ini sering dijadikan tanaman hias.

Bayam merah sangat cocok untuk ditanam ditempat yang terbuka serta mendapatkan sinar matahari yang banyak. Warna daunnya yang merah menyala sangat indah untuk dipandang.

Namun jika tanaman ini kurang mendapat sinar matahari, maka daunnya akan terlihat kusam dan buram. Bayam merah sangat mudah untuk dikembangbiakan dan terbilang cepat. Akan sangat indah pekarangan anda jika tedapat tanaman hias bayam merah ini.

Lidah Buaya

hunapraxis.com

Lidah Buaya atau Aloe vera sangat menyukai hidup ditempat yang kering. Lidah Buaya memiliki daun yang bersap-sap melingkat dan terdapat duri yang tidak terlalu tajam pada bagian pinggir tanaman ini.

Lidah Buaya sering disimpan di pekarangan rumah karena dapat menyegarkan udara. Selain sebagai tanaman hias, Lidah Buaya juga dapat diolah menjadi makanan yang menyegarkan. Serta dapat dijadikan sebagai obat yang menyehatkan untuk rambut.

Paku Tanduk Rusa

staticflickr.com

Paku Tanduk Rusa atau Simbar Menjangan ini tumbuh menempel pada dinding tembok. Tanaman ini sering dimanfaatkan untuk tanamah hias yang biasa dipelihara orang di halaman rumah atau digantungkan untuk memberikan kesan natural pada tanaman ini.

Selain itu daun dari Paku Tanduk Rusa ini dapat berguna sebagai obat dari penyakit gondok, obat kudis dan tetes telinga. Tanaman ini sangat cocok untuk tumbuh di tempat yang tropis

Daun Suplir

satujam.com

Daun suplir ini biasanya tumbuh bergerombol membentuk suatu rumpun. Tanaman suplir temasuk kedalam tanaman hias daun outdoor karena tidak memiliki bunga yang bisa dinikmati keindahannya.

Meski begitu, jika tanaman daun suplir ini ditanam di dalam pot dan disimpan pada teras rumah. maka akan muncul pesona keindahan dari daun suplir yang dapat memikat pandangan banyak orang.

Warna hijau seta daun yang indah akan memberikan kesan yang lembut dari tanaman ini dan dapat menyejukan mata kita. Pesona dari daun suplir ini bahkan hampir disamakan dengan Dewi Venus oleh orang Eropa.

Aglaonema

gardendrum.com

Aglaonema dikenal dengan tanaman hias daun outdoor dengan daun dua warna. Warna tersebut merupakan perpaduan warna hijau terang – hijau gelap, krem – hijau dan hijau merah. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman yang tumbuh di tempat tropis.

Sebagian menganggap bahwa tanaman Aglaonema ini bisa membawa keberuntungan. Tanaman ini tidak cocok berada dalam kondisi dingin. Apabila berada pada kondisi tersebut maka akan muncul kerusakan yang ditandai adanya bercak pada daun.

Jadi pastikan tanaman ini berada pada suhu yang tidak terlalu dingin. Tanaman ini sudah banyak berada di pekarangan rumah untuk menghias tampilan teras rumah.

***

Nah itulah seluruh tanaman hias daun outdoor. Sebaiknya anda mulai memilih tanaman mana yang akan digunakan untuk menghias pekarangan rumah.

Selain untuk menghias, masih banyak pula manfaat dari menanam tanaman hias ini. Jadi tunggu apalagi, ayo mulai mendekor pekarangan rumah kalian dengan berbagai macam tanaman.

Semoga Bermanfaat.

1 thought on “29+ Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor untuk Pekarangan Rumah

Leave a Comment